Sunday, April 14, 2019

Cara Sukses Update Aplikasi Dapodik Versi 2019.e Online dan Offline

Updater Aplikasi Dapodik Versi 2019.e
Updater aplikasi Dapodik versi 2019.e ini dirilis tanggal 11 April 2019. Updater ini bisa diunduh langsung di web dapodikdasmen dan bisa juga melakukan pembaharuan secara online melalui aplikasi dapodik yang terinstal di laptop atau computer.

Aplikasi dapodik versi 2019.e ini memuat beberapa pembaharuan dan pembenahan dalam rangka untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik dan memperhatikan masukan-masukan dari berbagai pihak.

Pembaharuan aplikasi dapodik ini merupakan pengembangan dan perbaikan atas laporan bugs/kesalahan dalam apliaksi dapodik dari para pengguna aplikasi dapodik. Pembenahann juga merupakan kebutuhan dan upaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi kebijakan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bagi sekolah yang menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019d, dapat melakukan pembaruan ke aplikasi dapodik versi 2019.e secara Online maupun offline. Pengguna sangat disarankan telah melakukan sinkronisasi terlebih dahulu sebelum melakukan pembaruan online.

Tata cara melakukan pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.e secara offline sebagai berikut:

  1. Unduh file PATCH 2019.e pada menu unduhan laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id atau disini
  2. Jika sudah terinstall Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c atau Versi 2019.d maka dapat langsung melakukan installasi Patch Versi 2019.e tanpa harus melakukan Uninstall Aplikasi Dapodikdasmen.
  3. Lakukan installasi sampai dengan selesai.
  4. Lakukan refresh (Ctrl + F5).

Baca Juga : Download Updater Aplikasi Dapodik Versi 2019.e 
Tata cara melakukan pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.e secara Online sebagai berikut:

  1. Pastikan komputer terkoneksi internet.
  2. Silahkan login pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c atau Versi 2019.d.
  3. Masuk pada menu Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.
  4. Maka ditampilkan keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Dapodik 2019.e) Apakah Anda ingin melanjutkan? Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!
  5. Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan melakukan update pembaruan.
  6. Setelah proses selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.
  7. Jika diperlukan, lakukan refresh (Ctrl + F5).

Karena sifatnya online maka laptop yang terinstal dapodik harus terkoneksi dengan internet yang stabil koneksinya dan memastikan bandwitch cukup. Kepala sekolah selaku pimpinan satuan pendidikan diharapkan menjalankan supervisi managerial dalam pengerjaan dan pengelolaan dapodik dan bertanggung jawab penuh atas validitas data dapodik yang dikirimkan ke pusat melalui mekanisme sinkronisasi dapodik.

Untuk pembaharuan offline, operator  dapodik harus mengunduh updater aplikasi dapodik versi 2019.e terlebih dahulu. Baru kemudian diinstal pada laptop tanpa menguninstal aplikasi dapodik versi lama. Langsung ditimpakan saja.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.