Wednesday, October 25, 2017

Cara Mudah Mencetak Rapor Mutu PMP 2017

Peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan ini merupakan tanggung jawab dari setiap komponen di satuan pendidikan. Peningkatan mutu di satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu pada seluruh komponen sekolah. Untuk peningkatan mutu sekolah secara utuh dibutuhkan pendekatan khusus agar seluruh komponen sekolah bersama-sama memiliki budaya mutu.

Untuk itu dibutuhkan program Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan di seluruh sekolah di Indonesia dengan pendekatan pelibatan seluruh komponen sekolah (whole school approach).
Agar penjaminan mutu dapat berjalan dengan baik di segala lapisan pengelolaan pendidikan dasar dan menengah, telah dikembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah dalam sebuah aplikasi khusus untuk pemetaan mutu pendidikan. Oleh karena itu dikembangkanlah suatu aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) yang terintegrasi dengan dapodik.

Dengan diluncurkannya aplikasi PMP, pemerintah berhadap bahwa aplikasi PMP dapat menfasilitasi satuan pendidikan dalam penerapan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dengan standar yang sudah ditetapkan pemerintah. Di samping itu, dengan adanya aplikasi PMP ini juga diharapkan dapat memperkuat upaya satuan pendidikan dalam memberdayakan pendidikan yang bermuutu berdasarkan kebututhan yang sesuai di lapangan. Hasil dari PMP nantinya akan menghasilkan output yang digunakan sebagai peta mutu, rekomendasi program, pendampingan dan penguatan, monitoring dan evaluasi dan pelatihan terkiat peningkatan peningkatan aspek mutu.

Dan pada tanggal 20 Oktober 2017 kemarin adalah batas akhir pengiriman data PMP untuk tahun pelajaran 2017/2018. Dengan ditutupnya pintu server maka sekolah sudah dianggap menyelesaikan kuesioner PMP dan server akan memproses setiap data kuesioner PMP yang masuk sehingga akan diketahui rapor mutu PMP masing-masing sekolah. Rapor mutu PMP tiap sekolah bisa dilihat melalui halaman resmi PMP di http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id dengan login sebagai operator sekolah.

Rapor mutu PMP tersebut tidak hanya bisa dilihat saja, namun bisa dicetak dan disimpan sebagai arsip administrasi sekolah. Untuk dapat mencetak rapor mutu PMP sekolah dapat mengikuti cara mencetak rapor PMP berikut ini.

1. Sambungkan laptop/komputer dengan internet
2. Ketikkan alamat web PMP http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id pada address bar
3. Pilih dan klik menu login, isikan username dan password aplikasi PMP


4. Pilih tahun pemetaan yang akan diunduh rapor mutunya lalu klik unduh Excel


5. Klik icon Download jika ingin mencetak rapor mutu PMP dalam bentuk grafik


Bagaimana cukup mudah bukan cara mencetak rapor mutu sekolah hasil dari pemetaan mutu pendidikan melalui aplikasi PMP 2017. Saat artikel ini ditulis, untuk sementara rapor mutu yang ada hanya tahun 2016 karena untuk rapor mutu tahun 2017 masih diproses oleh sistem. Paling tidak akhir November baru bisa dilihat oleh sekolah.

12 comments:

  1. Saya sudah beberapa kali login di PMP Dikdasmen, tapi raport mutu sekolah tidak dapat diakses. Padahal informasinya sejak akhir bulan November 2017, raport mutu sekolah sudah bisa diakses. Bagaimana ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba lagi pak, sejak tanggal 18 kemarin, rapor PMP sudah bisa diakses.

      Delete
  2. sya mau unduh pmp 2017 tapi email dan pasword SMP dan SMK sama, sehingga saat login yg terbuka SMP nya. mohon solusinya agar raport SMK bsa terbuka

    ReplyDelete
  3. Kenapa tampilan kita tidak sama ya pak. sudah di dowload tapi filenya tidak berupa exel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, tampilan antar muka yang tahun 2018 ini berbeda dengan yang tahun 2017 kemarin. untuk halaman PMP tahun 2018 ini bisa mwndownload rapor pmp tahun 2016 dan 2017 yang bisa di ekspor ke aplikasi pmp terbaru.

      Delete
    2. file yg didownload .pmp
      bagaimana caranya dikonvert ke excel?

      Delete
  4. Apakah sekarang masih bisa di download ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. sudah bisa didownload rapor mutu tahun 2016 dan 2017. hasil unduhuna tersebut bisa kita ekspor ke aplikasi pmp yang terbaru yang direlease tgl 31 Juli 2018

      Delete
  5. Tampilan halaman unduh PMP koq gak ada unduh excel nya,apa solusinya agar unduh excelnya muncul???

    ReplyDelete
  6. Tampilan halaman unduh PMP koq gak ada unduh excel nya,apa solusinya agar unduh excelnya muncul???
    ya min tolong dong

    ReplyDelete
  7. Sama gan Punya saya tampilan halaman unduh PMP gak ada Unduh Excel.... Bagaimana solusinya. Kok gak ada yang jawab yaa...

    ReplyDelete
  8. IYA MEMANG TIDAK ADA APLIKASI EXCEL NYA

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.