Sunday, April 14, 2019

Rilis Updater Aplikasi Dapodik Versi 2019.e

Updater Aplikasi Dapodik Versi 2019.e
Setelah beberapa waktu lalu merilis Updater Aplikasi Dapodik Versi 2019.d, Tepat tanggal 11 April 2019 ini, Ditjen Dikdasmen Kemendikbud RI kembali merilis aplikasi Dapodik versi baru, yaitu dapodik versi 2019.e.

Pembaharuan aplikasi dapodik ini dimaksudkan untuk menyempurnakan aplikasi dapodik versi sebelumnya. Aplikasi dapodik yang dirilis merupakan updater, bukan installer, jadi aplikasi lama tidak perlu di uninstall dulu sebelum aplikasi yang baru dipasang.

Updater aplikasi Dapodik versi 2019.e ini dirilis tanggal 11 April 2019. Updater ini bisa diunduh langsung di web dapodikdasmen dan bisa juga melakukan pembaharuan secara online melalui aplikasi dapodik yang terinstal di laptop atau computer.

Aplikasi dapodik versi 2019.e ini memuat beberapa pembaharuan dan pembenahan dalam rangka untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik dan memperhatikan masukan-masukan dari berbagai pihak.

Pembaharuan aplikasi dapodik ini merupakan pengembangan dan perbaikan atas laporan bugs/kesalahan dalam apliaksi dapodik dari para pengguna aplikasi dapodik. Pembenahann juga merupakan kebutuhan dan upaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi kebijakan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bagi sekolah yang menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d, dapat melakukan pembaruan ke aplikasi dapodik versi 2019.e secara Online maupun offline. Pengguna sangat disarankan telah melakukan sinkronisasi terlebih dahulu sebelum melakukan pembaruan online.
Baca  Juga : Download Updater Aplikasi Dapodik Versi 2019.e (Patch 2019.e)
Aplikasi dapodik versi terbaru 2019.e memuat beberapa pembaharuan dan perbaikan yang mengakomodir keluhan-keluhan dari para pengguna dapodik dan masukan-masukan para pemangku Beberapa perubahan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.e antara lain.
  1. Perbaikan bugs ketika menampilkan GTK pada Manajemen Pengguna
  2. Perbaikan bugs pengisian lintang dan bujur pada menu DUDI
  3. Perbaikan bugs pada rombongan belajar untuk tingkat TKLB pada bentuk pendidikan SLB
  4. Perbaikan bugs validasi pada saat mendeteksi No Kitas untuk peserta didik warga negara asing
  5. Perbaikan bugs sinkronisasi untuk pengiriman pada kelompok mata pelajaran muatan sekolah
  6. Perbaikan bugs pada saat menampilkan daftar peserta didik
  7. Perbaikan nama kelompok mata pelajaran Ekstensi Team Teaching (Kejuruan) menjadi Kejuruan pada profil GTK
  8. Perbaikan validasi untuk mengecek rasio rombel terhadap jumlah peserta didik
  9. Perbaikan validasi NIK khusus untuk peserta didik yang tinggal di panti asuhan tidak diwajibkan
  10. Perbaikan security sinkronisasi
  11. Penambahan validasi untuk medeteksi nama mata pelajaran pada pembalajaran jika lebih dari 50 karakter
Karena disediakan pembaharuan aplikasi secara online dan offline, maka operator dapodik di sekolah selaku pengguna harus pandai-pandai dalam melakukan pembaharuan aplikasi dapodik pada komputer atau laptopnya.
Baca  Juga : Cara Update Aplikasi Dapodik Versi 2019.d ke Versi 2019.e online dan offline
Karena sifatnya online maka laptop yang terinstal dapodik harus terkoneksi dengan internet yang stabil koneksinya dan memastikan bandwitch cukup. Kepala sekolah selaku pimpinan satuan pendidikan diharapkan menjalankan supervisi managerial dalam pengerjaan dan pengelolaan dapodik dan bertanggung jawab penuh atas validitas data dapodik yang dikirimkan ke pusat melalui mekanisme sinkronisasi dapodik.

Untuk pembaharuan offline, operator sd dapodik harus mengunduh updater aplikasi dapodik versi 2019.e terlebih dahulu. Baru kemudian diinstal pada laptop tanpa menguninstal aplikasi dapodik versi lama. Langsung ditimpakan saja.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.