Wednesday, May 2, 2018

Download RPP IPA KTSP Kelas 6 SD Materi Perpindahan dan Perubahan Energi Listrik (Dilengkapi LK Siswa, Evaluasi dan Kunci Jawaban)

RPP atau lesson plan merupakan salah satu berkas administrasi guru yang harus secara rutin dikerjakan sebagai persiapan pelaksanaan pembelajaran. RPP menjadi salah satu instrument dalam pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah. Oleh karenanya, guru harus mempersiapkan RPP sebaik mungkin sesuai dengan silabus dan program semester yang sudah ditentukan sebelumnya.

Pada dasarnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Setiap guru berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Penyusunan RPP harus berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru dapat merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan. RPP yang lengkap dan sistematis harus memuat identitas mata pelajaran, standa kompetensi atau kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran (pendahuluan, inti, penutup), penilaian hasil belajar dan sumber belajar.

Penyusunan RPP untuk kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tidak jauh berbeda karena pada esensinya sama. Berikut ini sajikan contoh RPP KTSP IPA Kelas 6 materi  Energi Listrik yang sudah dilengkapi dengan lembar kerja siswa, soal evaluasi dan kunci jawaban. Bagi pengujung  yang ingin mendownload bisa diunduh pada link di bawah ini.


Download RPP KTSP IPA Kelas 6 SD Materi Perpindahan dan Perubahan Energi Listrik 
RPP yang sudah dibuat oleh guru tersebut kemudian dijadikan pedoman dan panduan dalam melaksanakan pembelajaran. Dengan adanya RPP maka guru dapat dengan mudah menyampaikan materi sesuai dengan proporsi waktu yang telah direncanakan.

RPP bisa dibuat pada awal semester. Tapi RPP bisa dibuat seminggu sekali dengan mempertimbangkan keberadaan kepala sekolah yang bertugas di sekolah. RPP yang telah dibuat oleh guru biasanya akan diperiksa oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah pada saat apel administrasi atau supervisi pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus senantiasa menyiapkan berkas administrasi RPP tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.