Tuesday, December 19, 2017

Download Contoh Daftar Penerimaan Rapor

Buku Rapor

Setiap menjelang akhir semester, guru kelas selalu disibukkan dengan penyelesaian nilai pada buku rapor siswa. Buku rapor siswa merupakan buku laporan hasil belajar siswa selama periode tertentu. Untuk saat ini, pendidikan di Indonesia baik pada jenjang SD/SMP/SMA/SMK dan sederajat menggunakan sistem semester (6 bulan), sehingga periode penilaian hasil belajar siswa dilakukan setiap semester (semester 1 dan semester 2).

Buku rapor berisi hasil penilaian terhadap seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan siswa dalam kurun waktu tertentu. Buku rapor digunakan selama siswa tersebut mengikuti seluruh program pembelajaran di sekolah. Nilai-nilai yang ada dalam buku rapor biasanya berasal dari nilai tugas dan portofolio siswa, nilai ulangan harian, nilai ulangan tengah semester dan nilai ulangan akhir semester. Selain nilai berupa angka juga dicantumkan nilai sikap siswa termasuk kehadiran, sopan santun, kerajinan dan kerapian.

Buku rapor akan diberikan kepada siswa atau orang tua siswa setiap satu semester sebagai laporan kemajuan hasil belajar siswa tersebut. Kadang-kadang buku rapor diberikan secara langsung kepada siswa. Namun buku rapor lebih sering dibagikan kepada siswa dengan mengundang secara langsung orang tua atau wali siswa untuk datang ke sekolah.
Baca : Download Contoh Surat Undangan Penerimaan Rapor
Penyerahan buku rapor kepada siswa atau orang tua siswa harus didokumentasikan dalam bentuk bukti penyerahan rapor. Dalam daftar penerimaan buku rapor harus dicantumkan nama siswa, orang tua, tanggal penerimaan rapor dan tanda tangan orang yang menerima rapor. Tujuannya adalah sebagai prasyarat administrasi guru kelas atau wali kelas jika suatu saat ada apel administrasi atau supervisi dari pengawas sekolah. Di samping itu, dengan membuat daftar penerimaan rapor atau daftar penyerahan rapor maka guru akan dengan mudah mengetahui rapor siapa saja yang sudah dibagikan dan belum diserahkan.

Selain itu daftar penerimaan rapor ini dapat digunakan sebagai bukti bahwa buku rapor siswa memang benar-benar sudah diserahkan kepada siswa atau orang tua siswa. Dengan demikian jika ada siswa atau orang tua siswa yang melapor berlum menerima rapor maka guru kelas atau wali kelas bisa menunjukkan daftar penerimaan rapor sebagai bukti kalau buku rapor sudah diserahkan. Berikut ini disajikan contoh daftar penerimaan rapor dalam bentuk Ms. Excel yang bisa didownload pada link di bawah ini.

Download Contoh Daftar Penerimaan Rapor

Setelah daftar penerimaan rapor terisi dengan lengkap, itu artinya semua buku rapor telah diserahkan kepada siswa atau orang tua siswa. Guru jangan sampai lupa mengingatkan kepada siswa atau orang tua siswa untuk menandatangani buku rapor tersebut dan mengembalikannya kepada sekolah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Sebagai bukti rapor telah dikumpulkan atau dikembalikan ke pihak sekolah, maka guru juga wajib membuat daftar pengembalian rapor.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.