Tuesday, March 5, 2019

Mau Sukses Instal? Ini yang Harus Dipersiapkan Sebelum Instal Aplikasi Dapodik Versi 2019 c

Installer Aplikasi Dapodik Versi 2019c

Aplikasi dapodik versi baru telah dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI beberapa waktu yang lalu. Aplikasi dapodik versi terbaru yang dirilis yaitu Aplikasi Dapodik Versi 2019c. Aplikasi ini dirilis untuk menggantikan aplikasi dapodik versi sebelumnya.

Aplikasi dapodik versi 2019c digunakan untuk pengelolaan data pokok pendidikan semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Aplikasi Dapodik versi 2019c berupa fresh installer. Itu artinya untuk menginstal aplikasi yang terbaru ini memerlukan perlakuan khusus. Aplikasi Dapodik versi lama harus diuninstal atau dicopot terlebih dahulu. Jadi tidak asal ditindih.

Namun aplikasi dapodik versi 2019c ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi dapodik versi sebelum-sebelumnya. Perbedaan yang paling menonjol adalah terletak pada persyaratan perangkat PC atau laptop yang akan diinstal aplikasi dapodik versi 2019c. Inilah yang kemudian menyebabkan banyak permasalahan dan kendala yang dialami oleh sebagian besar operator dapodik di sekolah.

Banyak laporan yang menyatakan bahwa aplikasi dapodik versi 2019c gagal diinstal atau tidak mau diinstal di laptop atau PC yang mana sebelum-sebelumnya tidak ada masalah. Ada juga laporan yang menyarakan bahwa aplikasi dapodik dapat diinstal, akan tetapi tidak mau dijalankan atau connection is refused. Permasalahan-permasalahan tersebut tentunya menjadi perhatian utama bagi para pengguna aplikasi dapodik.

Agar sukses dalam menginstal aplikasi dapodik versi 2019c, berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh operator dapodik sebelum menginstal aplikasi dapodik versi 2019c.
1. Uninstal aplikasi dapodik versi lama. Bersihkan semua cache dan history pada laptop. terutama yang berkaitan dengan aplikasi dapodik versi lama.
2. Unduh aplikasi dapodik versi 2019c, pastikan berupa installer yang dapat diunduh disini.
3. Pastikan laptop atau PC yang digunakan mempunyai spesifikasi berikut ini.

  • Processor Intel Core i3 atau yang setara
  • Memori standar 4GB
  • Hard Drive 120 GB SSD/500 GB HDD
  • Sistem Operasi Windows 10
  • Terpasang peramban web Google Chrome atau Mozilla Firefoz

4. Siapkan username, password dan kode registrasi sekolah pada dapodik.
5. Patikan koneksi internet lancar jika nantinya melakukan registrasi aplikasi dapodik secara online.

Nah, jika beberapa hal di atas dapat dipenuhi, aplikasi dapodik versi 2019c akan terpasang dengan sukses tanpa kendala. Selamat bekerja. Salam satu Data.


0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.