Sunday, December 24, 2017

Inilah Penjelasan Menu-menu pada Manajemen PDUN

Beranda Manajemen PDUN
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pendaftaran calon peserta ujian nasional (CPUN) tahun 2018 dilaksanakan melalui Manajemen PDUN di halaman http://pdun.data.kemdikbud.go.id seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Data yang dihasilkan melalaui halaman Manajemen PDUN tersebut nantinya yang akan dipush ke server Biosystem Online.

Untuk dapat login ke halaman Manajemen PDUN admin atau operator memerlukan username dan password yang sama dengan username dan password dapodik. Alternatif lainnya untuk login ke halaman Manajemen PDUN adalah menggunakan Kode Registrasi aplikasi dapodik masing-masing sekolah.

Tampilan halaman Manajemen PDUN pada saat sudah berhasil login cukup sederhana dengan tiga buah menu utama pada sidebar yaitu menu Beranda, Calon Peserta UN dan menu Logout.

Menu Beranda berisi tentang informasi pengguna Manajemen PDUN berbasis dapodik yang dalam hal ini adalah admin UN tingkat sekolah atau operator sekolah. Menu beranda ini dapat diedit sesuai perubahan data yang ada di lapangan. Informasi pengguna dalam tab menu Beranda berisi data sebagai beirkut.
  • Peran 
  • Sekolah 
  • Nama
  • NIP/NIM
  • Jabatan
  • YM
  • Skype
  • Alamat
  • Wilayah
  • No Telepon
  • No Handphone
Tab menu selanjutnya adalah menu Calon Peserta UN yang menunjukkan data calon peserta Ujian Nasional yang diambil dari aplikasi dapodik. Jika ada data yang memerlukan perbaikan akan tampil berwarna merah. Tab menu ini berisi sub menu sebagai berikut.

1. Pengaturan No Kursi
Menu Pengaturan No Kursi berfungsi untuk mengatur atau setting urutan rombel agar dapat digunakan untuk urutan ruangan ujian dan bangku siswa.
Baca : Cara Pengaturan No Kursi di Manajemen PDUN
2. Unduh File Calon Peserta UN
Menu unduh file calon peserta UN berfungsi untuk mengunduh file calon peserta ujian nasional yang berekstensi dz. File DZ merupakan suatu file yang dipeorleh dari hasil proses kompresi Dzip sehingga menghasilkan file kompresi yang ukurannya lebih kecil. File DZ tidak untuk dibuka akan tetapi untuk dikirm dan diintegrasikan dengan aplikasi data tertentu, salah satunya adalah apliaksi Biosystem Online.

3, Unduh CPUN ke Excel
Menu unduh file calon peserta UN Excel berfungsi untuk mengunduh data calon peserta ujian nasional yang ditampilkan dalam bentuk ekstensi file Excel. Agar dapat mengunduh file CPUN dalam bentuk excel ini maka user atau pengguna harus melakukan pengaturan no kursi terlebih dahulu. Jika tidak melakukan pengaturan no kursi terlebih dahulu maka file yang terunduh tidak akan terbuka.

4. Unduh Berita Acara
Menu Unduh Berita Acara memiliki fungsi untuk mengunduh file Berita Acara Calon Peseta Ujian Nasional dalam bentuk PDF. Berita Acara yang diunduh biasanya akan dikumpulkan bersamaan dengan file dz yang akan diserahkan kepada admin UN Kabupaten.Berita Acara menunjukkan bahwa data calon peserta ujian nasional sudah benar dan valid sehingga bisa segera diterbitkan DNS (Daftar Nominatif Sementara) Peserta Ujian Nasional yang dihasilkan dari aplikasi Biosystem Online.
Baca : Cara Mencetak BAC CPUN
5. Filter PD berdasarkan NISN
Menu filter PD berdasarkan NISN mempunyai fungsi untuk memudahkan dalam mendeteksi data peserta didik yang sudah memiliki NISN dan yang belum memiliki NISN. Data peserta didik yang berwarna merah menandakan bahwa NISN masih kosong atau tidak valid. Sehingga harus dilakukan verifikasi dan validasi di halaman vervalpd.
Baca : Cara Mengecek NISN
Menu terakhir adalah menu Logout yang berfungsi untuk keluar dari halaman Manajemen PDUN. Pastikan semua data sudah benar dan valid sebelum mengunduh file dz dan berita acara agar nantinya tidak ada kesalahan data pada saat penerbitan DNT Peserta Ujian Nasional.

1 comment:

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.