Thursday, November 30, 2017

Pengertian Komputer Menurut Ahli

Komputer (PC Desktop) 
Komputer memiliki peran yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Hampir setiap bidang pekerjaan manusia memerlukan komputer baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Namun tahukah kita bahwa komputer tidak sesederhana yang biasa kita lihat sehari-hari.

Pada awalnya, istilah komputer merupakan terjemahan kata bahasa Inggris dari computer. Kata computer sendiri sebenarnya berasal dari bahasa latin yaitu computare yang mempunyai arti menghitung. Merujuk penjelasan tersebut, secara harfiah maka komputer dapat diartikan sebagai alat hitung.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia online, disebutkan bahwa komputer merupakan alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut instruksi, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

Pengertian tersebut tampaknya sejalan dengan pengertian komputer yang disajikan dalam Merriam-Webster Online Dictionary. Dalam kamus bahasa Inggris daring tersebut dijelaskan dua definisi komputer sebagai berikut
computer is an electronic machine that can store and work with large amounts of information
computer is an automatic electronic machine that can store and process data
Pengertian tersebut menunjukkan bahwa komputer diartikan sebagai sebuah mesin elektronik yang bisa menyimpan dan bekerja dengan sejumlah besar informasi. Komputer merupakan sebuah mesin elektronik otomatis yang bisa menyimpan dan mengolah data.

Dari pengertian komputer pada kedua kamus tersebut dapat disimpulkan bahwa komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima serta mengolah data sehingga menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.

Sementara itu, Hamacher berpendapat bahwa komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Sedangkan Blissmer mengatakan bahwa, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi.

Fuori secara singkat menjelaskan bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Komputermenurut Keagel adalah alat elektronik yang dapat mengelola data dengan perantaraan program dan memberikan hasil pengelolaannya. Dari pengertian ini jelas sekali bahwa komputer dijalankan menggunakan program sehingga dapat menghasilkan output yang diinginkan.

Lebih lanjut, Sanders berpendapat bahwa komputer merupakan sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data yg cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan langkah-langkah dan instruksi program yang tersimpan di memori (stored program)

Sumber :

  1. V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001
  2. William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981
  3. Robert H. Blissmer, Computer Annual, an Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.