Tuesday, December 19, 2017

Download Contoh Surat Pemberitahuan Hari Libur Sekolah Semester Gasal

Hari libur sekolah merupakan masa yang di tunggu-tunggu oleh hampir sebagian besar murid tak terkecuali guru dan tenaga kependidikan. Dengan adanya libur sekolah maka siswa, guru dan tenaga kependidikan sejenak dapat meninggalkan rutinitas kegiatan belajar dan mengajar di kelas.

Di Indonesia, hari libur sekolah biasanya sudah ditentukan dalam kalender pendidikan (kalender akademik) sekolah yang disusun di setiap awal tahun pelajaran. Hari libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.

Libur semester adalah waktu libur yang diadakan pada akhir setiap semester.  Libur akhir tahun pelajaran adalah waktu libur yang diadakan pada akhir tahun pelajaran.  Libur umum adalah libur yang diadakan untuk memperingati peristiwa nasional atau keagamaan, yang ditetapkan oleh Pemerintah. Libur khusus adalah libur yang diadakan sehubungan dengan peringatan keagamaan, hari peringatan lainnya, keadaan musim, karena sesuatu bencana alam atau ada keperluan lainnya di luar ketentuan libur umum.

Hari libur Semester gasal  bagi TK, SD, dan SMP, berlangsung mulai tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan tanggal 01 Januari 2018 bagi satuan pendidikan yang menerapkan 5 hari sekolah dan 25 Desember 2017 sampai dengan tanggal 01 Januari 2018 bagi satuan pendidikan yang menerapkan 6 hari sekolah.

Dengan adanya hari librur semester gasal yang sudah tercantum dalam kalender akademik, maka sekolah perlu menginformasikan hari libur semester gasal tersebut kepada siswa dan orang tua atau wali siswa baik secara lisan maupun tertulis melalui surat pemberitahuan. Melalui surat pemberitahuan tersebut diharapkan siswa dan orang tua atau wali siswa mengetahui dengan pasti jangka waktu hari libur dan kapan mulai masuk sekolah kembali. Sehingga nantinya tidak timbul pertanyaan terus menerus tentang hari libur semester gasal.

Dalam surat pemberitahuan hari libur semester gasal sekolah harus mencantumkan dengan rinci jangka waktu hari libur kepada siswa dan orang tua atau wali siswa. Sekolah juga harus mencantumkan hari dan tanggal masuk kembali ke sekolah pada semester selanjutnya. Sekolah sebaiknya juga harus memberikan himbauan agar orang tua atau wali siswa dapat memantau putra-putrinya dengan kegiatan yang positif selama liburan berlangsung.

Berikut ini disajikan contoh surat pemberitahuan libur sekolah semester gasal yang bisa di download pada link di bawah ini.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.