Tuesday, July 31, 2018

Tak Bisa Menjalankan Aplikasi PMP karena Aplikasi Dapodikdasmen Sudah Terlanjur Diuninstall? Ini Solusinya!

Tak bisa dipungkiri bahwa mutu pendidikan selalu menjadi perhatian utama bagi para pemerhati pendidikan. Sekolah sebagai ujung tombak pendidikan harus mampu berperan aktif dalam memajukan mutu pendidikan di Indonesia.

Hal tersebut sejalan dengan program dan kebijakan pemerintah yang dituangkan dalam surat edaran dari Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI No 21/D/PO/2018 tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2018/2019.

Pemataan Mutu Pendidikan dimaksudkan dalam rangka pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas data pendidikan. oleh karena itu, sekolah sebagai satuan pendidikan diminta untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan dengan melengkapi instrumen pemetaan mutu melalui aplikasi pemetaan mutu pendidikan (PMP) versi terbaru dan melakukan pengiriman data pemetaan mutu untuk tahun ajaran 2018/2019 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2018.

Namun dalam realisasinya terdapat beberapa masalah terkait pengerjaan aplikasi PMP untuk tahun pelajaran 2018/2019 ini. Salah satunya adalah aplikasi dapodikdasmen yang sudah terlanjur dicopot atau diuninstal oleh operator di sekolah sehingga aplikasi PMP tidak bisa dijalankan dan dikerjakan karena aplikasi PMP harus dikerjakan pada satu komputer dan laptop yang sama. Disisi yang lain, pada kenyataannya saat ini dapodikdasmen sedang dalam masa maintenance.

Oleh karena itu, untuk memfasilitasi satuan pendidikan yang belum melengkapi dan mengirimkan data instrumen pemetaan mutu melalui aplikasi PMP, telah disediakan unduhan untuk prefill Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018.b patch 2 pada alamat berikut ini


Prefill hasil unduhan tersebut selanjutnya dapat digunakan untuk melakukan registrasi pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018.b patch 2 agar selanjutnya dapat menginstall dan menjalankan Aplikasi PMP versi terbaru yang bisa diunduh di halaman resmi PMP. Batas akhir pengiriman PMP adalah 31 Agustus 2018. Oleh karena itu, bagi sekolah yang belum mengerjakan aplikasi PMP diharapkan segera mengerjakan dan mengirim ke server setelah isian kuesioner selesai.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.