Thursday, February 27, 2020

Cara Mengerjakan Aplikasi PMP EDS Dikdasmen Versi 2020.02.07

EDS Dikdasmen Versi 2020.02.07
Sistem Aplikasi PMP EDS Dikdasmen versi 2020.02.07 secara umum bertujuan untuk menyempurnakan aplikasi versi sebelumnya sehingga mampu mendukung proses penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Ajaran 2019/2020.

Aplikasi PMP EDS Dikdasmen Versi 2020.02.07 tersebut secara resmi dikeluarkan tanggal 20 Februari 2020 sebagai pengganti Aplikasi versi sebelumnya. Aplikasi PMP versi 2020.02.07 saat ini hanya tersedia secara luring atau offline. Sehingga komputer atau laptop untuk mengerjakan kuesioner PMP ini tidak harus terkoneksi dengan internet.

Sebagai tambahan informasi bahwa aplikasi PMP EDS Dikdasmen versi 2020.02.07 ini berupa updater atau patch yang tidak perlu melakukan pencopotan (uninstal) versi sebelumnya. Yang perlu menjadi perhatian adalah aplikasi yang terbaru ini hanya kompatibel dengan Aplikasi PMP EDS Dikdasmen Versi 2019.12.18 sebelum dilakukan patching.

Lalu bagaimana cara mengerjakan EDS Dikdasmen Offline Versi 2020.02.07? Secara umum cara mengerjakan EDS Offline versi terbaru ini masih sama dengan versi sebelumnya, namun ada beberapa catatan-catatan penting dalam mengerjakan EDS Dikdasmen Offline Versi 2020.02.07. Berikut langkah-langkah mengerjakan EDS Offline Versi 2020.02.07

  1. Login EDS dengan akun Dapodik Anda.
  2. Masuk ke menu Pengaturan, submenu Manajemen Pengguna
  3. Pilih Kandidat Responden untuk semua pengguna yang menjadi responden EDS. Langkah ini harus berhasil ditandai dengan huruf berwarna hijau “Kandidat Responden Pengisi Instrumen”.
  4. Cek Kemajuan Pengisian Keseluruhan pada menu beranda bagian paling bawah.
  5. Jika sudah 100%, langsung menuju “Hitung Rapor Mutu” pada menu Rapor Mutu.
  6. Jika belum 100%, lakukan langkah-langkah berikut (lewati langkah ini jika sudah 100%):
  7. Tekan “Hitung Total Kemajuan” pada menu beranda.
  8. Tandai/Ceklist responden yang telah terpilih menjadi kandidat responden pengisi instrument.
  9. Tekan “Lanjutkan” untuk memulai proses konversi dan hitung rekap kemajuan.
  10. Cek kemajuan semua responden terpilih dan kuisioner yang belum lengkap.
  11. Input data EDS sekolah Anda sampai dengan selesai 100%.
  12. Hitung rapor mutu sekolah Anda.
  13. Lakukan sinkronisasi untuk mengirimkan hasil rapor mutu ke server.
  14. Jika Rapor mutu belum menampilkan 8 standar, tunggu 3x24 jam agar rapor mutu satandar PTK dan Sarpras terproses di server PMP. Lakukan Sinkronisasi kembali untuk melengkapi rapor mutu.
  15. Setelah hitung rapor mutu dan sinkronisasi, segera lapor kepada Pengawas Sekolah untuk dilakukan verval mutu.
  16. Lakukan sinkronisasi untuk menurunkan data verval mutu dari pengawas
  17. Lakukan Pakta Integritas oleh kepala sekolah sebagai tanda proses pendataan EDS telah selesai (data jawaban kuisioner dan rapor mutu tidak dapat diubah setelah Pakta Integritas).
  18. Cek di progress pengiriman website PMP

Beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian bagi operator sekolah saat mengerjakan aplikasi PMP EDS Dikdasmen Versi 2020.02.07 antara lain

  1. Rapor mutu untuk standar PTK dan Sarana Prasarana akan diproses di server setiap 3x24 jam. Cukup lakukan sinkronisasi untuk menarik data dari server ke Aplikasi EDS Offline di sekolah.
  2. Setelah sekolah melakukan penghitungan rapor mutu, diharapkan segera melaporkan ke pengawas yang membina sekolahnya untuk dilakukan Verval Mutu sekolah.
  3. Progres pengiriman/sinkronisasi EDS Offiline dapat dicek di laman pmp.kemdikbud.go.id pada menu Progress Data.
  4. Penjadwalan sinkronisasi EDS Offline sesuai wilayah provinsi masih tetap diberlakukan.
  5. Pendataan EDS Dikdasmen tahun ini akan berakhir pada tanggal 15 April 2020

Adanya aplikasi PMP diharapkan dapat menfasilitasi satuan pendidikan dalam penerapan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Di samping itu, dengan adanya aplikasi PMP ini juga diharapkan dapat memperkuat upaya satuan pendidikan dalam memberi pendidikan yang bemrutu berdasarkan kebututhan yang sesuai di lapangan.

Hasil dari PMP nantinya akan menghasilkan output yang digunakan sebagai peta mutu, rekomendasi program, pendampingan dan penguatan, monitoring dan evaluasi dan pelatihan terkiat peningkatan peningkatan aspek mutu.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.