Sunday, November 19, 2017

Tanya Jawab Seputar Permasalahan Aplikasi e-Rapor SMP

Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018
Aplikasi e-Rapor SMP adalah aplikasi penilaian baru yang berbasis web dan terintegrasi dengan dapodik. Sebagai aplikasi baru tentu masih banyak hal-hal yang belum dipahami oleh operator selaku pengguna utama dari aplikasi e-Rapor tersebut. Tentu saja banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan permasalahan penggunaan aplikasi e-Rapor SMP tersebut. berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang disertai dengan solusi dan jawaban yang sering muncul di kalangan pengguna aplikasi e-Rapor

Bagaimana Setting Cetak (Printout) E-Rapor?
Default cetak e-Rapor adalah A4. Masih dimungkinkan untuk disetting dengan ukuran letter, pada setting printernya.

Bagaimana Cara Memberi Watermark Pada Printout E-Rapor?
e-Rapor tidak menyediakan fasilitas untuk memberi watermark misal logo sekolah dsb. Hal ini dapat disisasati dengan menggunakan kertas khusus yang telah tercetak watermark sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Apakah Memungkinkan Menambahkan Data Guru Pada E-Rapor
Tidak, Semua data referensi pokok harus mengacu pada Dapodik, jika terjadi perubahan data missal guru,siswa,pembelajaran dsb maka perubahan harus dilakukan pada Dapodik, kemudian e-Rapor mengambil data tersebut melalui menu “Ambil Data Dapodik”

Bagaimana Dengan Nilai Siswa Mutasi Pada Pergantian Semester
Untuk nilai semester berjalan dapat dilakukan sebagaimana prosedur penilaian, sepanjang data siswa telah masuk Dapodik dan diambil oleh oleh e-Rapor Untuk semester sebelumnya, nilai siswa otomatis tidak dapat masuk e-Rapor. Sehingga untuk analisis kenaikan kelas dilakukan secara manual. (ini adalah pengecualian)

Bagaimana Solusi Penugasan Guru Yang Belum Dapat Terdaftar Pada Dapodik Agar Dapat Akses Input Nilai Ke E-Rapor?
Belum ada solusi pasti, logikanya nilai tersebut menjadi tanggung jawab sekolah sebelumnya. Masalahnya Dapodik juga belum mengakomodir konversi nilai tersebut ke database siswa.

Dapatkah Import Nilai (Uh,Pts,Pas) Dilakukan Dengan Menggunakan Format Yang Form Nilai Yang Telah Dibuat Oleh Sekolah ?
Tidak. Format impor nilai hanya bisa dilakukan melalui format yang telah disediakan oleh e-Rapor dan ini dapat digunakan setelah guru melakukan rencana penilaian (UH,PTS dan PAS) lengkap dengan pembobotannya. Karena setiap perencenaan dan teknik penilaian akan memiliki id unik yang berbeda untuk setiap perencenaan dan mata pelajaran. Solusinya adalah lengkapi perencanaan penilaian, kemudian download form import penilaian tersebut. Form ini dapat sekaligus menjadi buku nilai bagi guru yang bersngkutan. Tetapi perlu diperhatikan, guru hanya boleh mengisi pada kolom nilai, tanpa mengubah id yang secara otomatis disediakan oleh e-Rapor

Bagaimana Solusi Penugasan Guru Yang Belum Dapat Terdaftar Pada Dapodik Agar Dapat Akses Input Nilai Ke E-Rapor?
Pada Dapodik, titipkan tugasnya pada salah satu guru yang telah terdaftar. Isikan pada JJM nya 0 (nol) agar tidak mempengaruhi JJM guru yang bersangkutan. e-Rapor melakukan sinkron ulang ke Dapodik.
Tambahkan user dengan username baru pada guru yang diditipi penugasannya untuk memberi akses guru yang bersangkutan.

Bagaimana Menambahkan Guru Agama (Minor) Di Mana Sekolah Tidak Memiliki Guru Agama Tersebut.
Pada Dapodik, titipkan tugasnya pada salah satu guru yang telah terdaftar. Isikan pada JJM nya 0 (nol) agar tidak mempengaruhi JJM guru yang bersangkutan. e-Rapor melakukan sinkron ulang ke Dapodik. Tambahkan user dengan username baru pada guru yang dititipi penugasannya untuk memberi akses guru yang bersangkutan. Pada e-Rapor siswa secara otomatis akan terpetakan untuk mapel agama sesuai dengan agama yang dianutnya.

Pada E-Rapor Data Siswa Dan Guru Pembina Ekstra Kurikuler Tidak (Kosong)
Pada Dapodik,lengkapi data ekskul meliputi nama rombel ekskul, pembina, anggota rombel. Lengkapi pula data data jenis ekskul, surat tugas, jjm ekskul pada tab Sekolah pada Dapodik. Lakukan ulang sinkron e-Rapor ke Dapodik.

Pada Format Impor Nilai Data Siswa Dan KD Kosong
Pastikan pemetaan mapel dan KKM mapel telah lengkap (pada Admin). Pastikan guru mapel telah melakukan perencanaan penilaian sebelum input nilai

Pada Format Impor UTS Dan PAS Data Siswa Kosong
Pastikan guru mapel talah melakukan perencanaan dan pembobotan pada UTS dan PAS

Tidak Semua Nilai Siswa Terkirim Ke Wali Kelas
Pastikan pada deskripsi kompetensi tidak ada teks yang berwarna merah. Jika ada lakukan editing dengan memperhitungkan maksimal 200 karakter. Lakukan pengiriman ulang nilai akhir oleh guru mapel yang bersangkutan

Nama Mapel Pada Leger Kosong
Pastikan admin telah melakukan penyingkatan nama mapel pada bagian admin>>Data Referensi Dapodik>>Data Mapel

Deskripsi Sikap Pada Cetak Rapor Kosong
Pastikan wali kelas telah melakukan proses deskripsi dengan menyimpannya.

Jika masih ada jawaban yang belum memuaskan, silahkan hubungi kontak informasi Direktorat Pembinaan SMP di bawah ini.

Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdasmen
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Gedung E Lantai 16,
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan,
Jakarta 10270
(021) 572 5648
penilaian.psmp@kemdikbud.go.id

142 comments:

  1. Server tidak terhubung dengan dapodik gimana solusinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Baik akan saya jawab sesuai dengan pengetahuan saya. Server tidak terhubung dengan dapodik kemungkinan disebabkan karena ada yg salah saat proses instalasi aplikasi e-rapor. Apakah sudah dipastikan aplikasi e-rapor hrs diinstal pada laptop yg sdh terinstal aplikasi dapodik. Pastikan juga aplikasi dapodik yg terinstal sdh yg versi terbaru. coba instal ulang aplikasi e-rapor. semoga bisa membantu.

      Delete
  2. e-Rapor untuk semester ganjil deadline-nya kapan?
    dan jika sampai akhir tahun nilai-nilai semester ganjil belum lengkap diinput, apakah aplikasi semester ganjil masih bisa dibuka dan diupdate di semester genap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada informasi resmi kapan deadline pengerjaan e-Rapor semester Ganjil. Karena untuk SMP ini merupakan aplikasi baru, berbeda dengan SMA yang sudah menggunakan e-Rapor beberapa tahun terakhir. Seharusnya sebelum penerimaan rapor harus sdh selesai karena rapor yang diberikan kepada peserta didik berasal dari printout aplikasi tersebut. Jadi bisa dilogika sebelum penerimaan rapor harus sudah selesai untuk penilaian semester 1.

      Delete
  3. Masalahnya, ada siswa pindahan belum tarik PD karena webs dapodikdasmen sedang tidak bisa diakses. Sehingga nanti siswa tersebut tidak muncul di dapodik juga di e-rapor. Jadi bagaimana solusinya, apakah kami kerjakan e-rapor sekarang atau tunggu hingga semua data siswa lengkap semua? dengkan kami tidak tau kapan dapodikdasmen bisa diakses.
    Terima kasih atas petunjuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita semua menyadari permasalahan tersebut, saya rasa masalah tersebut juga dialami oleh sekolah-sekolah lain. Kita tunggu saja semoga minggu ini dapodik selesai maintanance sehingga bisa segera melakukan tarik pd. Mungkin bisa koordinasi dengan tim kkdatadik kab setempat bagaimana seharusnya bersikap. Untuk nilai ketika siswa tersebut masih di sekolah lama, tetap menjadi tanggung jawab sekolah lama yang input. Sekolah baru hanya menginput ketika siswa tersebut sudah masuh di sekolah baru. misal nilai uas saja karena masuk di sekolah baru mendekati masa uas. Semoga bisa membantu. terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
    2. Masalahnya 1 rombel di Dapodik Tidak muncul di eRapor gimana solusinya?

      Delete
    3. Biasanya hanya data guru dan mapel yang tidak terambil dari dapodik ke e-rapor, namun ini satu rombel tidak mau terambil ke e-rapor ya?semua data yang ada pada rombel tersebut apa hanya beberapa data pak yang tidak muncul? Apakah sudah dipastikan rombel tersebut memiliki pembelajaran lengkap? waktu penyelenggaraan pagi atau sore? ini perlu di cek lebih lanjut di dapodiknya.

      Delete
  4. Bagaimana cara mengatasi mapel TIK yang tidak keluar di mapping mapel K2013 ..soalnya saya liat punya yg lain itu ada mapel TIK nya ?...,saya operator baru jadi masih bingung .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan pada dapodik, bahwa guru yang bersangkutan telah tercantum pada
      pembelajaran di rombel rombel tersebut. Sinkronkan e-Rapor ke Dapodik, dengan menggunakan menu “Ambil Data Dapodik” pada bagian “Pembelajaran”.Semoga bisa membantu. Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  5. Sistem medeteksi anda melakukan penilaian yang tidak sesuai dengan rencana, ini berdampak pada hasil ketercapaian kompetensi yang tidak sesuai dengan aturan penilaian. Apa yang salah ini bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini berarti ada inkonsistensi dalam melakukan penilaian. Nilai yang diinput tidak sesuai dengan rencana. Dilihat dulu, yg tidak sesuai di bagian apa, apakah di penilaian sikap, pengetahuan atau keterampilan. Pastikan nilai yang diinput tidak di bawah KKM yang sudah ditentukan. Pastikan juga jumlah penilanan (jmlh ulangan Penilaian harian) tidak melebihi jumlah rencana penilaian harian.Pastikan juga nilai terinput dg benar pasa masing-masing KD yang direncanakan penilaiannya. Intinya apa yang diinput harus sesuai dengan yang direncanakan penilaiannya.

      Delete
  6. Pada cetak rapor, pendidikan agama minor tidak nampak. Bagaimana mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dirunut dulu dimana letak kesalahanyya. Apakah karena salah dalam mapping rombel atau karena salah dalam pengisian di e-rapor karena ada pembelajaran agama yang berbeda. Memang kadang terjadi di mana nilai mata pelajaran agama tertentu tidak muncul. Hal biasanya terjadi akibat tidak terdapat data pembelajaran pada Dapodik untuk mata pelajaran agama tersebut.
      Untuk mengatasi hal ini, admine-Rapor dapat berkoordinasi dengan operator/admin Dapodik untuk memasukkan PTK yang ditunjuk oleh kepala sekolah sebagai penanggung jawab input nilai mata pelajaran agama yang bersangkutan.Operator Dapodik dapat menambahkan PTK pada pebelajaran mata pelajaran agama tersebut dengan jumlah jam mengajar 0 (nol) jam. Hal ini tidak akan mempengaruhi jumlah jam mengajar PTK yang bersangkutan. Selanjutnya admin e-Rapor melakukan sinkron data (ambil data dapodik) pada pembelajaran. Selanjutnya admin e-Rapor memberi hak akses kepada PTK yang bersangkutan sebagai guru mata pelajaran dengan menggunakan menu “Data User>>Tambah User”. Untuk selanjutnya PTK yang bersangkutan dapat melakukan input nilai sesuai prosedur input nilai.

      Perlu diperhatikan juga bahwa jika ada pembelajaran Pendidikan yang Agama berbeda dalam satu rombel, maka pengisiannya sebagai berikut:
      Tambahkan pembelajaran pada Dapodik pada rombel yang bersangkutan dengan penugasan guru pendidikan agama yang sesuai, atau diberikan kepada guru lain yang seiman. Hal ini tidak akan mempengaruhi jumlah jam mengajar maupun jam pelajaran dalam rombel tersebut, meskipun dalam satu rombel terdapat enam jenis pembejaran agama yang berbeda. Ini adalah pengecualian khusus pada mata pelajaran pendidikan agama.
      Sinkronkan e-Rapor ke Dapodik, dengan menggunakan menu “Ambil Data Dapodik” pada bagian “Pembelajaran”.
      Login guru yang bersangkutan untuk proses input nilai.
      Ketika input nilai, siswa yang berbeda agama dikosongkan

      Delete
  7. pak.... saya masih baru jadi operator sekolah... saya buka aplikasi eraport kok tampilannya masih default.. maksudnya nggak tercantum nama sekolah saya di eraport.... masih ada tulisannya user.. gimana pak solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah login admin di e-Rapor dan sudah ambil data dapodik apa belum? Langkah pertama jika sudah berhasl login e-rapor adalah segera mengambil data dapodik pada menu yang sudah disediakan. Terima kasih sudah berkunjung semoga bisa membantu

      Delete
  8. mau tanya mengapa pas singkron semua dataa untuk smp blm bssss
    mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, ini maksudnya sinkron dapodik apa ambil data dapodik pak? Jika sudah berhasil login, maka segera ambil data dapodik pada menu e-rapor. Jika ternyata saat ambil data dapodik kok tidak mau masuk semua, kemungkinan karena database bermasalah atau karena instalasi aplikasi e-rapor kurang sempurna. Mungkin bisa dicoba instal ulang aplikasi e-rapor nya dan pastikan aplikasi e-rapor dan dapodik terinstal pada komputer/laptop yang sama.

      Delete
  9. pak pada muatan lokal kok tdk bisa keluar nilai akhir maupun interval dan KKMnya knp ya? Padahal input nilai dan perencanaan sdh semua

    ReplyDelete
  10. Mulok kok tidak keluar interval dan kkm serta nilai, padahal sdh input nilai tp tdk keluar nilai akhir dan di admin sdh diisi kkm serta interval knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama, mata pelajaran yang nilainya tidak mau muncul tersebut kemungkinan belum terpetakan pada mapping mata pelajaran. Kedua, bisa saja disebabkan karena KKM dan interval predikat mapel tersebut belum dibuat atau disimpan. Dipastikan dulu semua sudah terpetakan sesuai panduan yang ada. Semoga bisa membantu. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
    2. Pak sama seperti kasus diatas, pada admin sudah dibuat kkm dan intervalnya tetapi tetap saja tidak keluar nilai akhir atau nilai rapot untuk pengetahuan dan ketrampilan. Padahal nilai sudah di input. Mohon bantuannya pak.

      Delete
  11. Assalamualaikum, saya ingin bertanya. Kenapa nilai pengetahuan dan predikat tidak muncul di bagian 'lihat nilai akhir' ya? Padahal sudah input nilai pengetahuan, di pengolahan nilai pengetahuan juga sudah muncul, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama, mata pelajaran yang nilainya tidak mau muncul tersebut kemungkinan belum terpetakan pada mapping mata pelajaran. Kedua, bisa saja disebabkan karena KKM dan interval predikat mapel tersebut belum dibuat dan disimpan. Yang ketiga inilah yang bikin nyesek, entah karena belum sempat karena belum selesai atau alasan lainnya, guru mata pelajaran belum melakukan proses kirim nilai akhir. Semoga bisa membantu. Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
    2. Maaf sy jg mengalami hal yg sama, untuk nilai pengetahuan yg tdk muncul, dikelas b,c dan d, sedangkan nilai kelas a sdh muncul?? minta solusi lainnya pak

      Delete
    3. Solusinya bisa dicoba seperti yang di atas pak

      Delete
  12. pak, kenapa mata pelajaran Agama tidak muncul di menu cetak rapor??? maksudnya, ketika kita cetak rapor, tidak muncul mata pelajaran agama..padahal saya sudah mapping mata pelajaran tersebut dengan nomor urut 1......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan guru mata pelajaran telah melakukan proses “Kirim Nilai Akhir”.
      Admin dapat memantau ini pada menu “Hasil Pengolahan Nilai>>Status
      Penilaian”

      Delete
  13. Bisakah e-rapor digunakan untuk 2 kurikulum (k.2001 dan k.2013) secara bersamaan ?. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. e-Rapor mengambil data dari aplikasi dapodik. e-rapor akan mengambil mapping ronmbel dan pembelajaran dari dapodik.

      Delete
  14. Mohon pencerahannya..
    Say sudah mengisi semua data baik perencanaan dan input penilaian tapi pada bagian deskripsi muncul peringatan rencana dan penilaian tidak sesuai....bisa diberikan solusi...
    Trima kasih

    ReplyDelete
  15. mohon penjelasa, meginpor nilai pengetahuan dan keterampilan mulok (BDR) kok tdk bisa, nilai sikap, uts dan uas bisa, trmksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan bahwa format file import nilai adalah “Excel 93-2007 Workbook (*xls). Semoga bisa membantu. Terima Kasih.

      Delete
  16. mau tanya pak..apa masalhnya pada ceta rapor siswa nilai pengetahuaanya dan keterampilan siswa tidak muncul..padahal leger nilai sudah terisi semua oleh guru mapel!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Baik akan saya jawab sepengetahuan saya. Bisa di telusuri, apakah guru sudah melakukan pengisian kkm dan interval nilai dengan benar. kemudian dipastikan guru mapel sudah melakukan kirim nilai apa belum agar tampil di cetak e-rapor oleh wali kelas.

      Delete
    2. sudah semua pak dilakukian dengan benar sesuai petunjuk...masalah besarnya hanya itu,,,nilai di cetak erapor kosong! saya sudah bingung mau periksa dimana pak...! mohhon sapa tau ada tipnya lagi!

      Delete
  17. mohon pencerahannya pak....untuk mapel mulok bahasa jawa, tidak bisa kirim dan ada peringatan: "perencanaan dan penilaian yang dilakukan tidak mencerminkan...". bagaimana solusinya, KD dan perencanaan penilaian sudah dilakukan. PTS, PAS juga sudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Saya jawab sepengetahuan saya. masalah tersebut jika dilihat kemungkinan ada yang kurang tepat dalam pembuatan perencanaan di e-rapor. coba di cek pada pengisian kkm dan interval nilai serta deskripsi sudah sesuai dengan pedoman apa belum.

      Delete
  18. Mohon petunjuk, untuk mapel Mulok Bahasa Sunda, untuk KD nya guru membuat sendiri dengan fasilitas tambah KD, tp disini ada KD yang tertulis dobel, bagamana cara untuk menghapus salah satunya, sekian terima kasih....

    ReplyDelete
  19. mohon infonya setelah selesai e rapor dilakukan singkron dengan dapodik...akan tetapi setelah cek data nilai dapodik ternyata tidak semua nilai yg sudah dikerjakan tampil...solusinya??

    ReplyDelete
  20. e-rapor error mungkin servernya

    ReplyDelete
  21. disekolah saya guru login di e-rapor tanpa aplikasi, tpi menggunakan IP yang terhubung dgn dapodik, prmasalahannya itu pak..kmarin bisa aja masuk di e-rapor...tpi sudah 3 hari e-rapor tdk bisa trbuka

    ReplyDelete
  22. leger tidak bisa tampil ketika cetak leger, bagaimana solusinya ??
    loadingnya lama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan beban server dan aplikasi. Coba clear cache dan history. Lakukan saat komputer/laptop dalam keadaan tidak sedang overheat dan banyak jendela yang terbuka

      Delete
  23. kami menggunakan kurikulum ktsp, kami sudah entry nilai pengembangan diri tapi saat cetak raport nilai tersebut tidak muncul... bagaimana solusinya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permasalahan seperti banyak yang inbox saya, sampai saat ini belum bisa dikondisikan. dalam beberapa diskusi dengan teman juga belum menemukan penyebab dan solusi. mohon maaf sebelumnya. untuk update solusi nanti akan saya posting. terima kasih.

      Delete
  24. Selamat sore Pak.
    Mohon solusinya.
    Pada nilai pengetahuan semua nilai sudah masuk termasuk PTS dan PAS, tetapi nilai akhir pengetahuan di raport tidak muncul .
    Kira-kira dimana letak kesalahannya.
    Terimakasih sebelumnya.
    Salam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu di cek di menu login guru mapel apakah sudah melakukan kirim nilai apa belum. terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  25. Bagaimana Solusinya saat Sincron ke Dapodik Niali tidak terbaca. Hanya Nilai Extrakurekuler saja yang terbaca?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek menu rombel di dapodik, apakah sudah sesuai mappingnya. Atau sink ulang, kemungkinan corrupt saat sink

      Delete
    2. ada siswa yg namanya sama, seharusnya nama 1 dikelas B dan nama yg ke 2 di kelas D, trus saya kembalikan ke kelas asalnya. tetapi setelah dituker nilai jd double pas di cetak, mohon solusinya?

      Delete
    3. ketika nama diganti atau ditukar di rombel pada aplikasi dapodik maka harus dilakukan sinkronisasi terlebih dahulu. selanjutnya ambil database baru lagi dari dapodik agar sesuai. terima kasih semoga bisa membantu

      Delete
  26. saya sudah sinkron nilai rapor ke dapodik dari e rapor smp tetapi, mengapa tidak muncul di menu nilai di dapodikdas 2018b ? Mohon pencerahan, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. unduh prefill rapor lalu masukkan ke fordel prefil dapodik

      Delete
  27. Saya sudah syncron nilai dari Erapor ke dapodik dan menurut informasinya syncron sudah berhasil, tapi saat diccek Data Nilai Dapodik tidak ada nilai yang muncul dan dicek didapodik juga tidak ada nilai yang terkirim, apa penyebabnya dan bagaimana solusinya pak tolong penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. unduh prefill rapor dapodik. masukkan di folder prefill

      Delete
    2. Sudah dilakukan pak tapi hasilnya tetap sama

      Delete
    3. aplikasi dapodiknya juga sinkronkan lagi pak

      Delete
    4. Kalau disyncronkan lagi pak berarti data yang masuk di Eraport itu adalah data semester genap karena data yg didapodik sudah diupdate ke semeter genap.

      Delete
    5. Saya coba syncronkan data dapodik dgn Eraport tapi hasilnya tetap sama,

      Delete
  28. permasalahan saya sama dengan diatas. sudah sinkron ke dapodik dan selesai tp kenyataanny setelah dicek hasil sinkron ke dapodik nihil..apa yg salah dgn sistem ini mohon yg sudah master solusinya.

    ReplyDelete
  29. kenapa saat login tidakbisa masuk ke e-rapor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu di daftar pengguna, apakah terdaftar atau tidak?pastikan username dan pasword terdaftar sebagai pengguna e-rapor

      Delete
  30. permasalahan saya sama dengan hadian wew dan Anoel Fariz, e raport sudah berhasil sinkron ke dapodik tetapi setelah dicek di dapodik tidak ada data/nilai yang masuk di tabel data yang akan dikirim dapodik. apakah aplikasi e rapor sudah tidak sesuai lagi dengan dapodik yang sudah dapodik 2018b (sem genap), sedang aplikasi e rapor masih semester ganjil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. E-rapor kemarin utk nilai smt 1. kita tunggu konfirmasi resmi e-rapor versi terbaru.

      Delete
  31. Mohon Pencerahan kepada para pendekar E-Rapor SMP... kami sedang menghadapi masalah yang sangat patal menurut saya
    1. Rombel Kelas tidak tersinkron ke E-Rapor khususnya Rombel SMP Terbuka
    2. Pada Proses Cetak Rapor pada Nilai Sikap tertulis Sikap Spiritual dua-duanya tidak ada Sikap Sosial.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu e-rapor versi selanjutnya pak. Karena database e-rapor masih pakai database aplikasi dapodik semester 1

      Delete
  32. Mudah2an Bapak Bisa menolong..kronologinya begini pak. Saya Lupa membeckup data e-raport semester satu dan data tersebut belum saya kirim/syncronkan ke dapodik..karena ada perubahan nama siswa didapodik, saya langsung klik ambil data dapodik dan ambil semua data, ternyata pas saya lihat e-raportnya jadi semester Genap.. dan semua data semester ganjilnya hilang.. kira-kira bagaimana cara mengembalikanya. pgn e-raportnya kembali ke semester ganjil dan nilainya jg kembali.. trims bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba unduh prefill rapor mungkin diserver masih database yang lama yang terecord

      Delete
  33. mhn maaf pak....e-rapor guru tidak terdapat nilai rapor di kolom bagian kiri hanya terdapat : keluar, dashboard, password saja....bagaimana solusinya pak mhn pencerahan

    ReplyDelete
  34. Assalamu'alikum
    saya sudah melakukan log in ke akun saya untuk pengisian e-raport. namun saat saya hendak menginput nilai, kelasnya tidak keluar semua. saya mengajar di 8 kelas xii, namun yang terdapat pada pilihannya hanya 4 kelas xii dan 1 kelas x, sedangkan saya tidak mengajar dikelas x. bagaimana cara agar kelas yang saya ajar dapat keluar pada pilihan kelas saat saya menginput nya.
    terimakasih atas waktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam. Bapak login sebagai operator atau sebagai guru? cek apakah sudah dimapping kelasnya apa belum. coba di crosscek dengan operator sekolah yang menangani e-rapor. atau coba ambil prefill rapor lagi

      Delete
  35. tidak bisa input KRS, padahal ada tombol input, tapi pas di klik tidak ada data atau field yang bis di klik untuk memasukkan atau mengedit data,

    screenshoot:

    https://ibb.co/edo6r7

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa teman juga mengalami hal yang sama. sampai saat ini belum ketemu solusinya. update solusi akan saya beritahukan.

      Delete
  36. Saya ambil data dari dapodik tapi mata Pelajaran MuloK Baca Tulis Quran tidak bisa terkirim, tp yang masuk muatan lokal bahasa daerah padahal didapodik mata pelajaran tersebut tidak masuk dalam pembelajran, bagaimana solusinya itu pak tolong penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dikonsultasikan dengan dinas pendidikan kabupaten. Untuk mulok yang diakui saat ini memang bahasa daerah untuk mulok propinsi. makanya BTA tdk bisa terkirim.

      Delete
  37. pak,kenapa data siswa,rombel tidak bisa diambil dari dapodik???

    ReplyDelete
  38. Assalammu'alaikum pak. Kenapa kompetensi dasar dibawah kolom rencana penilaian pengetahuan gak muncul ya pak? Mapel prakarya pak

    ReplyDelete
  39. Assalamu'alaikum tanya Bapak Kira-kira mengapa KD pada perencanaan tidak aktif/NON AKTIF pada seluruh mapel ya. Saat sem 1 km tdk mengalamai kendala

    ReplyDelete
  40. assalamualaikum pa, bagaimana ya untuk membuka eraport semester ganjil kemaren? soalnya sekarang sudah aktif yang semester genap

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Assalamu Alaikum Wr.Wb, pak bgmn solusinya jika nilai pengetahuan tidak muncul pd saat aka kirim nilai akhir pdhl nilai pengetahuannya sdh diinput.
    Terima kasih.
    Wassalam

    ReplyDelete
  43. ass. e raport di sklh kami ada masalah input KD&deskripsi muatan lokal. sudah saya input beberapa namun yg masuk cuma 1 kd sj dan saya ulang-ulang yaa ga bisa trs. cuma munculnya yaa satu kd trs. please tolong yg punya solusi

    ReplyDelete
  44. masalah apa yang terjadi, jika data siswa semua dan data yang lainnya tidak berhasil sinkronisasi dengan e-Raport ?

    ReplyDelete
  45. setelah saya tambah user admin eraport, kok malah admin eraport nya tidak bisa masuk, baik yang pakai user admin ataupun yang user baru, mohon solusintya

    ReplyDelete
  46. Selamat malam pak, pak saya mau bertanya, saya setelah ganti semester pada menu Data KD, KD dan nama siswa/i pada nilai pengetahun dan ketrampilan hilang ketika didownload. Terima kasih, mohon solusinya

    ReplyDelete
  47. cara membedakan 2 siswa yang sama namanya dalam 1 rombel dalam format import nilai gmana admin???

    ReplyDelete
  48. Mohon solusinya, di erapor ada 2 nama ekstrakuriluer sama, bagaimana cara menghapus salah satunya, padahal di dapodik cuma 1 ekstra tp knp muncul 2 ekstra yg nama sama? mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  49. pak apa ya penyebabnya data siswa tidak masuk ke e rapor

    ReplyDelete
  50. Pak apa penyebabnya rencana dan penilaian yang anda masukkan tidak mencerminkan penilaian berbasis komputer. Silahkan lakukan perencanaan dan penilaian sesuai dengan jumlah KD pada semester ini.
    Padahal saya sudah mengisi dengan benar..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  51. assalamualaikum pak mau tanya kenapa tidak bisa masuk e rapor padahal username dan paswwordnya sudah benar, selalu muncul error logging in
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  52. Rencana dan penilaian yang anda masukkan tidak mencerminkan penilaian berbasis kompetensi. Silahkan lakukan perenanaan dan penilaian sesuai dengan jumlah KD yang dimiliki untuk semester ini....klo masuk proses deskripsi nilai kok muncul ini yaa yg salah dimananya ,,mohon petunjuk

    ReplyDelete
  53. Maaf tanya: cara cancel nilai dari guru mapel yg sdh terlanjur kirim nilai akhir di eraport?

    ReplyDelete
  54. maaf mau tanya, dalam pengisian eraport saya sharingkan ke beberapa client, kendalanya dalah terjadi loading( lemot ), bagaimana cara mengatasi masalh seperti itu?
    terimakasih

    ReplyDelete
  55. malam pa mohon solusin sya sebag Theresia Sebagai OPS sekaligus Admin e- rapor mau tanya, ni permasalahan yang saya alami bahwa daftar referensi lokalnya saya sdh isi termasuk Maping KKM namun persoalannya ko Batas bawah KKMnya 68 tapi yang mendapat 76 ko masi dapat predikat D trus Yang sudah mendapat nilai 80-an masih dapat nilai C sharusnya sdh bias ke B ini mohon penjelasannya mkasi

    ReplyDelete
  56. malam pa mohon solusin sya sebag Theresia Sebagai OPS sekaligus Admin e- rapor mau tanya, ni permasalahan yang saya alami bahwa daftar referensi lokalnya saya sdh isi termasuk Maping KKM namun persoalannya ko Batas bawah KKMnya 68 tapi yang mendapat 76 ko masi dapat predikat D trus Yang sudah mendapat nilai 80-an masih dapat nilai C sharusnya sdh bias ke B ini mohon penjelasannya mkasi

    ReplyDelete
  57. Mat malam pa satu persoalan lagi kenapa di ekrakurikuler tidak muncul mohon solusinya

    ReplyDelete
  58. mohon bantu solusinya pa. menu pilih kelas pada penilaian sikap untuk BK tidak muncul harus bagaimana yah agar bisa muncul?

    ReplyDelete
  59. selamat sore pak..
    sebelumnya erapor nya sama Operator lama belum disinkron ke dapodik, terus karena baru saya langsung instal baru karena updatan terbaru, kira2 prefil semester sebelumnya itu bisa kita dapat lagi ya pak..karena belum disinkron

    ReplyDelete
  60. cara mengatasi guru BK usernya tidak muncul di Eraport semester genap / kemarin semester gajil tidak masalah.

    ReplyDelete
  61. Salam, Bapak. Lapor, mapel Muatan Lokal Bahasa Daerah tidak masuk ke erapor, padahal data di Dapodik sudah masuk. Semester lalu juga tidak ada masalah. Mohon solusinya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama, mata pelajaran yang nilainya tidak mau muncul tersebut kemungkinan belum terpetakan pada mapping mata pelajaran. Kedua, bisa saja disebabkan karena KKM dan interval predikat mapel tersebut belum dibuat atau disimpan. Dipastikan dulu semua sudah terpetakan sesuai panduan yang ada. Semoga bisa membantu. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  62. Salam.
    Mohon pencerahannya pak... applikasi e rapor smp tidak bisa di buka
    ada peringatan error pada tampilan applikasi, yaitu:

    Akses e-Rapor SMP ditolak

    ERROR
    Terdeteksi bahwa pengaturan versi database tidak sesuai dengan versi aplikasi, Terjadi kelasalahan sistem.
    Aplikasi tidak dapat dibuka.
    Silahkan install ulang aplikasi untuk dapat menggunakan e-Rapor SMP kembali.

    Sudah di instal ulang.. namun tetap muncul peringatan yg sama
    terima kasih atas responnya
    salam

    ReplyDelete
  63. Mohon pencerahan atas kesulitan kami yaitu: Mapel muatan lokal bahasa daerah data pembelajaranya tidak bisa kita ambil ke eraport melalui AMBIL DATA DAPODIK jadi jumlah data pembelajaran yang seharusnya 249 hanya 230 akhibatnya mata pelajaran pada cetak rapot tidak ada untuk mata pelajaran MUATAN LOKAL BAHASA DAERAH..... tolong untuk solusinya pak!!!

    ReplyDelete
  64. Mohon pencerahan apakah penyebabnya data pembelajaran di DAPODIK tidak bisa di-AMBIL ke eraport khususnya MAPEL MUATAN LOKAL BAHASA DAERAH, padahal data pembelajaran mata pelajaran yang lailnnya bisa di ambil semua, apakah karena PEMBELAJARANNYA di melalaui mapel tambahan MUATAN SEKOLAH, Sedangkan untuk TIK dan BK melalui mapel TAMBAHAN justru malah bisa di ambil ke ERAPORT...Mungkin ada yang mengalami seperti kami dan sudah ada penyelesaian tolong untuk diShare..!

    ReplyDelete
  65. Alhamdulillah ....sudah ketemu solusinya.... sulusinya MAPEL MUATAN LOKAL pada pembelajaran (didapodik) agar bisa diambil/diakses ke ERAPORT pilihannya adalah di MAPEL TABAHAN WAJIB, Setelah dapodik saya SINKRON kemudian di ERAPORT data pembelajaran KITA SINKRON ULANG ke dapodik, Alhamdulillah BERHASIL...... BERHASIL... BERHASIL... (maaf ungkapan kegembiraan).

    ReplyDelete
  66. Assalammu'alaikum pak. Kenapa kompetensi dasar nama mata pelajarannya tidak muncul yah? Mapel Bahasa Sunda

    ReplyDelete
  67. Assalammu'alaikum Pak, salam kenal, Saya operator dai SMP Negeri 2 Cangkringan Sleman, ketika saya instal e-rapor ternyata pada halaman dasborad tidak bisa membaca nama lembaga sehingga ketika saya ambil data dapodiknya melalui e-rapor data kosong (tidak terambil) dan itu sudah saya coba instal di beberaoa komputer hasilnya sama. padahal Dapodik sudah terinstal dan normal. Mohon solusinya. Terima kasih. wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  68. Assalammu'alaikum Pak, Rencana dan penilaian yang anda masukkan tidak mencerminkan penilaian berbasis kompetensi. Silahkan lakukan perenanaan dan penilaian sesuai dengan jumlah KD yang dimiliki untuk semester ini. saya tidak tahu letak kesalahannya dimana pak? mohon pencerahan

    ReplyDelete
  69. dalam sub menu input nilai pts kenapa tidak bisa dhapus ya? adakah yang paham kasusu tersebut? makasih,,,

    ReplyDelete
  70. Salam.
    Saya mau bertanya mengenai masalah e-raport, saya sudah mengimport nilai sesuai dengan rencana penilaian yang ada namun dihasil pengolahan nilai, nilai yang muncul tidak sesuai. kemudian saya mencoba input nilainya secara manual tapi tidak ada perubahan. mohon solusinya.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  71. mohon bantuan cara mengisi lembar terakhir rapor kelas IX , tentang mutasi keluar/lulus, terima kasih

    ReplyDelete
  72. apakah bisa menggunakan e rapot jika tidak mengisi nilai semester 1?

    ReplyDelete
  73. Bagaimana cara mengatasi jika di pengirimana ada keterangan :(Rencana dan penilaian yang anda masukkan tidak mencerminkan penilaian berbasis kompetensi. Silahkan lakukan perenanaan dan penilaian sesuai dengan jumlah KD yang dimiliki untuk semester ini.)
    mohon solusinya?

    ReplyDelete
  74. KENAPA WAKTU SAYA SINKRONISASI DATA DI ERAPOR MUNCUL KATA Anda terhubung ke server direktorat.
    TETAPI TIDAK ADA DATA YANG TAMPIL

    ReplyDelete
  75. Mohon pencerahannya pak admin, Solusi akun untuk guru TIK yang mengajar Prakarya bagiamana ya?
    apakah sama dengan cara yang telah dijelaskan
    Bagaimana Solusi Penugasan Guru Yang Belum Dapat Terdaftar Pada Dapodik Agar Dapat Akses Input Nilai Ke E-Rapor?
    Pada Dapodik, titipkan tugasnya pada salah satu guru yang telah terdaftar. Isikan pada JJM nya 0 (nol) agar tidak mempengaruhi JJM guru yang bersangkutan. e-Rapor melakukan sinkron ulang ke Dapodik.
    Tambahkan user dengan username baru pada guru yang diditipi penugasannya untuk memberi akses guru yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  76. mohon pencerahannya, data walikelas tidak ada di level pengguna, solusinya gimana pak?

    ReplyDelete
  77. Assalamu'alaikum
    saya ria operator dari SMP Uswatun Hasanah Pinang Ranti Jakarta Timur, ada yang ingin saya tanyakan terkait erapor, bagaimana jika akun erapor admin tidak bisa login stelah saya melakukan edit data pada menu administrator di bagian nama lengkap saya ubah menjadi nama pribadi bukan nama admin, apakah itu mempengaruhi sehingga user id admin saya tidak bisa login?
    padahal yg saya ubah itu hanya dibagian nama lengkapnya saja bukan dibgian user id atau password. Terima kasih sebelumnya dan mohon bantuannya 🙏😄
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  78. http://192.168.15.103:2689 sudah saya masukkan ko tidak bisa bukak padahal sudah konek dengan server dapodik

    ReplyDelete
  79. ko sulit ga bisa masuk apa kendala jaringan kurang baik apa bagaimana admin

    ReplyDelete
  80. suadah saya edit berkali 2 tapi tetap Sistem medeteksi anda melakukan penilaian yang tidak sesuai dengan rencana, ini berdampak pada hasil ketercapaian kompetensi yang tidak sesuai dengan aturan penilaian.

    ReplyDelete
  81. suadah saya edit berkali 2 tapi tetap Sistem medeteksi anda melakukan penilaian yang tidak sesuai dengan rencana, ini berdampak pada hasil ketercapaian kompetensi yang tidak sesuai dengan aturan penilaian.

    ReplyDelete
  82. Pak saya mau tanya setelah saya download untuk mengisi penilaian ada siswa yang tidak terdaftar itu bagaimana solusinya?
    Dan apakah jika ambil data dari dapodik akan mengulangi dari awal lagi gak pak??
    Terimakasih
    Mohon bantuannya??

    ReplyDelete
  83. Siswa dari dapodik tidak bisa masuk seluruhnya (kurang 2 siswa), tetapi di anggota rombel sudah masuk tetapi tidak muncul namanya.
    Jika dilihat dari "Data Referensi dapodik" terlihat jumlah siswa pada "Data SIswa" dan "Data Anggota Rombel" selisih 2. (Lebih banyak Data Anggota Rombel)

    ReplyDelete
  84. Jika Tahun lalu Kelas 7 tidak mengisi E rapor apakah Bisa di isi tahun sekarang?

    ReplyDelete
  85. saya sudah sinkronkan e-rapor dengan dapodik, tapi kenapa
    "DATA PROGRAM PENGAJARAN
    0 Data Program Pengajaran
    Sudah berhasil disinkronisasi"

    "DATA SISWA
    0 Orang Siswa
    Sudah berhasil disinkronisasi"

    DATA PEMBELAJARAN
    0 Data Pembelajaran
    Sudah berhasil disinkronisasi

    padahal dapodik versi 2020.a Patch 2 dan e-rapor nya versi terbaru terakhir versi 2.1
    jadi data siswanya kosong
    sudah saya re-instal beberapa kali aplikasi e-rapor nya tapi tetap saja tidak bisa
    solusinya apa ya????

    ReplyDelete
  86. Bapak... saya mau bertanya Mata Pelajaran Agama di e-raport tidak ada, yang ada Tahsin dan tahfidz... padahal di dapodiknya mata pelajarannya Pendidikan Agama Islam, Bagaimana solusinya? Terima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  87. Selamat siang pak.saya mau tanya solusi tentang E-raport SMP dengan krononogis-nya begini pak,
    saya instal E-Raport SMP Versi 2.0 kemudian saya Update ke Versi 2.1 dan berhasil. kemudian sya ambil data dari dapodik dan berhasil, bahkan guru-guru berhasil menginput nilai hingga mencetak raport.
    namun kendala saya saat Sinkronisasi yaitu Ringkasan Data Semester yang dikirim ke Dapodik "TIDAK ADA" sama sekali, tapi nilainya sudah terinput semua.
    bagaimana solusi dengan permasalahan tersebut pak.

    ReplyDelete
  88. Selamat pagi, saya sudah input nilai pada e rapor, namun ketika cek di dekripsi nilai, munculnya deskripsi kok hanya sebagian. Gimana solusinya

    ReplyDelete
  89. Map, mo nanya, pa penyebab tidak bisa input rancangan penilaian pada pengetahuan dan ketrampilan ? padahal input rancangan penilain sosial dan spiritual berhasil ? pada mapel prakarya kls 9 semestr 2
    makasih bantuanya...

    ReplyDelete
  90. Saya dari SMA 2 Padalarang
    Mau nanya tentang E-rapor, kenapa ya pas mau cetak legger tidak bisa loading lama sekali sampai tidak muncul sama sekali, tetapi ketika cetak e-raport bisa cetak PDF, mohon maaf mudah 2 ada solusi Pa?

    ReplyDelete
  91. Selamat pagi, Pak..
    Mohon maaf sebelumnya..
    Mohon pencerahannya, saya mau bertanya.
    Di sekolah ada 4 agama diajarkan.
    Pada pengisian guru mapel agama, salah satu agama tidak muncul pada saat mau input nilai padahal agama2 yg lain sudah muncul nama siswanya.
    Mohon solusinya , Pak..
    Mohon maaf sebelumnya dan terima kasih

    ReplyDelete
  92. kenapa iya saya kn sudah upload foto siswa supaya muncul di identitas. dan saya sudah cek di data siswa sudah ada fotonya tetapi mau di print koh fotonya tidak muncul. itu kenapa?

    ReplyDelete
  93. Selamat siang pak. Saya ingin bertanya tentang e raport. Di kd saya buat ada keterangan menggunakan bahasa arab. Tetapi waktu saya cetak di raport, tulisannya berubah menjadi bentuk kode. Bagaimana ya pak mengatasinya. Terima kasih ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum ada solusinya ...
      yuk dukung kami di youtube.com/kutaaceh

      Delete
  94. saya download format nilai pengetahuan dan ketrampilan tapi hasilnya nama anak dobel,semua kelas begitu.kenapa ya?

    ReplyDelete
  95. Bagaimana solusi ketika di data format import nama siswa nya semuanya pada double, dan itu terjadi di semua mata pelajaran....

    ReplyDelete
  96. Bagaimana solusi ketika di data format import nama siswa nya semuanya pada double, dan itu terjadi di semua mata pelajaran....
    yang saya bingungkan sebelumnya saya pake eraport tidak seperti itu, ini tahun kedua di sekolah kami pake eraport......
    tapi sekarang pas mo ngisi nilai di format importnya data siswa nya pada double semua dan disemua mata pelajaran

    ReplyDelete
  97. Mudah-mudahan ini halaman masih aktif, karena saya mau tanya bagaimana cara merestore data yang terkena ransomware? Satu pc server semua file kena

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan bisa membantu. Dibersihin dulu pc nya. kemudian bisa gunakan aplikasa restoredata. banyak di upload di web.

      Delete
  98. Mohon pencerahan bapak. kenapa di aplikasi erapor SMA versi 2018f untuk cetak dan lihat legger sangat lamban hampir untuk 1 kelas +- 30 menit, sedangkan untuk cetak rapor cepat tidak kurang dari 2 menit. saya menggunakan sistem Window 10 64bit Processor Intel Xeon E3-1225v6RAM DDR4-8GB SSD 500GB. mohon pencerahan agar sistem untuk cetak legernya cepat apa yang perlu saya seting kembali. Terima Kasih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.