Thursday, November 16, 2017

Inilah Syarat dan Spesifikasi Laptop dan Komputer yang Bisa Diinstal Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018

Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018
Aplikasi e-rapor SMP versi 2018 ini merupakan aplikasi rapor berbasis web yang diperuntukkan untuk SMP. Hal ini berarti dalam satu sekolah aplikasi ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server. Sedangkan client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan peserta didik,kepala sekolah dan orang tua) dapat mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan baik internet, maupun intranet, dengan menggunakan web browser. Karena aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018 ini terintegrasi dengan dapodik maka aplikasi e-Rapor harus di install pada laptop atau komputer yang sudah terintsal aplikasi dapodik.
Baca : Download Installer Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018
Oleh karena itu, sekolah diharapkan segera menginstal aplikasi e-rapor SMP Versi 2018 di perangkat laptop atau komputer sekolah agar proses penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan dapat lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat dan tentu saja lebih cepat penyelesainnya. Di samping itu, dengan adanya aplikasi e-Rapor SMP tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu dan layanan pendidikan di SMP, khususnya di bidang pengelolaan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan. Lebih dari itu, aplikasi e-Rapor SMP ini juga sangat membantu guru selaku pendidik dalam merangcang, melaksanakan, mengolah, melaporkan dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik.
Baca : Cara Sukses Instal Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018
Namun, tidak semua perangkat laptop atau komputer maupun PC dapat diinstal atau dipasangi aplikasi e-Rapor SMP versi 2018. Ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi agar laptop atau komputer maupun PC dapat dipasangi aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018 tersebut. Jika tidak dipenuhi, maka dikhawatirkan akan menganggu jalannya operasional aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018 bahkan kemungkinan yang terburuk adalah aplikasi tidak bisa terinstal atau aplikasi tidak bisa dibuka. Apalagi aplikasi e-Rapor SMP versi 2018 ini adalah aplikasi berbasis web sehingga nantinya akan sering berkaitan dengan pengiirman data secara online yang membutuhkan spek laptop yang handal agar berjalan dengan baik. Syarat-syarat dan spesifikasi yang harus dipenuhi agar laptop dan komputer dapat diinstal aplikasi e-rapor SMP versi 2018 adalah
  1. Prosesor minimal setara Dual Core. Namun lebih disarankan prosesor core I-3
  2. OS windows XP/7/ 8/ 10, (32/64 bit) disarankan windows 7 ke atas atau win server 2012.
  3. RAM minimal 2 GB, disarankan 4 GB. Lebih dari itu malah lebih baik. Jika kurang dari 2 GB bisa dipastikan kinerja aplikasi akan berjalan dengan lambat.
  4. Ruang kosong pada drive C minimal 1GB. Jika ternyata kurang dari 1GB buang file-file yang tidak terpakai sehingga tersedia ruang kosong yang lebih besar.
  5. Telah terinstal aplikasi Dapodik versi 2018 yang terisi data referensi lengkap dan benar.
  6. Browser yang disarankan adalah “Chrome”, hal ini juga berlaku untuk komputer klien.
  7. Perangkat wifi atau modem pada laptop dan komputer harus berfungsi dengan baik
  8. Setting Region dan Language Setting harus English
  9. Desimal simbol pada number setting menggunakan tanda titik
  10. Firewall dan Antivirus pada posisi non aktif
Itulah syarat-syarat yang harus dipenuhi agar laptop dan komputer dapat diinstal aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018. Kira-kira sudahkah laptop dan komputer rekan-rekan memiliki spesifikasi sebagaimana tersebut di atas? Silahkan cek terlebih dahulu.

2 comments:

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.