Wednesday, November 15, 2017

Download Installer Aplikasi e-Rapor Versi 2018 (e-Rapor SMP Versi 2018)

Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018
Kemendikbud RI kembali melakukan inovasi dan pengembangan di bidang pendidikan dasar. Setelah di tahun-tahun sebelumnya, Kemendikbud RI merelase apliaksi e-Rapor SMA dan sederajat, di akhir tahun 2017 ini, Kemendikbud RI secara resmi telah mengeluarkan apliaksi penialian yang berbasis web. Aplikasi penilaian berbasis web ini diberi nama aplikasi e-Rapor SMP. Aplikasi e-Rapor SMP yang pertama direlease ini adalah installer aplikasi e-Rapor SMP versi 2018.

Aplikasi e-Rapor SMP versi 2018 direlease oleh Kemendikbud RI dengan tujuan sebagai berikut
  1. Agar Proses penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan, dapat lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat. 
  2. Meningkatkan mutu dan layanan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya di bidang pengelolaan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan
  3. Untuk membantu guru selaku pendidik dalam merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik
Baca : Tanya Jawab Seputar Permasalahan Aplikasi e-Rapor SMP
Aplikasi e-rapor versi 2018 ini merupakan aplikasi rapor berbasis web yang diperuntukkan untuk SMP. Hal ini berarti dalam satu sekolah aplikasi ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server. Sedangkan client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan peserta didik,kepala sekolah dan orang tua) dapat mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan baik internet, maupun intranet, dengan menggunakan web browser. Karena aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018 ini terintegrasi dengan dapodik maka aplikasi e-Rapor harus di install pada laptop atau komputer yang sudah terintsal aplikasi dapodik.
Baca : Cara Sukses Instal Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018
Agar aplikasi e-Rapor ini dapat berjalan sebagaimana mestinya, perlu diperhatikan persyaratan teknis server atau komputer yang berfungsi sebagai server sebagai berikut:
  1. Prosesor minimal setara Dual Core, lebih disarankan core I-3.
  2. OS windows XP/7/ 8/ 10, (32/64 bit) disarankan windows 7 ke atas atau win server 2012.
  3. RAM minimal 2 GB, disarankan 4 GB.
  4. Ruang kosong pada drive C minimal 1GB.
  5. Telah terinstal aplikasi Dapodik versi 2018 yang terisi data referensi lengkap dan benar.
  6. Browser yang disarankan adalah “Chrome”, hal ini juga berlaku untuk komputer klien.
Untuk mengunduh aplikasi e-Rapor SMP versi 2018 dapat diunduh langsung di halaman khusus yang sudah disediakan oleh Kemendikbud yaitu di halaman http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor  atau dapat melalui link berikut ini.

Download Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2018

Aplikasi e-Rapor Versi 2018 (e-Rapor SMP) digunakan untuk sekolah yang menyeleggarakan kurikulum 2013. Aplikasi e-Rapor Versi 2018 (e-Rapor SMP) mempunyai ukuran file atau file size yang cukup besar yaitu 109.877 kb (109,8 MB). Oleh karena itu pastikan jaringan internet stabil saat mengunduh apliaksi tersebut.

3 comments:

  1. https://fjb.kaskus.co.id/product/5a6ebed912e257bb718b4571/program-pembantu-pengisian-e-rapor
    Kesulitan ngisi erapor...coba saja ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung om. hanya untuk memudahkan. tetep pakai yang resmi dari yang buat kebijakan.

      Delete
  2. mau nanya kenapa saat mencetak rapor nilainya satu sekolah sama semua

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.