Sunday, November 19, 2017

Cara Mengatasi Kelas atau Mata Pelajaran Tidak Muncul Saat Input Nilai di Aplikasi e-Rapor

Aplikasi e-Rapor SMP
Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018 merupakan aplikasi baru bagi para operator sekolah. Biasanya aplikasi baru menimbulkan berbagai permasalahan atau trouble shoot bagi para penggunanya. Cukup wajar jika memang terjadi permasalahan selama menggunakan aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018 karena kurangnya sosialisasi ataupun karena panduan aplikasi tidak dibaca dengan tuntas.

Permasalahan yang muncul bisa saja bersifat teknis dan non teknis, baik terkait aplikasi e-Rapor itu sendiri yang masih banyak ditemukan bug-bug sehingga perlu penyempurnaan ataupun terkait dengan tata cara penggunaan aplikasi yang masih belum dipahami secara maksimal oleh operator selaku penggunanya. Oleh karenanya jika permasalahan muncul selama penggunaan aplikasi e-Rapor harus diteliti terlebih dahulu akar permasalahannya.

Salah satu trouble shoot atau permasalahan yang kadang muncul pada aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018 adalah kelas atau mata pelajaran tidak muncul ketika akan menginput nilai. Permasalahan seperti ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu perangkat laptop gagal memuat tampilan karena berat atau bisa juga disebabkan karena kesalahan dalam entri aplikasi dapodiknya. Bisa saja guru atau mata pelajaran tersebut belum tercantum dalam pembelajaran pada rombel di dapodik dimana guru tersebut mengajar.
Baca : Tanya Jawab Seputar Permasalahan Aplikasi e-Rapor SMP
Jika terjadi permasalahan tersebut, tidak perlu merasa khawatir. Trouble shoot tersebut masih pada tahap simple trouble shoot yang cukup mudah untuk diatasi. Cara mengatasi kelas atau mata pelajaran yang tidak muncul ketika input nilai adalah
  1. Refresh dan reload tampilan aplikasi e-Rapor. Jika ternyata kelas dan mata pelajaran masih belum muncul, lanjutkan ke langkah yang kedua. 
  2. Buka aplikasi dapodik lalu buka menu rombongan belajar. Pastikan pada dapodik, bahwa guru atau mata pelajaran yang bersangkutan telah tercantum pada pembelajaran di rombel rombel tersebut. 
  3. Sinkronkan e-Rapor ke Dapodik, dengan menggunakan menu “Ambil Data Dapodik” pada bagian “Pembelajaran”.
Bagaimana, cukup sederhana kan solusinya. Permasalahan yang cukup mendasar tersebut kiranya dapat dikurangi dengan membaca buku panduan aplikasi e-Rapor yang sudah disediakan oleh Kemendikbud.

6 comments:

  1. Jika di semester 1 nilai gimana semester2 nya

    ReplyDelete
  2. tetap nggak bias, masih ada kelas yang nggak bisa ke baca..

    ReplyDelete
  3. Mhn pencerahannya.... guru bisa login namun tidak ada rombel dll..... di dapodik sdh tercantum bahkan guru sertifikasi.... dan erapotnya juga sudah di buat sesuai dengan peruntukkannya..... di data user juga ada.... tapi ketika login tidak ada rombel dan pembelajaran dllnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami jg mengalami hal ini,,,utk smsgenap TA 19-20...ada guru tiba2 hilang data kelas mengajarnya...dan anehnya lag bisa upload data kelas mengajar sebelumnya....tp kelas tidak muncul....
      hi new friend YT..support me..thanks
      https://youtube.com/channel/UC5ShtFWvTHla5zcYKO2yDdg?sub_confirmation=1

      Delete
  4. Mohon maaf saya mau bertanya. Waktu ini saya sudah input nilai rapot siswa tetapi satu hari setelah pembagian rapor, ternyata ada 1 mapel 1 nama anak yg saya salah masukkan nilai. Setelah saya mau input ulang, ternyata tidak bisa karena tanggal pembagian rapor sudah lewat. Di aplikasi tertera agar menghapus dlu tanggal pembagian rapotnya. Tapi saya ragu. Apakh tidak apa2 menghapus tanggal pembagian rapot dlu kemudian input nilainya dan mengubah tanggal pembagian rapot seperti sebelumny?

    ReplyDelete
  5. knpa nama sekolah di eraport bsa beda sma dapodik ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.