Monday, November 6, 2017

Info Penting Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2017

Info PPGJ 2017
Ada sebuah berita baik bagi para guru yang belum memiliki sertifikat pendidik. Tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kembali menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Guru. Program ini merupakan wujud nyata dari adanya Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Nah, oleh karena itu, guru yang bertugas atau mengajar di tingkat SD/SMP/SMA dan SMK yang telah memiliki kualifikasi akademik S1/DIV, diwajibkan untuk menempuh pendidikan profesi, agar dapat memiliki kompetensi dan mendapatkan sertifikat pendidik seperti yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah tersebut. Caranya yaitu melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan

Seleksi awal untuk guru calon peserta program PPG 2017 dilakukan oleh Dirjen GTK melalui aplikasi Dapodik. Setiap guru yang sudah terdaftar di dapodik secara otomatis akan diseleksi secara administrasi oleh Dirjen GTK. Dasar seleksi bersumber dari database Dapodik semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Sasaran utama program PPG 2017 ini adalah guru yang bertugas atau mengajar tetapi belum mempunyai sertifikat keahlian di bidang tugasnya masing-masing.
Baca : Inilah Syarat Mengikuti Program PPG 2017
Bagi guru yang terdaftar di dapodik akan mendapat notifikasi info PPG 2017 baik yang layak mengikuti PPG maupun yang tidak memenuhi syarat mengikuti PPG 2017. Bagi guru yang memenuhi syarat akan mendapat notifikasi undangan dan diminta untuk mendaftar. Sedangkan bagi guru yang tidak memenuhi syarat akan mendapat notifikasi tidak terundang dan diminta untuk melakukan perbaikan data di aplikasi dapodik. Semua informasi tentang undangan PPG 2017 bisa diakses dengan melakukan login di aplikasi SIMPKB.
Baca : Inilah Alasan Menohok Kenapa Guru Tidak Diundang Mengikuti Program PPGJ 2017
Oleh karena itu, sebelum terlambat segeralah mengecek akun SIMPKB masing-masing untuk mengetahui  dan memastikan apakah anda termasuk dalam daftar nominasi calon peserta program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2017.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.