Wednesday, October 4, 2017

Cara Mengisi No Peserta dan Nilai UKG pada Aplikasi Dapodik 2017

Cara Mengisi No Peserta UKG dan Nilai UKG di Dapodik 2017
Dirjen Dikdasmen terus berupaya melakukan inovasi-inovasi dan penyempurnaan fitur yanga dalam aplikasi Dapodik 2017. Penyempurnaan fitur dimaksudkan untuk berbagai kepentingan pendataan skala nasional terutama berkaitan dengan penentuan kebijakan pemerintah terhadap sekolah, peserta didik dan PTK.

Salah satu hal baru yang perlu mendapat perhatian dari para operator dapodik adalah pentingnya mengisi No Peserta UKG dan Nilai UKG (Uji Kompetensi Guru) pada data rinci PTK di aplikasi dapodik 2017. Dengan mengisi No Peserta UKG dan nilai UKG maka guru akan dengan mudah mengakses layanan infogtk.

Mulai tahun pelajaran 2017/2018, aplikasi sim PKB sudah terintegrasi dengan dapodik, sehingga untuk dapat mengakses layanan infogtk, data rinci PTK harus dilengkapi dengan No Peserta UKG dan Nilai UKG. Jika lupa, No Peserta UKG dan Nilai UKG bisa didapatkan melalui admin SimPKB di tingkat Dinas Pendidikan Kabupaten masing-maisng, yaitu mulai UKG tahun 2015 yang lalu.

Untuk menginput no peserta dan nilai UKG pada aplikasi dapodik 2017 dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Siapkan No Peserta UKG dan Nilai UKG yang akan Dientri
2. Login ke Aplikasi Dapodik

3. Pilih dan Klik tab menu GTK kemudian pilih sub menu Guru lalu pilih nama Guru


4. Pilih dan Klik "Nilai Test" pada Menu Data Rinci


5. Selanjutnya pilih dan klik Tambah lalu pilih jenis tes UKG


6. Lengkapi semua field yang diminta yang ada kemudian klik Simpan


Bagaimana, cukup mudah kan? Sebagai catatan, jika nilai UKG lupa atau tidak tahu, untuk sementara bisa diisi dengan nol dan bisa diedit dikemudian hari jika sudah mengetahui.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.