Friday, March 2, 2018

Download Installer dan Updater Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0.

Respon cepat ditunjukkan oleh Ditjen Dikdasmen Kemendikbud RI terkait dengan keluhan banyaknya bugs pada aplikasi Dapodik Versi 2018b dan Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 1.0 sehingga menganggu kenyamanan operator dapodik dalam melakukan pemutakhiran data semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Tak ingin menunggu waktu lama, tepat tanggal 28 Februari 2018 kemarin akhirnya direlease aplikasi dapodik versi 2018b patch 2.0 sebagai pengganti aplikasi 2018b patch 1.0.

Dengan adanya pembaharuan Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0 ini maka sekolah diharapkan segera melakukan pembaharuan aplikasi dapodiknya. Peran kepala sekolah dalam hal ini diperlukan sebagai pimpinan dan manajer di sekolah agar mengontrol dan memantau dalam pengelolaan data pokok pendidikan ini. Kepala sekolah perlu memantau apakah operator dapodik sudah melakukan pembaharuan dapodik atau belum.

Ada dua jenis file pembaharuan yang bisa dipakai oleh operator dalam mengupdate aplikasi dapodik yang digunakan karena Ditjen Dikdasmen menyediakan installer dan updater (patch).  Installer Aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0 berukuran 62,2 MB, namun saat diunduh ukuran file akan berubah menjadi 63,7 MB. Sedangkan updater (Patch) 2.0 yang disediakan berukuran 5,98 MB atau 6,127 MB saat diunduh. Ditjen Dikdasmen menyediakan lebih dari 25 link unduhan installer dan updater aplikasi dapodik versi 2018b Patch 2.0. Baik installer dan updater aplikasi Dapodik Versi 2018b Patch 2.0 dapat didownload pada link berikut ini.


Jika menggunakan installer aplikasi dapodik versi 2018b maka aplikasi dapodik yang sudah terpasang di laptop harus di copot atau diuninstall terlebih dahulu. Setelah itu baru dipasang atau diinstal aplikasi dapodik yang baru. Karena menggunakan installer maka operator juga harus  melakukan registrasi aplikasi dapodik lagi baik secara online maupun offline. Jika melakukan registrasi secara offline maka operator harus mengunduh prefill terlebih dahulu, jangan menggunakan prefill dapodik yang lama karena akan merusak database aplikasi dapodik. Namun jika melakukan registrasi online maka tidak perlu menggunakan prefill dapodik.

Jika operator menggunakan updater (patch) untuk memperbaharui aplikasi dapodik, maka aplikasi yang lama yang terpasang di laptop tidak perlu diuninstall, cukup ditindih saja. Proses instalasi aplikasi dapodik versi 2018b patch 2.0 yang menggunakan updater tidak memerlukan registrasi lagi. Begitu selesai instalasi, operator langsung bisa login ke dalam aplikasi menggunakan username dan password masing-masing.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.