Monday, July 30, 2018

Sekolah Diminta Bersiap Menyambut Aplikasi Dapodik Versi Terbaru untuk Tahun Pelajaran 2018/2019

Aplikasi Dapodikdasmen Versi Baru akan Segera Dirilis
Tahun Pelajaran 2017/2018 telah usai. Dengan berakhirnya tahun pelajaran 2017/2018 maka secara otomatis segala aktivitas pendataan pada aplikasi dapodik juga selesai dan akan berlanjut pada pendataan semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 yang masih kita nantikan rilis resminya dari Kemendikbud RI.

Beberapa proses yang secara rutin terjadi dengan mulainya tahun pelajaran baru 2018/2019 antara lain proses kelulusan siswa, proses kenaikan tingkat dan juga proses penerimaan siswa baru. Semua proses periodical tersebut, juga harus diikuti dengan pemutakhiran  data pada sistem pendataan dapodik.

Seperti kita ketahui bersama bahwa pergantian tahun pelajaran baru bisa dikatakan sebagai momen yang sangat krusial bagi pendataan dapodik karena secara teknis juga akan dilakukan pembaruan terhadap aplikasi dapodikdasmen.

Pembaharuan aplikasi dapodikdasmen bertujuan untuk mengakomodir adanya kebijakan perubahan regulasi maupun perkembangan akan kebutuhan data . Oleh karena itu, Setditjen Dikdasmen Kemendikbud RI sedang menyiapkan aplikasi dapodikdasmen versi  baru untuk digunakan pada semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Rencananya aplikasi dapodikdasmen versi terbaru nantinya dalam bentuk fresh installer yang akan dirilis pada pertengahan bulan Agustus nanti.

Sambil menunggu dikeluarkannya aplikasi dapodikdasmen versi terbaru, sekolah perlu memperhatikan beberapa hal terkait dengan aplikasi dapodikdasmen.

Sinkronisasi aplikasi dapodikdasmen versi 2018b sudah ditutup tanggal 15 Juli 2018.
Ditutupnya pintu sinkroniasi bertujuan untuk menjaga kestabilan database dapodik agar menyesuiakn dengan data terakhir pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Selain itu juga bertujuan member kesempatan maintenance pada server Dapodikdasmen. Dengan ditutupnya proses sinkronisasi dapodik versi 2018b tahun pelajaran 2017/2018 maka, operator diminta tidak melakukan sinkronisais dapodik setelah tanggal 15 Juli 2018.

Server Dapodikdasmen Off mulai tanggal 16 Juli 2018.
Mulai tanggal 16 Juli 2018, setditjen Dikdasmen akan menonaktifkan server dapodikdasmen untuk sementara waktu guna kepentingan maintenance server hingga batas waktu yang tak ditentukan sampai dirilisnya aplikasi dapodikdasmen versi terbaru. Selama maintenance server, sekolah dilarang untuk melakukan sinkronisasi. Jika hal tersebut dilakukan, dikhawatirkan akan merusak database dapodik baik secara parsial atau keseluruhan.

Proses Kelulusan Siswa Tingkat Akhir Dilakukan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Baru
Rencananya proses kelulusan siswa tingkat akhir (kelas 6, 9 dan 12) akan dilakukan secara otomatis oleh sistem pada aplikasi dapodikdasmen versi baru yang akan dirilis nanti. Saat ini Setditjen Dikdasmen sedang melakukan ujicoba dapodikdasmen versi terbaru untuk menguji fitur kelulusan otomatis pada aplikasi dapodikdasmen versi terbaru. Oleh karena itu, sekolah dilarang meluluskan siswa tingkat akhir pada aplikasi dapodik versi 2018b. Termasuk siswa yang mengajukan mutasi keluar setelah penerimaan rapor atau pada awal tahun pelajaran baru.

Input Data Siswa Baru Dilakukan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Baru
Penginputan data siswa baru dan mutasi masuk juga harus dilakukan pada aplikasi dapodik versi terbaru yang akan dirilis pada pertengahan agustus nanti. Disamping itu, proses kenaikan kelas dan mutasi masuk keluar juga harus menunggu rilis aplikasi dapodikdasmen versi terbaru nanti.

Aplikasi Dapodikdasmen Versi Baru akan Dirilis di Halamn Resmi Milik SetDitjen Dikdasmen
Sekolah diminta bersabar untuk menunggu rilis resmi applikasi dapodik versi terbaru dari SetDitjen Dikdasmen. Rencananya aplikasi dapodikdasmen versi terbaru nanti akan dikeluarkan dalam bentuk fresh installer bukan updater. Sekolah nantinya dapat mengunduh di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Dengan dirilisnya versi baru ini sekaligus menandai mulai beroperasinya server Dapodikdasmen secara normal dan proses sinkronisasi dengan menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi baru dapat dilakukan.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.