Tuesday, May 14, 2019

Contoh SK Program PPLH (Sekolah Adiwiyata)

SK Program PPLH (Program Adiwiyata)
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata mengisyaratkan agar sekolah berpartisipasi dalam mewujudkan pendidikan yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Bentuk partisipasi tersebut adalah dengan mengintegrasikan program Adiwiyata ke dalam kurikulum sekolah. Oleh karena itu, sekolah perlu menentukan dan menyusun program pendidikan yang berbasis lingkungan.

Agar pelaksanaan program Adiwiyata tersebut berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku, maka dipandang perlu ditetapkan dalam sebuah  surat keputusan kepala sekolah sebelum program tersebut diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah.

SK Program PPLH harus mencamtumkan urgensi maksud dan tujuan pembuatan SK tersebut. Selanjutnya, dalam SK Program PPLH juga harus menyertakan landasan hukum sebagai pertimbangan pembuatan SK.

Setelah itu perlu dicantumkan yang menjadipoin-poin keputusan dalam SK Program PPLH tersebut seperti bentuk dan jenis program PPLH yang akan diselenggarakan oleh sekolah secara garis besar termasuk sumber dana guna membiayai penyelenggaraan program PPLH tersebut.

Sebagai tambahan, akan lebih baik jika SK Program PPLH tersebut diberi lampiran yang berisi detail bentuk dan kenis kegiatan dalam program PPLH yang mencakup 4 komponen adiwiyata seperti aspek kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, aspek kurikulum sekolah berbasis lingkungan, aspek kegiatan sekolah berbasis partisipatif, dan aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.

Sebagai bahan pertimbangan pembuatan SK Program PPLH, berikut ini kami berikan contoh SK Program PPLH yang bisa diunduh pada link di bawah ini.
Download Contoh SK Program PPLH (Sekolah Adiwiyata)
Perlu diingat bahwa pembuatan SK Program PPLH tersebut harus dimusyawarahkan dengan stakeholder sekolah, terutama komite sekolah karena nantinya masing-masing stakeholder sekolah memiliki peran masing-masing dalam mewujudkan sekolah yang ramah lingkungan.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.