Friday, September 1, 2017

Cara Mengisi Kuesioner Kepala Sekolah pada Aplikasi PMP 2017

Cara Mengisi Kuesioner Kepala Sekolah di PMP

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa pemetahuan mutu pendidikan dimkasudkan untuk memberikan gambaran kepada semua pemangku kepentingan tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan. Pemetaan mutu pendidikan ini dilakukan melalui aplikasi khusus yang sudah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang sudah diluncurkan beberapa bulan yang lalu.

Hasil yang diperoleh dari pemetaan mutu pendidikan melalui aplikasi PMP ini nantinya menghasilkan peta mutu pendidikan yang dapat dimanfaatkan sekolah, pemerintah daerah dan pemerintah pusat sebagai acuan dalam perencanaan perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Untuk mewujudkan hasil pemetaan mutu pendidikan yang berkualitas, Pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melibatkan berbagai pihak baik dari warga sekolah, komite, pengawas sekolah dan dinas pendidikan di tingkat kabupaten/kota.

Warga sekolah berperan dalam dalam memberikan informasi dan data yang akurat pada level sekolah melalui angket atau kuesioner pemetaan mutu yang sudah disiapkan oleh Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI. Salah satu warga sekolah yang terlibat dalam dalam pelaksanaan pemetaan mutu pendidikan melalui aplikasi PMP adalah kepala sekolah selaku pimpinan pada satuan pendidikan.

Angket atau kuesioner kepala sekolah pada aplikasi PMP terdiri dari 6 point utama, yaitu hasil belajar, isi pendidikan, proses pembelajaran, penilaian pembelajaran, pengelolaan pendidikan dan sarana prasarana. Untuk mengisi angket atau kuesioner kepala sekolah harus dilakukan melalui login operator sekolah. Cara mengisi kuesioner kepala sekolah pada aplikasi PMP bisa dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini

  1. Buka aplikasi PMP menggunakan username dan password dapodik (SSO login)
  2. Setelah aplikasi PMP terbuka, pilih dan klik menu Kuesioner pada sidebar
  3. Silahkan isi setiap kuesioner yang ada mulai dari point hasil belajar sampai dengan sarana prasarana
  4. Pilih dan klik simpan setelah selesai mengisi setiap poinnya (Total ada sekitar 82 pertanyaan yang harus dijawab untuk kuesioner kepala sekolah)
  5. Jika sudah selesai mengisi kuesioner silahkan pilih dan klik menu konfirmasi selesai kemudian klik konfirmasi di bagian bawah.
  6. Selanjutnya pilih dan klik verifikasi data sebelum data dikirim. 
  7. Selamat kuesioner kepala sekolah sudah terisi semua 

Perlu diperhatikan bahwa jawaban-jawaban atas pertanyaan pada kuesioner kepala sekolah yang sudah terkonfirmasi tidak bisa diubah lagi. Oleh karena itu berhati-hati lah saat mengisi kuesioner di aplikasi PMP. Pastikan jawaban-jawaban yang terinput sudah sesuai.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.