Thursday, January 18, 2018

Inilah Cara Mengecek Penyaluran Dana PIP (Program Indonesia Pintar) secara online

Program Indonesia Pintar
PIP adalah Program Indonesia Pintar yang merupakan salah satu program unggulan di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini. Sebetulnya program ini hampir sama dengan program BSM pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun saat ini program BSM menjadi bagian dari PIP yang sudah diluncurkan sejak tahun 2015 yang lalu.

Program Indonesia Pintar merupakan pemberian bantuan tunai pendidikan kepada seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) yang menerima KIP, atau yang berasal dari keluarga miskin dan rentan (misalnya dari keluarga/rumah tangga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera/KKS) atau anak yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Program Indonesia Pintar melalui KIP merupakan bagian penyempurnaan dari Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) sejak akhir 2014.
Infomasi Pencairan PIP Sekolah Dasar Baca Disini dan untuk operator SD login disini
Program Indonesia Pintar ini disalurkan secara bertahap dengan skala prioritas. Pemerintah bekerja sama dengan Bank tertentu guna pencairan dana PIP tersebut. Bagi mereka yang memiliki Kartu Indonesia Pintar akan memperoleh prioritas utama dalam penyalurannya. Artinya para pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan disalurkan dananya pada tahap-tahap awal penyaluran dana PIP.

Pogram Indonesia Pintar ini juga terintegrasi dengan dapodik, dimana data layak dan tidak layak diambil dari database peserta didik di aplikasi dapodik. Data dan nomer rekening penyaluran dan pencairan dana PIP juga langsung tertera di aplikasi dapodik.

Untuk mengecek dan mengetahui progress penyaluran dan pencairan dana PIP, pemerintah sudah menyediakan layanan Sistem Informasi Program Indonesia Pintar atau sering disebut sebagai SiPintar yang bisa diakses secara online oleh siapa saja. SiPintar dapat diakses di halaman www.sipintar.web.id . Dalam halaman Sistem Informasi Program Indonesia Pintar (SiPintar) tersebut dapat kita ketahui perkembangan pencairan dan penyaluran dana PIP sejak mulai tahun 2015 hingga tahun 2017 baik pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Penyaluran dana PIP bisa dilacak per wilayah propinsi, kabupaten/kotamadya dan kecamatan. Di samping itu penyaluran dana PIP juga bisa cek per satuan pendidikan. Sehingga nanti akan terlihat berapa siswa yang berhak memperoleh saluran dana PIP dan berapa siswa yang sudah mencairkan dana di Bank yang bekerja sama dengan pemerintah dalam hal penyaluran dan pencairan dana PIP. Pada akhirnya akan terlihat prosentase dana yang sudah dicairkan pada masing-masing satuan pendidikan.

Lalu bagaimana cara mengecek penyaluran dana PIP? Untuk mengecek dan mengetahui penyaluran dan pencairan dana PIP dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Sambungkan perangkat komputer atau laptop dengan jaringan internet
2. Buka web browser dan ketikkan alamat www.sipintar.web.id atau Klik Tautan Ini

3. Klik tab menu Penyaluran Dana PIP 2017 pada sidebar, Klik Per Satuan Pendidikan

4. Kemudian pilih dan klik jenjang pendidikan


5. Cari nama propinsi asal satuan pendidikan kemudian klik Detail

6. Cari nama  Kabupaten/Kota asal satuan pendidikan lalu Klik Detail

7. Cari nama Kecamatan asal satuan pendidikan lalu klik Detail



8. Cari nama sekolah atau satuan pendidikan, akan muncul rekap data penerima PIP.


9. Klik Detail jika ingin mengetahui nama-nama siswa penerima PIP baik yang belum dicairkan maupun yang belum dicairkan


Namun sayang username dan password sepertinya tidak diketahui oleh rekan-rekan operator. Saya pribadi belum mengetahui username apa yang dipakai sebagai data login satuan pendidikan di Sistem Informasi Program Indonesia Pintar (SiPintar) ini. Saya mencoba menggunakan username dan password dapodik ternyata juga tidak bisa. Semoga ke depan akan ada sosialisasi PIP ke sekolah-sekolah.

Update!!
Untuk mengecek SK Penerima PIP Tahun 2019 bisa di cek di link ini 

43 comments:

  1. Maaf, apakah bisa cekkan kartu kip anak saya..

    ReplyDelete
  2. Maaf cekan juga KIP ank sy,soalnya blm d ambil,tp temen d sekolah nya sdh d ambil bln Agustus thun 2018,apakah punya ank sy bisa d ambil,krena wktu kemaren sy berhalangan, nm ank sy Zahwa Aulia Serra

    ReplyDelete
  3. Anak2 yg lainya sudah dapat tapi anak saya dhita amelliya sd gunungdani kec pengasih kel karangsari kab kulonprogo,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konfirmasi ke pihak sekolah. Apakah anak bapak termasuk dalam SK Penerima PIP apa tidak.

      Delete
  4. Nama anak saya Hendra agus setiawan dr SD 02 Banglarangan kec ampelgading kab pemalang juga blm cair dananya padahl dr sejak klas 2 sudah di suruh ngumpulin data dari kk , ktp , kip mlh ank saya juga di suruh tanda tangan tp smp skrg anak saya kls 4 blm cair juga dana nya hnya pas kls 1 cair nya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di konfirmasi ke pihak sekolah. Pastikan No KIP nya sudah diinput di Dapodik. Faktor lainnya adalah pihak Bank selaku yang mencairkan. Alur pencairan dimulai dari SK Penerima PIP, selanjutnya sekolah melengkapi berkas pencairan dan disrahkan ke Bank. Bank akan memberivikasi dan memberikan jadwal pencairan.

      Delete
    2. Mohon di cek lagi penerima PIP di SDN 02 Banglarangan ,kecamatan ampelgading pemalang mereka yang dapat justru orang mampu semua yang rumahnya saja udah berlantai dua alias tingkat dan punya mobil serta pegawai negri dan juga berpengusaha dan tidak punya kartu indonesia pintar bisa lolos dan dapat bantuan sedang seperti anak saya yang ibu bapaknya kerja serabutan tidak dapat bntuan dan jelas punya kartu indonesia pintar ? Apa ini yg namanya tepat sasaran bantuan yg seharusnya buat orang tidak mampu tp yg dapat justru mereka yg berkecukupan penghasilnnya dasn punya usaha konfeksi dan dagang juga pegawai negri yg punya rumah tingkat dan bermobil. Mohon di evalusi lagi pak data yg ada sekarang dan di cocokan dengan info yg saya beri ini mkasih.

      Delete
    3. Apakah Ibuk Memilki Kartu KIP/KKS/PKH ?

      Delete
  5. Punteun ada ttngga sy yg anak'y mendapat KIP,cra pencairan'y bgimna yh sedangkan ank tsb bersekolah d tingkat Madrasah Aliyah negri,dan pihak sekolah kty tdk ngurusin KIP.

    ReplyDelete
  6. Sy orang tua damai kls 2sd di sd karawaci 6 sy penerima kartu kks dan pkh tp ko anak sy tdk dpt pip ya,sy coba konfirmasi sm pihak sekolah nya kt opeeator nya dia blm ada perintah untuk penambahan pip baru

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum,
    Saya mau tanya tahun lalu Uang Pip saya sudah cair tetapi saya belum mengambilnya karena masalah jarak ketempat bank, tetapi yang mau saya tanyakan apakah uang saya masih bisa diambil di bank tersebut untuk tahun ini?? Karena saya sangat membutuhkan uang tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. Bisa dikonfirmasi sama pihak Bank. Jika uang sudah berada di rekening, biasanya akan tetap di rekening.

      Delete
  8. Pagi maaf pak/ibu. Saya mau tanya anak saya Aji Oktaviansyah kelas 5. Saya mau tnya dana PIP anak saya cma cair 1x pas pertma x klas4 450000. Tpi stlh tu buku nya mau dganti jdi atm. Tpi smpai skrg tdk da kabar lgi dr sekolah smpai skrg. Kira2 saya hrus bgmn yaa pak/bu krn saya mau ambil uang dr PIP. Trims atas jawbnny?

    ReplyDelete
  9. tolong cekkan kartu pip anak saya.
    arfa.
    kalimantan barat.
    SD no4 pemangkat.
    dduk di bangku 2 SD.
    APAkah dana pencairan pip nya sudah keluar .

    ReplyDelete
  10. Kepada siapa saya harus menghubungi untuk mengeatahui No Virtual PIP SMALB, sedangkan ke prov. engga ada jawaban.

    ReplyDelete
  11. Mf sy ingin bertanya dana pip thun 2019 in apa kah sdah cair atau belum
    Trimakasih

    ReplyDelete
  12. KEnapa anak saya tidak dpt dana pip. Atau kip..? Padahal gaji sya cuma 500/bln. Dr kurang lebih 180 jumlah siswa di sdn 215 kec. Kertapati palembang. Yg mendapatkan 113 siswa. Sisa nya tidak dapat termasuk anak saya. Bagaimana cara nya agar anak sya bisa dapat dana tersebut? Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Bpk/ibu yang saya hormati, penerima PIP adalah mereka yang memiliki KIP dan terdaftar di BDT Dinas Sosial. Selain pemegang kartu KIP juga bisa memperoleh PIP yaitu mereka yang punya kartu PKH. Nah selain itu siswa yatim/piatu, miskin, dan terdampak bencana juga bisa memperoleh PIP. Saran saya, Bpk/Ibu datang ke sekolah, ketemu sama KS dan Operator Dapodik agar diusulkan memperoleh PIP melalui jalur non KIP. oh ya, tanyakan operator dapodiknya, data Gaji Ortu di Dapodik diisi berapa kok bisa sampai tdk memperoleh PIP.

      Delete
  13. Maaf apakah dana pip akan ttp cair setiap thn nya walaupun tdk pnya kip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama data di aplikasi dapodik sekolah masuk dalam kriteria penerima, biasanya akan tetap memperoleh alokasi hingga lulus sekolah. Biasaya penerima non-kip masuk pada tahap=tahap akhir setiap tahunnya. Prioritas utama para pemegang KIP. KPS dan PKH. Semoga bisa membantu. Untuk lebih jelasnya bisa konfirmasi ke pihak sekolah. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  14. Kapan dana kip 2019 cair wilayah palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koordinasikan dengan pihak sekolah. SK Per tahap diinformasikan ke pihak sekolah.

      Delete
  15. Anak saya mulai kls1 sampai sekarang tidak pernah dapat bantuan pip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungi pihak sekolah, apakah sudah diusulkan lewat dapodik apa blm?

      Delete
  16. Apakah kip wilayah sukoharjo udah cair?

    ReplyDelete
  17. Kenapa bisa abk pns bisa menerima pip

    ReplyDelete
  18. Usernam : NPSN Password : Kodreg ini yg penting: Browsernya harus MOZILLA

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum
    Saya mau tanya.. waktu tahun 2015 saya mendapatkan dana pip saat saya masih kelas 1 SMA dan saya di beri buku tabungan oleh pihak bank BNI sejumlah 500 ribu.. setelah lama sampai tahun 2019 tidak ada informasi mengenai apakah dana tersebut sudah cair atau belum...kita harus tanya kemnaa pihak bank atau pihak sekolah

    ReplyDelete
  20. Anak saya sejak kls 1sd hingga kls 3sd sudah megang kartu KIP tapi kenapa sampai sekarang dananya belum cair padahal sudah saya laporkan ke pihak sekolah,mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  21. Halo. Detail nama kalibaru 3

    ReplyDelete
  22. Dana pip d pegang guru sdangkn wali murid kl butuh keperluan anak misal sepatu atau tas dll harus pake nota dulu baru d kasih uang pip ny.. itu gmn ya mohon bntuannya.. bukanyya dana itu gury gak berhak megang? Atau gmn .. sy bingung soalny sekolh" yg lain bs lngsung d ambil wali murid dan bs lngsung d gunakan untuk kprluan skolh

    ReplyDelete
  23. anak saya sudah menerima dana KIP lewat bank...apakh bisa ngecek langsung ke bank dengan buku SIMPEL nya

    ReplyDelete
  24. Di kebayoran baru jakarta selatan KIP siswa siswi SD apakah sudah keluar pencairan dananya?

    ReplyDelete
  25. Sewaktu kls 6 sd anak saya dpt bantuan KIP 450rb 2X pencairan,tp kenapa pas anak saya masuk SMP KIPnya dinon aktipkan?saya benar2 keluarga mampu,suami kerja serabutan dpt rezeki lo ada kerjaan,saya jualan sosis bakar,itupun modal pinjaman,tp sekarang takut tuk jualan karena covid19,saya belum pernah dapat bantuan apapun,tolong

    ReplyDelete
  26. Apakah bisa KIP anak saya diaktipkan lagi?

    ReplyDelete
  27. Mau tanya anak saya a/n agung putra wahana dan nama saya desi purnamasari kenapa belum cair pip nya sementara yang lainnya sudah cair trims 🙏🙏

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.