Sunday, August 18, 2019

Contoh SK Visi dan Misi Sekolah

Contoh SK Visi dan Misi Sekolah
Kotler (dalam Nawawi, 2000: 122) berpendapat bahwa visi merupakan suatu pernyataan tentang tujuan organisasi yang ditampilkan dalam pelayanan dan produk yang ditawarkan dan dikampanyekan yang biasanya berupa cita-cita masa mendatang, nilai-nilai suatu aspirasi, kebutuhan yang dapat dipenuhi, pelayanan kelompok masyarakat.

Sedangkan menurut Wibisono (2006: 43), visi adalah serangkaian katakata bahkan rangkaian kalimat mengungkapkan impian, citacita, rencana, harapan sebuah perkumpulan, perusahaan, organisasi yang ingin dicapai di masa mendatang. Visi juga dapat dikatakan sebagai sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk organisasi demi menjamin kesuksesan dan kelestarian organisasi/ perusahaan jangka panjang. Dengan kata lain dapat diekspresikan visi merupakan ‘want to be’ dari perkumpulan, perusahaan ataupun organisasi.

Salusu (2015: 83) menyatakan bahwa visi merupakan gambaran, penglihatan, yang mungkin dapat direalisasikan dalam kurun waktu yang relatif lama. Visi tersebut harus menyebutkan jangka waktu pencapaian karena desakan kemajuan informasi teknologi dan komunikasi. Visi dapat dirumuskan oleh sekelompok kecil orang. Rumusan awal bisa berasal dari seorang pemimpin atau pakar. Dari kelompok kecil itu lahir rumusan yang lebih baik kemudian didiskusikan dalam forum yang lebih luas sehingga visi itu menjadi milik bersama.

Jika visi adalah suatu pandangan jauh tentang organisasi, tujuannya dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Maka misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan misi.

Secara umum misi adalah alasan keberadaan, misi sebagai deskripsi tentang apa yang hendak dicapai dan untuk siapa. Misi organisasi sering dipandang sebagai tujuan fundamental dan unik yang menunjukkan perbedaan suatu organisasi dengan organisasi yang lain sejenis dan mengidentifikasi cakupan (scope) organisasinya. Bertitik tolak dari pandangan tersebut misi merupakan alasan bagi keberadaan sebuah organisasi yaitu alasan keberadaan sekolah, karena itu sekolah memiliki kebutuhan khusus untuk mengkomunikasikan misi dan mengartikulasikan tujuan, target dan ukuran yang menjadi dasar penilaian kinerjanya.

Visi dan Misi sangat diperlukan oleh sekolah dalam memberikan arah tentang apa yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Visi dan misi sekolah harus disusun berdasarkan dinamika dan tuntutan perkembangan zaman sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, Tim Pengembang Sekolah harus merumusakan visi dan misi sekolah secara berkala setiap tahunnya.

Visi dan misi yang dirumuskan melalui musyawarah Tim Pengembang Sekolah harus ditetapkan melalui SK kepala sekolah. Hal ini dimaksudkan sebagai salah satu bentuk legalitas kebijakan sekolah terhadap pengelolaan sekolah yang dipimpinnya. Adapun contoh SK Visi dan Misi Sekolah dapat diunduh pada link yang sudah kami sediakan berikut ini.
Download Contoh SK Visi dan Misi Sekolah 
Perumusan misi dimaksudkan untuk pencitraan bagaimana seharusnya sekolah bereksistensi. Proses merumuskan visi dimulai dengan ide-ide kreatif atau dengan menciptakan ide-ide baru dengan menggali dari tuntutan lingkungannya. Penetapan visi harus pula melihat kemampuan dan keadaan internal organisasi.  Perumusan visi misi organisasi harus dilakukan secara cermat dengan memperhatikan karakteristik rumusan visi misi tersebut.

Misi merupakan tugas sekolah untuk mewujudkan visi lembaga yayasan dan sekolah, yang umumnya ditandai dengan kata mewujudkan. Perumusan visi dan misi sekolah berfungsi sebagai acuan dan mempermudah penetapan kebijakan-kebijakan sekolah, karena visi dan misi merupakan gambaran atau cita-cita ke depan sekolah. Visi dan misi sebagai arah pijakan melaksanakan kebijakan sekolah.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.