Monday, June 19, 2017

Contoh Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru

Contoh Pengumuman tentang PPDB
Penerimaan peserta didik baru merupakan rutinitas kegiatan tahunan yang sudah diprogramkan oleh setiap sekolah. Melalui kegiatan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) ini, sekolah akan memperoleh input peserta didik sesuai dengan kapasitas yang dimiliki oleh sekolah.
Kegiatan PPDB menjadi sangat penting belakangan ini karena semakin banyaknya sekolah-sekolah baru yang berdiri. Masing-masing sekolah berlomba-lomba menunjukkan keunggulan sekolahnya guna menarik para calon peserta didik baru.

Oleh karenanya sekolah harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada calon peserta didik potensial agar mendaftar di sekolahnya. Salah satu bentuk komunikasi sekolah dengan calon peserta didik baru adalah melalui pengumuman sekolah tentang penerimaan peserta didik baru.

Pengumuman PPDB dibuat oleh kepala sekolah ditujukan kepada masyarakat luas dengan tujuan agar masyarakat memperoleh informasi bahwa sekolah tersebut telah membuka pendaftaran peserta didik baru. Dengan adanya pengumuman PPDB yang dibuat oleh sekolah, maka masyarakat akan mempersiapkan diri untuk mendaftarkan anaknya di sekolah tersebut.

Pengumuman PPDB yang dibuat oleh sekolah harus memuat informasi tempat dan waktu pendaftaran termasuk jadwal kegiatan daftar ulang. Pengumuman PPDB tersebut juga harus membuat syarat-syarat administrasi pendaftaran seperti fotocopy ijazah, kartu keluarga, KIP, dan sebagainya. Persyaratan-persyaratan tersebut haruslah disebutkan jumlah rangkap yang diperlukan oleh sekolah termasuk pemisahan stopmap untuk pendaftar putra dan putri.

Pengumuman PPDB juga sebaiknya menyertakan alur dan mekanisme pendaftaran. Sekolah juga harus mempersiapkan formulir pendaftaran bagi para calon peserta didik baru. Sekolah memberikan contoh pengisian formulir pendaftaran peserta didika baru sehingga memudahkan calon pendaftar dalam menyelesaikan isian formulir.

Pengumuman PPDB yang dibuat sekolah sebaiknya dilengkapi dengan deskripsi keunggulan sekolah berupa program unggulan, fasilitas yang akan didapat oleh peserta didik, biaya sekolah, prestasi sekolah dan program-program sekolah lainnya sehingga bisa menarik para calon peserta didik baru. Jangan lupa untuk mencamtumkan nomer kontak (contact person) berupa nomer telpon sekolah, nomer HP atau nomer lain yang bisa dihubungi jika ada pertanyaan dari para calon pendaftar.
Sebagai gambaran contoh pengumuman penerimaan peserta didik baru, pembaca bisa mengunduh contoh pengumuman beirkut ini.

Download Contoh Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.