Tuesday, December 19, 2017

Download Contoh Surat Undangan Penerimaan Rapor

Surat adalah alat komunikasi tertulis yang dibuat seseorang baik atas nama pribadi maupun lembaga yang disampaikan kepada seseorang atau lembaga lain. Surat lazim digunakan dalam bentuk surat resmi dan surat tak resmi atau surat pribadi.

Surat resmi adalah surat yang dikeluarkan oleh sebuah instansi atau organisasi yang isinya berkaitan dengan masalah kedinasan. Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku. Surat resmi juga memiliki kepala surat, nomor surat, lampiran, dan perihal. Selain itu, jika diperlukan, dapat ditulis tembusan. Hal-hal itulah yang membedakan antara surat resmi dengan surat pribadi. Secara garis besar surat resmi terdiri atas bagian berikut.
  • Kepala surat
  • Tanggal surat
  • Nomor surat, lampiran, dan perihal
  • Alamat surat
  • Salam pembuka
  • Isi surat
  • Penutup surat
  • Pengirim surat
  • Tembusan, bersifat opsional jika diperlukan
Surat undangan berisi undangan terhadap seseorang. Oleh karena itu, dalam menulis undangan, bahasa yang digunakan harus sopan, mudah dipahami, singkat, dan jelas. Penulisan tempat, waktu, hari dan tanggal, serta acara harus jelas. Unsur-sur surat undangan resmi meliputi

  1. kop atau kepala surat,
  2. nomor dan perihal surat,
  3. tanggal penulisan surat,
  4. alamat yang dituju,
  5. pokok surat, dan
  6. pengirim surat.

Selain itu, surat undangan resmi menggunakan bahasa baku dan kalimat efektif agar lebih mudah dipahami dan tidak bertele-tele.

Salah satu contoh surat undangan resmi adalah surat undangan penerimaan rapor. Surat undangan tersebut dibuat oleh sekolah dan ditujukan kepada orang tua atau wali murid. Maksud dari surat undangan tersebut adalah penerimaan rapor dari sekolah untuk diserahkan kepada orang tua atau wali murid.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa rapor merupakan buku laporan hasil pembelajaran yang diperoleh selama satu semester. Buku rapor berisi nilai-nilai yang merupakan hasil akhir dari perhitungan nilai ulangan harian, tugas, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Rapor bisa dihasilkan dari tulisan secara manual maupun berupa cetak rapor yang berasal dari aplikasi rapor yang dikembangkan oleh sekolah.

Surat undangan penerimaan rapor biasanya diberikan sehari sebelum acara penerimaan rapor semester 1 dan semester 2. Berikut ini disajikan contoh surat undangan penerimaan rapor yang bisa didownload dalam bentuk PDF dan Word.

Surat undangan penerimaan rapor harus diarsipkan sebagai bentuk dari tertib administrasi sekolah. Pengarsipan surat tersebut didasarkan pada nomor agenda surat keluar.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.