Sunday, November 19, 2017

Cara Mengatasi Permasalahan Data Guru Tidak Terambil Ke aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018

Aplikasi e-Rapor SMP
Sebagaimana sudah disampaikan sebelumnya bahwa Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018 merupakan aplikasi berbasis web yang terintegrasi dengan dapodik. Sama halnya dengan aplikasi PMP, Instalasi aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018 juga memerlukan perlakuan khusus. Aplikasi e-Rapor juga memanfaatkan database pada aplikasi dapodik.

Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018 harus diinstal pada perangkat laptop atau komputer yang sudah terinstal aplikasi Dapodik. Meskipun aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018 tersebut sukses diinstal di laptop, naum jika tidak terinstal aplikasi dapodik pada perangkat tersebut, maka aplikasi e-Rapor tidak bisa digunakan.

Namun terkadang akan dijumpai jumlah data guru pada aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018 tidak sesuai dengan data yang ada di Dapodik, artinya ada guru yang terdaftar di dapodik tetapi tidak terambil ke aplikasi e-Rapor.

Permasalahan seperti ini karena disebabkan oleh beberapa hal yang simple yang terkadang tidak disadari oleh operator yaitu kesalahan entri pada jenis guru yang seharusnya guru mata pelajaran tetapi ditulis guru kelas. Akibat kesalahan entri penulisan jenis guru adalah data guru tidak terambil ke aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018.
Baca : Tanya Jawab Seputar Permasalahan Aplikasi e-Rapor SMP
Jika terjadi permasalahan tersebut, rekan-rekan tidak perlu khawatir. Untuk mengatasi permasalahan data guru tidak terambil ke aplikasi e-Rapor, solusinya cukup mudah dan simple. Langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi dapodik dan pastikan pada data guru tersebut pada Dapodik jenis gurunya adalah guru mata pelajaran bukan guru kelas.
  2. Sinkronkan data e-Rapor ke Dapodik melalui menu “Ambil Data Dapodik” pada bagian “Data Guru”.
Bagaimana, cukum simpel kan. Itulah permasalahan yang terkadang muncul dalam aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018. Pada intinya, asalkan entri data di dapodik sudah benar dan sesuai SOP aplikasi Dapodik, maka permasalahan atau trouble shooting di aplikasi e-Rapor bisa dihindari.

3 comments:

  1. Di Panduan memang begitu. Kalau di Dapodik sudah tertera sebagai guru mapel tapi tidak bisa terambil juga? Masalahnya di mana lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Baik akan saya jawab sesuai pengetahuan saya. Jika memang sudah dipastikan jenis gurunya guru mapel, pastikan juga guru tersebut sudah dimaping ke rombel dan memiliki jam di rombelnya dan sinkronkan agar data turun ke lokal. Terima kasih semoga bisa membantu.

      Delete
  2. Data rombel dan data siswa kosong di erapor setelah install ulang, sudah coba install ulang, update dan ambil data dapodik tapi tetap saja kosong walaupun sudah disinkron berkali kali bagaimana solusinya itu pak?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.