Friday, September 15, 2017

Cara Mudah Mengisi Kuesioner Komite Sekolah di Aplikasi PMP 2017

Login Akun Komite Sekolah pada Aplikasi PMP 2017

Salah satu jenis responden dalam pengisian kuesioner pada aplikasi PMP 2017 adalah dari kelompok komite sekolah yang terdiri dari pimpinan komite sekolah dan perwakilan dari orang tua siswa. Sehingga jumlah total responden yang dibutuhkan dari kelompok komite sekolaha dalah 3 orang.

Kuesioner dari komite sekolah menjadi sangat penting dalam usaha pemerintah memetakan mutu pendidikan di Indonesia karena komite sekolah merupakan partner sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat. Dari kuesioner komite sekolah nantinya akan diketahui sejauh mana sekolah memberikan layanan pendidikan yang bermutu dilihat dari sudut pandang komite sekolah selaku kepanjangan tangan dari orang tua atau wali siswa.

Dalam pengisian kuesioner komite sekolah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih responden yang akan mengisi kuesioner komite sekolah. Selanjutnya 3 orang yang terpilih menjadi responden tersebut kemudian didaftarkan terlebih dahulu pada aplikasi PMP 2017 sehingga mempunyai akun login aplikasi PMP 2017. Jika tidak didaftarkan melalui menu tambah pengguna aplikasi PMP 2017 maka responden komite sekolah tidak bisa mengisi kuesioner PMP.

Jika sudah mempunyai akun login aplikasi PMP 2017 maka responden komite sekolah bisa mulai mengisi kuesioner PMP 2017. Angket atau kuesioner komite sekolah pada aplikasi PMP terdiri dari 4 point utama, yaitu

1. Hasil Belajar (2 pertanyaan)
2. Isi Pendidikan (2 pertanyaan)
3. Penilaian Pembelajaran (2 pertanyaan)
4. Pengelolaan Pendidikan (16 pertanyaan)

Untuk mengisi angket atau kuesioner komite sekolah ini berbeda dengan cara mengisi kuesioner guru, kepala sekolah dan siswa yang bisa dilakukan melalui menu tukar pengguna. Namun untuk mengisi kuesioner komite sekolah harus dilakukan melalui login akun komite sekolah yang sudah didaftarkan terlebih dahulu (Bukan login operator sekolah). Cara mengisi kuesioner komite sekolah pada aplikasi PMP bisa dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini

  1. Buka aplikasi PMP menggunakan username dan password akun komite sekolah
  2. Setelah aplikasi PMP terbuka, pilih dan klik menu Kuesioner pada sidebar samping
  3. Silahkan isi setiap kuesioner yang ada mulai dari point hasil belajar sampai dengan pengelolaan pendidikan
  4. Pilih dan klik simpan setelah selesai mengisi setiap poinnya (Total ada sekitar 22 pertanyaan yang harus dijawab untuk kuesioner komite sekolah)
  5. Jika sudah selesai mengisi kuesioner silahkan pilih dan klik menu konfirmasi selesai kemudian klik konfirmasi di bagian bawah.
  6. Selanjutnya pilih dan klik verifikasi data sebelum data dikirim. 
  7. Selamat kuesioner komite sekolah sudah terisi semua 

Perlu diperhatikan bahwa jawaban-jawaban atas pertanyaan pada kuesioner komite sekolah yang sudah terkonfirmasi tidak bisa diubah lagi. Oleh karena itu berhati-hati lah saat mengisi kuesioner di aplikasi PMP. Pastikan jawaban-jawaban yang terinput sudah sesuai pada printout kuesioner yang terisi manual.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.