Saturday, December 2, 2017

Inilah Elemen-elemen pada Sistem Komputer yang Perlu Diketahui

Sebagaimana kita ketahui bahwa komputer hanya bisa digunakan untuk menginput, mengolah, memproses dan menghasilkan data apabila berupa suatu sistem yang sering dikenal dengan sebutan sistem komputer. Jadi, dengan adanya suatu sistem komputer akan memungkinkan penggunaan komputer secara maksimal . Komputer tersebut tidak bisa dipakai apabila hanya berupa suatu alat saja.
Baca : Mengenal Lebih Dekat Tentang Sistem Komputer
Secara umum sistem komputer terdiri dari beberapa elemen atau bagian penting yang saling berkaitan satu sama lain. Elemen-elemen atau bagian penting pada sistem komputer yang harus diketahui sebagaimana disajikan pada gambar di bawah ini.

Elemen pada Sistem Komputer

1. Hardware (Perangkat Keras)
Bagian terpenting pada sistem komputer adalah adanya hardware atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai perangkat keras. Dikatakan perangkat keras karena secara fisik wujudnya tampak nyata, dapat dipegang dan biasanya berupa benda yang memliki tekstur keras. Hardware pada sistem komputer merupakan perangkat komputer itu sendiri. Hardware pada sistem komputer meliputi input device, output device, storage device dan processing device. 

2. Software (Perangkat Lunak)
Elemen penting lainnya pada sistem komputer adalah software atau sering disebut juga dengan perangkat lunak. Software pada sistem komputer disajikan berupa program atau aplikasi tertentu yang harus terpasang atau terinstal pada hardware. Program atau aplikasi tersebut merupakan serangkaian instruksi atau perintah tertentu guna menyelesaikan kegiatan pemrosesan data pada sistem komputer yang dijalankan. Software pada sistem komputer biasanya terdiri dari sistem operasi,  program aplikasi, utility program dan language program. Sistem operasi contohnya Windows, Linux dan Mac/Os. Sedangkan program aplikasi contonya aplikasi perkantoran, aplikasi desian grafis, aplikasi permainan/games, aplikasi database, aplikasi audio visual, dan sebagainya.

3. Brainware (Pengguna)
Elemen lain yang tak kalah pentingnya dalam sistem komputer adalah brainware yaitu manusia selaku pengguna sistem komputer yang terlibat langsung ataupun tidak langsung dalam pengoperasian sistem komputer. Jika tidak ada manusia selaku computer user maka komputer juga tidak dapat digunakan. Secanggih apapun perangkat komputer yang dibuat oleh manusia, pasti membutuhkan campur tangan manusia dalam pengoperasiannya. Brainware pada sistem komputer contohnya adalah programmer, operator, analis sistem, administrator  dan lain sebagainya.

Baik hardware, software dan brainware tidak dapat bekerja sendiri-sendiri. Semuanya harus bekerja bersama dan saling mendukung satu sama lain agar sistem komputer dapat bekerja secara maksimal. Jika salah satu dari elemen tersebut mengalami kendala, maka komputer sebagai suatu sistem tidak dapat digunakan

1 comment:

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.