Sunday, May 21, 2017

Cara Memperbaiki Data Akreditasi Sekolah di Aplikasi Dapodik

Perbaikan Data Akreditasi Sekolah
Sebagaimana sudah diketahui bersama di kalangan pendidikan bahwa aplikasi dapodik merupakan aplikasi resmi pemerintah yang berisi tentang data pokok pendidikan. Semua data pokok pendidikan meliputi data sekolah, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, dan pembelajaran semua bersumber dari aplikasi Dapodik. 

Semua data pokok pendidikan ini terintegrasi satu sama lain dalam jaringan Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP-K) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Data pokok pendidikan yang bersumber dari Dapodik ini digunakan oleh pemangku kepentingan dalam merumuskan setiap kebijakan bidang pendidikan dan kebudayaan. 

Salah satu data pokok pendidikan yang ada dalam aplikasi dapodik adalah data sekolah yang memuat identitas sekolah dan data rinci sekolah. Jika terjadi perubahan data, beberada data sekolah bisa langsung diperbaikai dan diupdate di aplikasi secara langsung. Namun ada juga yang harus melewati halaman verifikasi dan validasi satuan pendidikan (Verval SP). Salah satu data rinci pada data sekolah yang perlu diperbaharui adalah data akreditasi sekolah yang berada pada data rinci sekolah. Perbaikan data atau update data akreditasi sekolah dilakukan bila satuan pendidikan telah memperoleh sertifikat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Perbaikan data akreditasi sekolah merupakan salah satu perbaikan data sekolah yang harus melalui proses verifikasi dan valiadasi dari admin Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Perbaikannya melalui halaman Verval SP. Adapau cara memperbaiki data akreditasi sekolah di aplikasi dapodik dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini. 
  1. Siapkan scan sertifikat akreditasi pada halaman muka dan belakang (file pdf, max size 1MB)
  2. Login ke halaman Verval SP di http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id menggunakan username dan password aplikasi dapodik.
  3. Klik Menu pada pojok kiri atas halaman website Verval SP
  4. Pilih dan klik sub menu Pengelolaan kemudian pilih dan klik Perbaikan Akreditasi
  5. Isikan data akreditasi berdasarkan data yang ada di sertifikat akreditasi sekolah yang memuat nilai setiap standar, tahun akreditasi dan nilai akreditasi dalam bentuk angka dan huruf.
  6. Upload scan sertifikat akreditasi sekolah pada field yang disediakan.
  7. Klik simpan dan tunggu approval dari admin Verval SP

Begitu ajuan perbaikan data akreditasi sekolah sudah di approve oleh admin, segera sinkronkan aplikasi dapodik agar perubahan data akreditasi sekolah bisa turun ke lokal dapodik. Hasil perbaikan data akreditasi sekolah akan muncul di menu data rinci sekolah pada tab akreditasi. Selamat mencoba.

6 comments:

  1. saye sampai saat ini belum di aproove atau diverval padahal udah saya masukan data sk akreditasi dan sk pendirian

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak informasi nya...

    ReplyDelete
  3. maaf agak menyimpang saya mau cetak sertifikat NPSN, tapi pas saya bka menu tidak ada tampilan spt yang ada di blog. yang say baca, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sertifikat npsn adanya di menu admin kabupaten. terima kasih sudah berkunjung. semoga bs membantu

      Delete
  4. menu akreditasi tidak muncul di vervalsp akun sekolah sya, apakah akreditasi sudah tidak diperbaiki melalui vervalsp atau bagaimana?? sedangkan diwebsite sekolah kita terdetek Akreditasi Sekolah Belum Akreditasi. mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  5. Verval sp muncul perbaiki data ijin operasiona..bukan akreditasi sekolah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.