Saturday, January 13, 2018

Cara Mengerjakan Daftar Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan bagi Satuan Pendidikan

Daftar Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK)
Daftar Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan menjadi salah satu aplikasi online berbasis web yang dibuat oleh Kemendikbud RI demi pengelolaan data pokok pendidikan yang lebih baik. Aplikasi kehadiran online ini dibawah kendali Dirjen GTK yang memang bertugas dalam mengelola manajemen guru dan tanaga kependidikan di lingkungan Kemendikbud RI.

Aplikasi Daftar Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) sebenarnya sudah dibuat sejak tahun 2017 yang lalu, namun belum dimanfaatkan dengan maksimal baik oleh sekolah, dinas pendidikan maupun Kemendikbud RI. Aplikasi DHGTK merupakan suatu sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan guna  pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta di seluruh Indonesia. Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung.

Data kehadiran guru pada DHGTK sangat diperlukan oleh pengelola tunjangan profesi di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, sebagai dasar penghitungan pemenuhan kehadiran mengajar guru yang mensyaratkan kehadiran 24 jam perminggu. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dapat terkoneksi langsung dengan sistem DHGTK dan membaca DHGTK yang proses pencatatannya dilakukan oleh sekolah negeri dan swasta yang berada dibawah binaannya masing-masing.

Untuk mengerjakan Daftar Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan caranya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Siapa saja bisa mengerjakan asalkan mendapat tugas dari kepala sekolah sebagai operator sekolah pada DHGTK. Cara mengerjakan Daftar Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan dapat disimak berikut ini.

  1. Siapkan akun login sekolah berupa username dan password sebagaimana terdaftar di dapodik.
  2. Login sekolah di web DHGTK menggunakan akun kepala sekolah atau operator sekolah
  3. Pilih dan Klik Menu Kehadiran
  4. Buat dan setting kalendar sekolah
  5. Centang kehadiran guru sesuai tanggal aktif yang berjalan bagi guru yang hadir
  6. Pilih dan Klik nama guru atau tenaga kependidikan yang tidak hadir untuk input surat ijin/dinas luar/sakit.
  7. Pilih dan Klik Simpan kemudian Reload atau refresh halaman
  8. Klik keluar untuk keluar aplikasi

Cukup mudah bukan untuk mengerjakan daftar kehadiran guru dan tenaga kependidikan? Jika ada permasalahan silahkan isikan pada kolom komentar di bawah postingan ini.

4 comments:

  1. Selamat pagi, boleh tanya, kenapa akun kepala sekolah tidak terdaftar ya? padahal sdh sy buatkan di Aplikasi Dapodik. Mohon pencerahannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake email dan pasword yang sudah didaftarkan di dapodik. coba di cek sekali lagi, sudah benar apa belum. semoga bisa membantu.

      Delete
  2. Slmt mlm sahabat operator semua, mohon bantuannya. sy gak bisa centang hari senin pada setiap minggunya, setelah dicentang dan disimpan kembali hitam. trmksh untuk bantuannya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.