Tuesday, January 30, 2018

Download Aplikasi Dapodik Versi 2018b

Di penghujung bulan Januri 2018, Dirjen Dikdasmen secara resmi telah me-release aplikasi dapodik yang terbaru, yaitu aplikasi dapodik versi 2018b. Tepat tanggal 30 Januari 2018 kemarin, aplikasi dapodik versi 2018b dikeluarkan sebagai pengganti aplikasi dapodik versi sebelumnya (aplikasi dapodik versi 2018a).

Aplikasi dapodik versi 2018b ini digunakan untuk pembaharuan data pokok pendidikan baik data sekolah, peserta didik, guru dan tenaga kependidikan pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 yang nantinya akan dimanfaatkan oleh stakeholder pendidikan yang terkait dalam penentuan berbagai kebijakan di lingkungan Kemendikbud RI.

Aplikasi Dapodik versi 2018b yang dikeluarkan hanya dalam bentuk installer dan tidak disediakan file updaternya. Jadi pemasangan aplikasi dapodik versi 2018b ini tidak bisa langsung ditindih, tetapi harus melalui mekanisme pencopotan (unisntal) aplikasi dapodik versi lawas yang terpasang pada laptop atau komputer.
Baca Juga : Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2018b
Setelah terinstal, seperti biasa proses registrasinya dapat dilakukan secara online maupun offline. Registrasi aplikasi dapodik online dan offline sama-sama memerlukan Kode Registrasi Dapodik. Yang membedakan keduanya adalah bila registrasi secara online tidak memerlukan prefill dapodik. Sedangkan registrasi offline memerlukan prefill dapodik.
Baca Juga : Cara Registrasi Aplikasi Dapodik Versi 2018b Anti Gagal!
Aplikasi dapodik versi 2018b ini memliki ukuran sebesar 63.746 kb atau 63,7 MB. Sebuah ukuran file yang tidak terlalu besar bagi aplikasi pendataan yang menampung berbagai data pokok pendidikan. File size tersebut sebaiknya dijadikan pedoman saat mendownload aplikasi dapodik versi 2018b.

Jika ternyata hasil unduhan aplikasi dapodik tidak berukuran sebagaimana dimaksud, kemungkinan file tersebut corrupt dan akan mengakibatkan aplikasi dapodik tidak bisa diinstal. Untuk mendownload aplikasi dapodik versi 2018b dapat mengikuti link di bawah ini.



Ada beberapa perubahan yang cukup mendasar pada aplikasi dapodik versi 2018b ini, diantaranya adalah perubahan database database baru,  pembaharuan beberapa fitur yang sudah ada sebelumnya, dan juga penambahan fitur baru, validasi data dan perbaikan beberapa bugs pada aplikasi dapodik versi sebelumnya. Dengan adanya pembaharuan versi dapodik ini tampaknya aplikasi dapodik semakin bagus dan “keren”.  Dan yang paling penting adalah aplikasi dapodik versi 2018b ini sangat friendly user.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.