Wednesday, September 27, 2017

Download Contoh SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas)

Contoh SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas)
Istilah SPPD atau kadang juga disebut SPD sudha tidak asing bagi mereka yang bertugas sebagai bendahara ataupun pegawai yang sering melakukan perjalanan dinas. SPPD atau sering disebut sebagai Surat Perintah Perjalanan Dinas adalah salah satu berkas admisnistrasi sekolah yang wajib dipenuhi oleh Bendahara Sekolah dalam menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan BOS. SPPD tersebut digunakan untuk mempertanggungjawabkan pemberikan uang transport dan uang harian bagi pegawai yang mendapat tugas perjalanan dinas guna mengikuti workshop, bimbingan teknis, seminar, sosialisasi dan sejenisnya.

Penerbitan SPPD harus dilampiri dengan surat tugas dari pimpinan instansi. Surat tugas tersebut yang kemudian dijadikan dasar dalam pembuatan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) atau Surat Perjalanan Dinas (SPD). Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) setidaknya memuat hal-hal berikut ini.

  1. Pejabat berwenang yang memberikan perintah
  2. Nama dan NIP pegawai yang diberikan perintah
  3. Pangkat, Golongan Ruang Gaji Pegawai
  4. Jabatan dan Instansi/Unit Kerja Pegawai
  5. Tingkat menurut Perjalanan Dinas
  6. Maksud Perjalanan Dinas
  7. Alat Angkut yang Digunakan
  8. Tempat Berangkat dan Tempat Tujuan
  9. Lamanya Perjalanan, Tanggal Berangkat dan Tanggal Harus Kembali
  10. Pengikut (Jika ada yang ikut dalam rombongan)
  11. Pembebanan Anggaran
  12. Keterangan Lain-lain yang diperlukan

Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) tersebut harus tercantum tempat dan tanggal dikeluarkan surat tersebut beserta tanda tangan dan cap stempel pejabat atau pimpinan instansi. SPPD yang diberikan kepada pegawai yang melakukan perjalanan dinas harus meminta tanda tangan dan cap stempel lembaga atau instansi tempat penyelenggaraan kegiatan bimtek, workshop atau instansi yang menjadi tempat tujuan. Selanjutnya SPPD tersebut juga harus dimintakan tanda tangan dan cap stempel dari isntansi tempat berangkat atau tiba kembali.  Untuk contoh Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) dapat didownload pada link berikut ini.

Download Surat Perintah Perjalanan Dinas (Ms. Word)
Download Surat Perintah Perjalanan Dinas (Pdf)

6 comments:

  1. Asalamualaikum wr.wb.
    Nama Saya Agung Estyo Maaf Bapak Saya Bekerja di salah satu Instansi Negeri, Kebetulan Ini Adalah Salah Satu Bagian Dari Pekerjaan Saya, Yang Saya Mau Tanyakan Bagaimana jika ada dua ataupun Tiga Bahkan Lebih tujuan Perjalanan Dinas dengan Cap masing-Masing2 di Tiap Lembar Yang Berbeda.. Bagaimana Untuk menuliskan Keterangan Yang Baik Dan Benarnya Pak ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Saya jawab sepengetahuan saya ya Bapak. Jika memang yang melakukan perjalanan dinas adalah orang yang sama, dalam satu hari dengan tujuan yang berbeda-beda, bisa dibuat point a, b, c, dst sehingga terlihat tujuan mana saja yang direncanakan. Kemudian untuk cap tinggal menambahi kolom sesuai dengan jumlah tujuan tadi.

      Delete
  2. Replies
    1. Silahkan. Berbagi hal baik kepada sesama. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat.

      Delete
  3. terima kasih banyak sobat smoga menjadi tambahan amal jariyah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.