Friday, August 30, 2019

Contoh Struktur Organisasi Sekolah


Struktur Organisasi Sekolah
Dalam menjalankan program kegiatan organisasi diperlukan struktur organisasi yang berisi sekumpulan orang yang memiliki kemampuan dan ketrampilan tertentu dalam organisasi tersebut.

Pengurus organisasi dibentuk dari para anggota dengan cara pemilihan atau dengan cara musyawarah. Susunan pengurus organisasi pada umumnya terdiri dari seorang ketua, dibantu oleh satu orang wakil ketua, sekretaris, dan bendahara.

Jumlah dan susunan pengurus organisasi disesuaikan dengan kebutuhan dan bidang kegiatan atau tugas yang dilaksanakan. Bila diperlukan dalam pengurus organisasi dapat dibentuk seksi-seksi yang masing-masing bertugas menangani dan melaksanakan kegiatan tertentu.

Masing-masing unsur pengurus organisasi mempunyai tugas-tugas tertentu sesuai dengan jabatannya. Dalam melaksanakan tugasnya pengurus harus saling bekerjasama dan menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah, agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik.

Begitu juga dengan sekolah sebagai suatu organsiasi pendidikan juga memerlukan struktur organisasi untuk mencapai visi misi dan tujuan sekolah. Struktur organisasi sekolah berisikan pendidik dan tenaga kependidikan yang bertugas di sekolah tersebut.

Namun dalam garis komando struktural juga perlu melibatkan kepala desa dan komite sekolah sebagai stakeholder pendidikan. Berikut ini disajikan contoh struktur organisasi sekolah yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam menyusun struktur organisasi sekolah.
Contoh Struktur Organisasi Sekolah 
Struktur Organsiasi Sekolah yang sudah disusun perlu dipajang sebagai aransi di ruang guru dan kepala sekolah. Tujuannya agar guru dan tenaga kependidikan memahami tugas dan fungsinya dalam organisasi sekolah tersebut. Struktur organisasi sekolah juga harus diperkuat dengan SK Kepala Sekolah.

1 comment:

  1. Thanks for share, semoga sukses selalu..
    Kunjungi juga http://bit.ly/2HgKufN

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.