Friday, July 19, 2019

Cara Cetak Kartu NISN di VervalPD

Kartu NISN Hasil Cetak di Verval PD
Sebagaimana diketahui bahwa (Nomor Induk Siswa Nasioal) NISN muncul pertama kali bersamaan dengan kemunculan aplikasi dapodik yang diterbitkan oleh Kemendikbud RI. Aplikasi dapodik merupakan satu-satunya aplikasi resmi yang digunakan untuk pendataan data pokok pendidikan. Pada awalnya NISN diberikan kepada siswa baru kelas 1 SD. Namun sejak tahun pelajaran 2016/2017, NISN mulai diberikan mulai dari Taman Kanak-Kanak.

NISN merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, nasional dan berlaku sepanjang masa yang dapat menjadi pembeda antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. NISN terdiri dari 10 digit angka yang bersifat unik yang dihasilkan oleh sistem secara otomatis. NISN merupakan pengkodean referensi peserta didik.

NISN diterbitkan oleh PDSP-K Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. NISN juga dikelola oleh PDSPK Kemendikbud (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Oleh karenya, NISN juga merupakan bagian tak terpisahkan dari Dapodik (Data Pokok Pendidikan)

NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) merupakan pengkodean referensi satuan pendidikan. NISN diberikan kepada siswa sejak masuk di Taman Kanak-Kanak.

Untuk dapat mendapatkan NISN caranya cukup mudah, yaitu sekolah menguculkan calon siswa penerima NISN melalui aplikasi dapodikpaudi dan aplikasi dapodikdasmen. Jika berada di bawah naungan Kemenag, maka melalui Simpatika untuk mendapatkan NISN. Data usulan tersebut nantinya harus di verifikasi dan validasi melalui portal vervalpd.data.kemendikbud.go.id

Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui halaman Verval PD telah memfasilitasi pencetakan kartu NISN. PDSP-K telah menambahkan menu Cetak Kartu NISN di halaman Verval PD. Dengan demikian pihak sekolah bisa langsung melakukan cetak kartu NISN bagi siswa yang sudah mempunyai NISN dan dinyatakan valid oleh sistem Verval PD. Jadi tidak perlu bekerja sama dengan pihak ketiga untuk melakukan cetak kartu.  Untuk melakukan cetak kartu NISN melalui halaman Verval PD bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Login seperti biasa di halaman Verval PD

2. Pilih dan Klik Menu Kartu untuk Mencetak Kartu

3. Pilih nama PD yang ingin dicetak Kartu NISN-nya lalu klik Cetak Kartu


4. Tunggu, Kartu NISN akan muncul dalam bentuk PDF dan siap untuk di print atau disimpan



6.  Lakukan langkah yang sama untuk nama PD yang lain.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara mencetak kartu NISN di halaman Verval PD? Nah, yang perlu diperhatikan adalah pastikan saat akan mencetak, NISN PD tersebut sudah valid agar ke depannya tidak muncul NISN Ganda bagi PD tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.