Tuesday, October 17, 2017

Cara Sukses Instal dan Update Aplikasi Dapodik Versi Terbaru (Versi 2018a)

Cara Instal dan Update Aplikasi Dapodik Versi 2018a
Aplikasi Dapodik versi terbaru telah diluncurkan secara resmi oleh Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI. Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diluncurkan yaitu berupa installer dan updater. Aplikasi dapodik versi yang terbaru adalah aplikasi dapodik versi 2018a sebagai pengganti aplikasi dapodik versi 2018. Aplikasi dapodik versi 2018a ini diluncurkan tanggal 13 Oktober 2017.

Aplikasi Dapodik versi terbaru ini dimaksudkan sebagai upaya untuk memperbaiki dan memperbaharui beberapa fitur yang ada pada aplikasi Dapodik sehingga lebih nyaman digunakan oleh para pengguna aplikasi dapodik. Hal ini didadasari pada beberapa laporan terkait adanya bugs pada aplikasi dapodik versi lama (versi 2018). Oleh karena itu dikembangkan lagi ke versi terbaru untuk menanggulangi beberapa permasalahan yang timbul pada aplikasi dapodik versi lawas tersebut.

Karena ada dua jenis aplikasi dapodik versi 2018 (installer dan updater) maka pengguna dapodik harus bijak dalam melakukan install dan update aplikasi dapodik versi terbaru. Jika yang digunakan adalah berupa updater aplikasi, maka aplikasi lama yang terinstal pada komputer atau laptop tidak perlu dicopot atau diunisntal terlebih dahulu. Namun hanya perlu ditindih menggunakan updater yang sudah disediakan oleh portal resmi Dapodikdasmen. Perlu dicatat bahwa file size dari updater aplikasi Dapodik  versi 2018a adalah sebesar 29.924kb (29,9 MB). Oleh karena itu pastikan file yang terunduh mempunyai file size sebagaimana dimaksud.

Namun jika menggunakan installer, maka aplikasi lama yang terinstal pada komputer atau laptop harus dicopot atau diunistall terlebih dahulu karena tidak bisa langsung ditindih. File installer aplikasi dapodik 2018a bisa didapatkan di halaman resmi Dapodikdasmen. Perlu diperhatikan bahwa ukuran file (File Size) dari installer aplikasi dapodik versi 2018a adalah sebesar 59.242 kb (59,2 MB). Untuk itu, pastikan file installer yang terunduh memiliki file size tersebut.
Baca : Download Installer dan Updater Aplikasi Dapodik Versi 2018a
Bagi rekan-rekan operator yang mengalami kesulitan dalam mengupdate dan menginstal aplikasi dapodik versi 2018a, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Menggunakan Updater Aplikasi Dapodik Versi 2018a

  1. Unduh updater aplikasi dapodik versi 2018a 
  2. Bersihkan cache dan history pada komputer atau laptop.
  3. Buka folder penyimpanan file updater aplikasi Dapodik versi 2018a hasil unduhan tadi.
  4. Klik kanan file kemudian pilih dan klik Run as Administrator
  5. Ikuti setiap langkah instalasi Dapodik yang sudah disediakan dengang mengklik saya setuju, ok atau lanjut.
  6. Tunggu sampai ada notifikasi instalasi berhasil lalu klik OK
  7. Restart laptop atau komputer 
  8. Buka aplikasi Dapodik versi 2018a
  9. Tekan Ctrl+F5 pada keyboard agar tampilan di beranda menunjukkan versi 2018a
  10. Aplikasi dapodik versi 2018a sudah siap digunakan.

Menggunakan Installer Aplikasi Dapodik Versi 2018a

  1. Unduh installer aplikasi dapodik versi 2018a
  2. Pastikan sudah pernah melakukan pengiriman data/sinkronisasi dapodik menggunakan aplikasi dapodik versi sebelumnya (2018)  
  3. Bersihkan cache dan history pada komputer atau laptop.
  4. Buka folder penyimpanan file installer aplikasi Dapodik versi 2018a hasil unduhan tadi.
  5. Klik kanan file kemudian pilih dan klik Run as Administrator
  6. Ikuti setiap langkah instalasi Dapodik yang sudah disediakan dengang mengklik saya setuju, ok atau lanjut.
  7. Tunggu sampai ada notifikasi instalasi berhasil lalu klik OK
  8. Restart laptop atau komputer 
  9. Buka aplikasi Dapodik versi 2018a
  10. Tekan Ctrl+F5 pada keyboard agar tampilan di beranda menunjukkan versi 2018a
  11. Aplikasi dapodik versi 2018a sudah siap digunakan.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara menginstal dan mengupdate aplikasi dapodik versi 2018a. Jangan kaget nanti ketika login pada aplikasi dapodik versi 2018a terdapat perubahan-perubahan yang membuat dapodik semakin unik dan menarik.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.