Tuesday, October 17, 2017

Inilah Perbedaan Installer dan Updater Aplikasi Dapodik Versi 2018a

Installer dan Updater Aplikasi Dapodik Versi 2018a

Tanggal 13 Oktober 2017 yang lalu, Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI melalui Tim Dapodikdasmen secara resmi telah meluncurkan aplikasi dapodik versi 2018a. Aplikasi dapodik tersebut merupakan aplikasi terbaru yang wajib digunakan oleh para pengguna dapodik. Aplikasi Dapodik versi 2018a merupakan aplikasi baru untuk menggantikan aplikasi dapodik versi lawas yaitu aplikasi dapodik versi 2018.

Tujuan utama direleasenya aplikasi dapodik versi terbaru (versi 2018a) adalah untuk memperbaharui dan memperbaiki beberapa fitur dan menu dalam aplikasi dapodik serta mengatasi beberapa macam bugs yang muncul pada aplikasi dapodik versi sebelumnya. Dengan direleasenya aplikasi dapodik versi 2018a ini menunjukkan bahwa Tim Dapodikdasmen senantiasa berupaya untuk mengembangkan dan meningkatkkan kinerja aplikasi dapodik sesuai dengan tuntutan dinamika perubahan semua stakeholder pendidikan.

Dalam pengumuman release aplikasi dapodik versi 2018a, Tim Dapodikdasmen menyampaikan bahwa aplikasi dapodik versi 2018a yang diluncurkan ada dua jenis, yaitu berupa installer dan updater/patch aplikasi dapodik versi 2018a. Pengguna dapodik diharapkan dapat dengan bijak menggunakan salah satu jenis aplikasi dapodik versi 2018a tersebut sesuai dengan kondisi di lapangan.

Antara Installer dan updater aplikasi dapodik versi 2018a ini mempunyai beberapa perbedaan yang perlu mendapat perhatian dari rekan-rekan operator pengguna aplikasi dapodik. Beberapa perbedaan installer dan updater aplikasi dapodik 2018a yaitu

1. File Size (Ukuran File)
Installer dan Updater Aplikasi Dapodik Versi 2018a mempunyai file size yang berbeda. Installer Aplikasi Dapodik 2018a mempunyai file size yang lebih besar daripada updater/patch aplikasi dapodik versi 2018a. Installer aplikasi dapodik 2018a mempunyai ukuran file sebesar 59.242 kb atau setara dengan 59,2 MB. Sedangkan updater/patch aplikasi dapodik 2018a mempunyai file size 29.924 kb (29,9 MB).

2. Proses Instal Aplikasi (Cara Instal Aplikasi)
Di samping perbedaan file size, installer dan updater aplikasi dapodik 2018a juga mempunyai perbedaan dalam hal perlakukan saat proses menginstal aplikasi. Untuk menginstal installer aplikasi dapodik 2018a maka aplikasi dapodik yang lama yang terpasang harus diuninstal terlebih dahulu. Jika aplikasi dapodik yang lama sudah dicopot dari laptop atau komputer, maka installer aplikasi dapodik 2018 baru boleh diinstal. Selain itu, pengguna komputer juga harus memastikan sudah pernah melakukan sinkronisasi data menggunakan aplikasi lawas sehingga ada database di server pusat. Sedangkan updater aplikasi dapodik 2018a tidak perlu menginstal aplikasi dapodik versi lawas yang terpasang di laptop atau komputer. Artinya, updater/patch aplikasi dapodik 2018a bisa langsung diinstal.
Baca : Cara Sukses Instal dan Update Aplikasi Dapodik Versi 2018a
3. Registrasi Pengguna
Perbedaan selanjutnya antara installer dan updater aplikasi dapodik versi 2018a adalah terletak pada perlu tidaknya registrasi pengguna dapodik. Jika menggunakan installer aplikasi dapodik 2018a maka setelah berhasil menginstal aplikasi dapodik, pengguna diharuskan melakukan registrasi baik secara online maupun offline. Namun jika menggunakan updater/patch aplikasi dapodik versi 2018a maka pengguna tidak perlu melakukan registrasi karena sudah bisa langsung login saat berhasil melakukan install aplikasi dapodik.
Baca : Cara Registrasi Aplikasi Dapodik secara Online dan Offline
Itulan beberapa perbedaan antara installer dan updater aplikasi dapodik versi 2018a yang perlu diketahui oleh rekan-rekan operator dapodik. Meskipun sepele, namun terkadang justru membuat gagal saat melakukan install aplikasi dapodik versi 2018a.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.