Friday, October 12, 2018

Lupa No UKG? Tak Usah Gelisah, Ini Cara Mencarinya!

Cara Mencari No UKG yang Lupa
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa semua guru, kepala sekolah dan pengawas harus terdaftar di SIM PKB dan atau mempunyai akun di Sim Guru Pembelajar. Untuk terdaftar di SIM PKB atau Sim Guru Pembelajar ini, guru, kepala sekolah, dan pengawas harus memiliki no UKG yang bisa digunakan untuk mendaftar dan login di SIM PKB.

No UKG merupakan no peserta yang diperoleh GTK saat mengikuti Uji Kompetensi Guru. Uji Kompetensi Guru disingkat UKG merupakan suatu kegiatan Ujian untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content Guru. Dengan adanya UKG ini maka akan diketahui seberapa professional GTK tersebut.

Namun sayangnya, ketika pertama kali diselenggarakan UKG (Uji Kompetensi Guru), banyak yang mengabaikan No UKG yang diberikan kepadanya. Sehingga ketika dibutuhkan saat ini untuk mendaftar di SIM PKB yang bersangkutan justru lupa. Dan akibatnya tidak bisa mendaftar di SIM PKB atau Sim Guru Pembelajar.

Menyikapi hal tersebut, bagi GTK yang lupa No UKG nya tidak perlu risau, resah dan gelisah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui admin SIM PKB atau Sim Guru Pembelajar telah menyediakan fasilitas bagi GTK yang lupa no UKG nya atau guru yang belum UKG untuk mendapatkan No UKG. Lalu bagaimana caranya?

Caranya cukup mudah. Dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asal terkoneksi dengan internet. Bisa dilakukan menggunakan perangkat android ataupun laptop. Simak caranya berikut ini.

  1. Pastikan laptop terkoneksi internet dengan jaringan yang stabil.
  2. Buka halaman SIM PKB atau Sim Guru Pembelajar di https://paspor.simpkb.id/casgpo/login 
  3. Selanjutnya  Pilih dan Klik Registrasi Akun
  4. Akan muncul jendela registrasi, klik Cari No UKG
  5. Selanjutnya akan muncul jendela baru Pencarian Data GTK Guru Pembelajar
  6. Setelah itu isi semua field yang diminta, meliputi Propinsi, Kab/Kota dan Nama Peserta
  7. Selanjutnya akan muncul hasil pencarian data rinci GTK beserta No UKG dan Instansinya

Bagaimana cukup mudah kan? Silahkan mencoba. Semoga bisa membantu GTK yang lupa No UKG nya. Ketika sudah mengetahui no UKG nya sebaiknya disimpan dengan baik. Atau jika mengalami kesulitan bisa mengubungi Admin SIM PKB atau Sim Guru Pembelajar di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.