Thursday, September 21, 2017

Cara Mudah Cetak Detil Data PTK Guru PAI di Simpatika Kemenag

Pemberkasan pencairan tunjangan profesi bagi guru PAI adalah agenda wajib tiap triwulan jika ingin tunjangan profesi segera cair. Salah satu syarat pemberkasan pencairan tunjangan profesi untuk guru PAI di lingkungan Kementerian Agama adalah cetak detil data PTK dari Simpatika Kemenag.

Detil PTK biasanya dicetak setiap kali ada perubahan data PTK atau bisa juga sekali dalam satu semester. Hasil cetak detil data PTK dari Simpatika merupakan dokumen resmi yang diterbitkan oleh Dirjen Pendais Kemenag RI. Detil Data PTK ini berisi rincian data guru PAI sebagai PTK di satuan pendidikan tertentu. Data rinci yang termuat dalam cetak detil data PTK terdiri dari

  1. Biodata PTK
  2. Data Kepegawaian PTK
  3. Data Instansi Induk
  4. Mata Pelajaran
  5. Riwayat Verval

Untuk mencetak detil data PTK dari Simpatika cukup mudah. Detil data PTK ini bisa dicetak sendiri oleh guru PAI secara mandiri atau meminta bantuan operator pendataan di satuan pendidikan masing-masing. Bagi yang masih mengalami kesulitan dalam mencetak detil data PTK dari Simpatika bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Pastikan laptop/komputer terhubung dengan internet
2. Silahkan akses portal resmi Simpatika Kemenag di http://simpatika.kemenag.go.id
3. Pada tab Beranda ketikkan nama/nuptk/pegID dan kota lokasi madrasah/sekolah induk
Kemudian pilih dan klik Cari Data, tunggu sistem memproses pencarian data (tergantung koneksi internet)

4. Akan muncul tabel hasil pencarian terhadap data PTK dengan NUPTK yang diketik tadi yang berisi nama PTK, Madrasah/Sekolah Induk, Detil PTK dan Status.
5. Untuk melihat detil PTK, silahkan klik symbol huruf “ I ” dibawah tulisan Detil

6. Selanjutnya akan muncul jendela baru berisi detil data PTK

7. Untuk mencetak detil data PTK scroll ke bawah dan klik “cetak data”

8. Detil data PTK otomatis akan tercetak jika laptop terkoneksi dengan printer atau bisa juga disimpan ke dalam bentuk pdf

Bagaimana, cukup mudah kan cara untuk mencetak detil data PTK guru PAI di Simpatika. Simpan baik-baik hasil printout atau cetaknya, siapa tahu diperlukan untuk pemberkasan kembali di lain waktu.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.