Monday, May 22, 2017

Cara Memperbaiki Data SK Ijin Operasional Sekolah di Dapodik

Perbaikan SK Ijin Operasional di Verval SP
Sejak direlease secara resmi pada tahun 2012, aplikasi dapodik menjadi satu-satunya aplikasi resmi yang dipakai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam pengelolaan data pokok pendidikan. Selama lebih dari 5 tahun penggunaan aplikasi dapodik di tingkat TK/Paud, SD, SMP dan SMA/SMK, Dapodik telah mampu menghasilkan berbagai data pokok pendidikan yang bermanfaat untuk berbagai perumusan kebijakan bidang pendidikan. Data pokok pendidikan itu meliputi data sekolah, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana sekolah serta data pembelajaran. 

Data dari sistem pendataan dapodik tersebut digunakan oleh program utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan seperti BOS, Aneka Tunjangan Guru, Ujian Nasional, Rehab, Bantuan RKB dan Program Lainnya. Oleh karena itu, semua data pokok pendidikan yang ada dalam aplikasi dapaodik haruslah benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Salah satu data pokok pendidikan yang perlu mendapat perhatian adalah data SK Ijin Operasional yang dimiliki oleh sekolah. Sekolah perlu menginput data SK Ijin Operasional Sekolah ke dalam aplikasi dapodik yaitu berupa data Nomor dan Tanggal SK Ijin Operasional. Pada awal kemunculan dapodik, data ini bisa langsung diinputkan di aplikasi. Namun seiring dengan pembaharuan aplikasi dapodik, data SK Ijin Operasional hanya bisa dientrikan atau diperbaiki melalui halaman Verifikasi dan Validasi Satuan Pendidikan. 

Bagi sekolah yang belum mempunyai SK Ijin Operasional Sekolah dari Dinas Pendidikan setempat dapat mengajukan SK Ijin Operasional. Contoh SK Ijin Operasional dapat dilihat di sini. Untuk menginput atau memperbaiki data SK Ijin Operasional Sekolah dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 
  1. Siapkan scan SK Ijin Operasional Sekolah (file pdf, max size 1 MB)
  2. Login ke halaman Verval SP di http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id menggunakan username dan password aplikasi dapodik.
  3. Klik Menu pada pojok kiri atas halaman website Verval SP
  4. Pilih dan klik sub menu Pengelolaan kemudian pilih dan klik Perbaikan Data
  5. Isikan data SK Ijin Operasional Sekolah yang memuat Nomor dan Tanggal SK.
  6. Upload scan SK Ijin Operasional sekolah pada field yang disediakan.
  7. Klik simpan dan tunggu approval dari admin Verval SP

Begitu ajuan perbaikan data SK Ijin Operasional sekolah sudah di approve oleh admin, segera sinkronkan aplikasi dapodik agar perubahan data SK Ijin Operasional sekolah bisa turun ke lokal dapodik. Hasil perbaikan data SK Ijin Operasional sekolah akan muncul di menu identitas sekolah. Selamat mencoba.

3 comments:

  1. Terimakasih sangat membantu sekaki bagi saya yang masih baru mengerjakan dapodik🙏

    ReplyDelete
  2. Maaf mau tanya saya sudah perbaiki izin pendirian sekolah dan sudah singcron beberapa kali tapi kenapa di aplikasi dapodik tidak berubah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan belum ada pengambilan data dari server vervalsp nya. Perbaikan data sekolah dilakukan di vervalsp

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.