Thursday, September 14, 2017

Cara Sukses Instal dan Update Aplikasi PMP 2017 Versi Terbaru (Versi 2.1)

Aplikasi PMP 2017 Versi 2.1

Aplikasi PMP versi terbaru telah diluncurkan oleh Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI. Aplikasi PMP versi terbaru yang diluncurkan yaitu berupa updater aplikasi bukan sebagai installer aplikasi. Updater aplikasi PMP versi terbaru yaitu Aplikasi PMP versi 2.1. Secara resmi diluncurkan tanggal 13 September 2017 kemarin.

Updater aplikasi PMP versi terbaru ini dimaksudkan sebagai upaya untuk memperbaiki dan memperbaharui beberapa fitur yang ada pada aplikasi PMP sehingga lebih nyaman digunakan oleh para pengguna aplikasi PMP. Hal ini didadasari pada beberapa laporan terkait adanya bugs pada aplikasi PMP versi lama (versi 2.0). Oleh karena itu dikembangkan lagi ke versi terbaru untuk menanggulangi beberapa permasalahan yang timbul pada aplikasi PMP versi lawas tersebut.

Karena berupa updater aplikasi, maka aplikasi lama yang terinstal pada komputer atau laptop tidak perlu dicopot atau diunisntal terlebih dahulu. Namun hanya perlu ditindih menggunakan updater yang sudah disediakan oleh portal resmi PMP Dikdasmen. Perlu dicatat bahwa file size dari updater aplikasi PMP versi 2.1 adalah sebesar 46.794kb (46,8 MB). Oleh karena itu pastikan file yang terunduh mempunyai file size sebagaimana dimaksud.

Bagi operator atau yang dipaksa bertugas menjadi operator yang masih mengalami kesulitan dalam menginstal dan mengupdate aplikasi PMP versi terbaru bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Unduh updater aplikasi PMP 2017 versi 2.1 
  2. Bersihkan cache dan history pada komputer atau laptop.
  3. Jika sudah pernah mengisi kuesioner di aplikasi PMP versi lama, lakukan backup terlebih dahulu untuk menjaga kemungkinan lost data
  4. Buka folder penyimpanan file updater aplikasi PMP 2017 versi 2.1 hasil unduhan tadi.
  5. Klik kanan file kemudian pilih dan klik Run as Administrator
  6. Ikuti setiap langkah instalasi PMP yang sudah disediakan dengang mengklik saya setuju, ok atau lanjut.
  7. Tunggu sampai ada notifikasi instalasi berhasil lalu klik OK
  8. Restart laptop atau komputer 
  9. Buka aplikasi PMP 2017 versi 2.1 (login menggunakan akun dapodik)
  10. Tekan Ctrl+F5 pada keyboard agar tampilan di beranda menunjukkan versi 2.1
  11. Restore data hasil backup jika ingin menggunakan data hasil backup (optional)
  12. Aplikasi PMP 2017 versi 2.1 sudah siap digunakan.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.