Sunday, April 7, 2019

Download Administrasi Guru : Perangkat Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 5 SD Semester 2

Perangkat Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 5 SD Semester 2

Selain melaksanakan tugas sebagai pendidik dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar, guru juga harus  menyiapkan perangkat pembelajaran. Beberapa perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh guru antara lain Silabus Pembelajaran, Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran

Program Tahunan yang sering disebut juga sebagai Prota, merupakan penetapan rencana alokasi waktu selama satu tahun pelajaran untuk mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar yang terdapat pada kurikulum sekolah. Program Tahunan (Prota) disusun sebagai program umum pembelajaran untuk setiap kelas atau mata pelajaran yang dikembangkan oleh guru.

Program Semester (Promes) adalah penjabaran dari Program Tahunan (Prota) yang berisikan garis-garis besar mengenai kompetensi inti dan kompetensi dasar yang akan dilaksanakan dan dicapai selama satu semester.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa diartikan sebaagi rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih

Perangkat pembelajaran sebagai tersebut di atas, merupakan salah satu bagian dari dokumen administrasi guru atau sering disebut juga sebagai buku kerja guru yang wajib dimiliki oleh setiap guru kelas, guru mata pelajaran dan guru muatan lokal.

Dengan kata lain, perangkat pembelajaran tersebut wajib dimiliki oleh setiap guru untuk setiap mata pelajaran, tak terkecuali Mulok Bahasa Jawa. Berikut ini disediakan berkas administrisi guru (buku kerja guru) untuk mata pelajaran Mulok Bahasa Jawa Kelas 5 SD Semester 2 yang bisa di Download sebagamana berikut ini.

1. Silabus Bahasa Jawa Kelas 5 SD Semester 2
2. Program Tahunan Bahasa Jawa Kelas 5 SD Semester 2
3. Program Semester Bahasa Jawa Kelas 5 SD Semester 2
4. RPP Bahasa Jawa Kelas 5 SD Semester 2

Untuk Program Tahunan, Program Semester, Silabus dan RPP Bahasa Jawa Kelas 5 SD Semester 1 dapat di download disini

Perangkat pembelajaran tersebut wajib segera dipersiapkan oleh guru sebelum awal tahun pelajaran dimulai sebagai pedoman guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.