Wednesday, November 8, 2017

Inilah Berkas dan Data yang Harus Disiapkan Untuk Mengisi Formulir Pendaftaran PPG 2017

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) kembali diselenggarakan oleh pemerintah diakhir tahun 2017 ini. Hal ini merupakan kabar kembira bagi seluruh guru di Indonesia yang ingin memperoleh sertifikat pendidik sesuai dengan kualifikasi akademik masing-masing.

PPG tahun 2017 ini pun sedikit berbeda dalam penentuan pesertanya, yakni mengambil data pokok guru di aplikasi dapodik. Sistem secara otomatis menyelekasi guru-guru yang terdaftar di dapodik pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 dengan kriteria dan syarat-syarat yang telah ditentukan sehingga dihasilkan daftar nominatif calon peserta PPG 2017.
Baca : Inilah Syarat Mengikuti Program PPGJ 2017, No 1 Bikin Geleng-geleng Kepala!
Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Pendaftaran Calon Peserta PPG 2017 hanya bisa dilakukan oleh guru yang mendapat undangan untuk mengikuti PPG 2017 melalui aplikasi SIMPKB. Guru yang mendapat undangan PPG 2017 itu berarti sudah memenuhi syarat utama untuk mengikuti PPG 2017 karena sudah terseleksi oleh sistem yang memanfaatkan data dapodik.
Baca : Inilah Alasan Menohok Kenapa Guru Tidak Diundang Mengikuti Program PPGJ 2017
Pendaftaran calon peserta program PPG 2017 dilakukan secara online melalui aplikasi SIMPKB. Cara pendaftaran PPG pun cukup mudah alurnya, tinggal mengikuti tata cara yang ada pada aplikasi SIMPKB dan melengkapi formulir pendaftaran peserta PPG secara online.
Baca : Cara Mudah Mendaftar Sebagai Peserta PPG 2017
Lalu seperti apa formulir pendaftaran peserta program pendidikan profesi guru. Data apa saja yang harus disiapkan untuk mengisi formulir pendafatran peserta PPG dan berkas apa saja yang harus disediakan untuk melengkapi formulir pendaftaran PPG. Mari kita simak bersama penjelasan singkat berikut ini.

Formulir pendaftaran PPG 2017 ini diisi secara online melalui apklikasi SIMPKB. Adapun data-data dan berkas yang harus disediakan untuk menlengkapi formulir pendaftaran peserta PPG 2017 adalah

  1. Jenjang Mapel PPG yang diajukan
  2. Bidang Studi PPG yang diajukan
  3. Kualifikasi Ijazah/Pendidikan 
  4. Tahun Ijazah 
  5. Jenis Studi
  6. Jurusan atau Program Studi
  7. Fakultas
  8. Nama Lengkap Perguruan Tinggi yang Menerbitkan Ijazah
  9. Upload File Scan Ijazah Asli (Max 1 MB dengan format JPG/JPEG/PNG

Berikut ini adalah contoh formulir pendaftaran PPG dan pengisiannya

Formulir Pendafatran PPG 2017
Dalam mengisi formulir pendaftaran peserta PPG tersebut, pastikan semua data yang diisikan sama dan sesuai dengan iajzah, karena data yang sudah tersimpan dan sudah terdaftar tidak akan bisa diedit kembali. Dan jika ternyata ada data yang tidak sama maka pengajuan sebagai peserta PPG akan ditolak.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.