Sunday, July 15, 2018

Daftar Tema Buku Kurikulum 2013 Kelas 3 SD Semester 1 dan 2

Tema 1 Kelas 3 SD
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI berharap bahwa tahun pelajaran 2018/2019 ini semua sekolah dasar harus sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 untuk semua kelas dari kelas 1-6 SD. Ini adalah tahun ketiga yang merupakan tahap teakhir pelakasanaan Kurikulum 2013.

Untuk memfasilitasi pembelajaran menggunakan kurikulum 2013, Kemendikbud RI telah menyediakan Buku Teks Kurikulum 2013 yang dibagi menjadi beberapa tema setiap semesternya. Berikut ini adalah daftar tema buku kurikulum 2013 untuk kelas 3 SD pada semester 1 dan semester 2

Semester 1
Tema 1 Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Tema 2 Teknologi
Tema 3 Perubahan di Alam
Tema 4 Peduli Lingkungan Sosial

Semester 2
Tema 5 Permainan Tradisional
Tema 6 Indahnya Persahabatan
Tema 7 Energi dan Perubahannya
Tema 8 Bumi dan Alam Semesta

Buku-buku tema tersebut disediakan dalam bentuk buku guru dan buku siswa sehingga memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.  Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku guru  mencakup jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator dari berbagai mata pelajaran. Buku guru juga memuat tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.

Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Buku siswa didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa. Buku siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.

Buku-buku tersebut wajib dibeli oleh sekolah yang dananya diambilkan dari anggaran dana BOS yang telah dialokasikan oleh pemerintah. Selain buku tema tersebut, juga disediakan buku agama

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.