Tuesday, October 30, 2018

Cara Update Aplikasi Dapodik Versi 2019a ke Versi 2019b, Mudah Ga Pake Lama!

Cara Update Aplikasi Dapodik Versi 2019a ke Versi 2019b
Tanggal 30 Oktober 2018 kemarin, Tim Pengembang Aplikasi Dapodik Ditjen Dikdasmen Kemendikbud RI kembali merilis aplikasi dapodik terbaru. Ini merupakan rilis yang ketiga kalinya sebagai rangkaian dari penyempurnaan aplikasi dapodik versi 2019 yang digunakan untuk pengelolaan data pokok pendidikan di semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Aplikasi dapodik yang dirilis ini adalah aplikasi dapodik versi 2019b berupa updater, bukan installer.

Aplikasi dapodik yang terbaru ini dikeluarkan sebagai jawaban tim pengembang aplikasi atas banyaknya laporan-laporan dari para penggguna aplikasi dapodik yaitu berbagai keluhan adanya bugs pada aplikasi dapodik versi 2019a yang dapat mengganggu kelancaran sekolah dalam melakukan pemutakhiran data  poko pendidikan.

Disamping itu, Aplikasi dapodik versi 2019b ini memuat beberapa pembaharuan dan pembenahan dalam rangka untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik dan memperhatikan masukan-masukan dari berbagai pihak. Pembenahann juga merupakan kebutuhan dan upaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Baca Juga : Daftar Pembaharuan Aplikasi Dapodik Versi 2019b
Karena hanya  disediakan pembaharuan aplikasi secara online, maka operator dapodik di sekolah selaku pengguna harus pandai-pandai dalam melakukan pembaharuan aplikasi dapodik pada komputer atau laptopnya. Karena sifatnya online maka laptop yang terinstal dapodik harus terkoneksi dengan internet yang stabil koneksinya dan memastikan bandwitch cukup. Langkah-langkah untuk melakukan pembaruan secara online sebagai berikut:
  1. Pastikan komputer terkoneksi internet.
  2. Buka aplikasi dapodik kemudian silahkan login pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 atau 2019a
  3. Selanjutnya masuk pada menu Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.
  4. Maka ditampilkan keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Dapodik 2019.b) Apakah Anda ingin melanjutkan? Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!
  5. Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan melakukan update pembaruan.
  6. Setelah proses selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.
  7. Jika diperlukan, lakukan refresh (Ctrl + F5).
Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengupdate aplikasi dapodik versi 2019a ke versi 2019b. Ingat, untuk memperbaharui aplikasi dapodik versi terbaru ini, pengguna tidak perlu melakukan uninstall aplikasi yang lama. Dan perlu dicatat. juga bahwa sekolah tidak wajib mengupdate aplikasi dapodiknya. Namun sekolah diwajibkan sudah melakukan sinkronisasi jika ingin mengupdate aplikasi dapodiknya ke versi yang terbaru.

2 comments:

  1. gan saya update tp nggk sinkron dlu gmna ya..

    ReplyDelete
  2. saya mau nanya dana kip sudah dua tahun engak cair anak saya sekolah di min tsngerang

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.