Saturday, December 2, 2017

Mengenal Lebih Dekat Tentang Sistem Komputer (Computer System)

Sistem Komputer
Perangkat komputer yang kita beli baik secara online maupun yang kita beli di toko komputer tidak langsung dapat digunakan begitu saja. Suatu komputer hanya bisa digunakan apabila komputer tersebut memiliki sutau sistem yang saling mendukung satu sama lain. Sistem tersebut sering kita kenal dengan sistem komputer. Pendek kata, komputer bisa kita gunakan apabila ada sistem yang mengatur komputer tersebut sesuai dengan fungsi dan perannya masing-masing. Lalu, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan sistem komputer?

Bagi mereka yang berkecimpung di dunia teknologi informasi dan komunikasi,tentunya  istilah sistem komputer bukan merupakan suatu istilah yang asing. Namun bagi orang awam atau yang hanya sekedar pengguna komputer pribadi istilah sistem komputer perlu penjelasan lebih mendetail bagi mereka agar bisa dipahami.

Istilah Sistem komputer berasal dari dua kata, yaitu sistem dan komputer. Kata sistem merupakan terjemagah dari bahasa Inggris system. Sementara itu, ada pendapat yang mengatakan bahwa system berasal dari bahasa Latin yaitu systema. Namun ada juga yang beranggapan bawah System berasal dari bahasa Yunani sustema. Kedua kata tersebut mempunyai makna harfiah yaitu  suatu kesatuan terdiri dari berbagai komponen yang dihubungkan secara bersama-sama agar memudahkan aliran-aliran  informasi, materi dan energi. Di samping itu, sistem juga diartikan sebagai suatu kesatuan bagian yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya dan berada pada suatu area tertentu yang mempunyai object-object tertentu yang berfungsi sebagai penggerak.

Sedangkan komputer didefinisikan sebagai suatu alat yang digunakan dalam pengolahan data menurut tata cara dan prosedur yang telah dirumuskan. Semula istilah komputer dipakai untuk menggambarkan pekerjaan seseorang  dalam hal hitung menghitung yang menggunakan alat bantu maupun tidak, namun kemudian arti kata ini mengalami perubahan menjadi alat tersebut.
Baca : Pengertian Komputer Menurut Para Ahli
Dengan demikian, dari kedua pengertian tersebut dapat diambil suatu kesimpulan bahwa sistem komputer merupakan berbagai elemen yang terkait satu sama lain untuk menjalankan aktifitas dengan memanfaatkan komputer. Bagian-bagian penting dalam sistem komputer tersebut terdiri dari hardware, software, brainware dan  sekumpulan instruction set.

Dari pengertian tersebut dapat dijelaskan bahwa sistem komputer adalah kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi antara satu dengan yang lainnya dalam pengolahan data, yang pada akhirnya dapat menghasilkan informasi tertentu sesuai harapan penggunanya. Perangkat yang terdapat pada sistem komputer adalah hardware, software dan brainware.
Baca : Elemen-elemen pada Sistem Komputer yang Harus Diketahui
Perangkat-perangkat tersebut berkerja bersama sesuai dengan fungsinya masing-masing. Perangkat-perangkat pada sistem komputer tersebut saling bergantung dan mendukung satu sama lain. Jika salah satu perangkat tidak dapat melaksanakan fungsinya maka akan mempengaruhi kerja perangkat lainnya. Hardware tidak akan dapat bekerja sesuai fungsinya bila tidak ada software dan brainware yang mendukungnya dan begitu juga sebaliknya.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.