Thursday, October 5, 2017

Cara Mudah Mengecek Data PTK pada Layanan Info GTK Terbaru 2017

Cara Mengecek Data PTK pada Layanan Info GTK
Ada kebijakan baru yang dikeluarkan oleh admin Info GTK terkait dengan penerbitan SKTP bagi guru penerima Tunjangan Profesi. Kebijakan baru tersebut adalah integrasi akun UKG pada aplikasi SIM PKB Guru Pembelajar dengan layanan Info GTK hasil dari aplikasi Dapodik. Dengan demikian akun UKG pada SIM PKB Guru Pembelajar saling terkait satu sama lain.

Dengan adanya integrasi ini, maka untuk selanjutnya para guru atau tenaga pendidik yang ingin melakukan pengecekan data pada layanan Info GTK harus login terlebih dahulu melalui aplikasi SIM PKB. Namun dengan catatan, guru atau tenaga pendidik yang ingin mengecek data pada layanan Info GTK harus sudah mengisi atau melengkapi No Peserta UKG dan Nilai UKG pada menu Nilai Test dalam aplikasi Dapodik 2017.

Baca : Cara Mengisi No Peserta  dan Nilai UKG di Aplikasi Dapodik 2017

Jika tidak mengisi No Peserta UKG pada menu isian data rinci PTK yaitu pada Nilai Test dalam aplikasi Dapodik, dipastikan tidak akan bisa mengakses layanan Info GTK pada aplikasi SIM PKB Guru Pembelajar. Dampak jangka panjang juga akan mempengaruhi layak dan tidaknya guru tersebut untuk memperoleh tunjangan profesi.

Lalu bagaimana cara mengecek data PTK pada layanan Info GTK? Untuk mengeceknya cukup mudah, yang dibutuhkan hanya akun UKG pada apklikasi SIM PKB. Untuk langkah-langkahnya dapat disimak pada penjelasan berikut ini.

1. Siapkan username dan password akun UKG/SIM PKB
2. Hubungkan perangkat komputer/laptop/HP Android ke jaringan internet
3. Login ke aplikasi SIM PKB di https://paspor.simpkb.id



4. Selanjutnya pilih dan klik “Layanan Info GTK”


5. Akan muncul jendela atau tab baru berupa validasi data guru. Klik Cetak untuk mencetak validasi data guru pada layanan info GTK


6. Kemudian klik logout untuk keluar dari aplikasi SIM PKB


Cukup mudah kan? Selamat mencoba dan pastikan No Peserta UKG harus sudah terinput di aplikasi Dapodik sehingga ke depan tidak timbul permasalahan saat mencoba mengecek data guru pada layanan Info GTK.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.