Sunday, November 12, 2017

Download Contoh Surat Tugas Pengawas Ujian Nasional (UN)

Contoh Surat Tugas Pengawas Ujian Nasional (US/M)
Ujian Nasional atau terkadang juga disebut sebagai Ujian Sekolah/Madrasah merupakan agenda rutin setiap tahunnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ujian Nasional (Ujian Sekolah/Madrasah) ini dilaksanakan untuk menentukan kelulusan dan ditujukan untuk peserta didik tingkat akhir di SD/SMP/SMA/SMK atau sederajat.

Menjadi pengawas ujian nasional (ujian sekolah/madrasah) merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena tidak semua guru terpilih mendapat tugas menjadi pengawas ujian nasional atau ujian sekolah/madrasah. Diperlukan ketelitian, ketegasan dan kejujuran yang tinggi jika menjadi pengawas Ujian Nasional (Ujian Sekolah/Madrasah).

Menjadi seorang pengawas Ujian Nasional harus dibuktikan dengan adanya Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang Pengawas Ujian Nasional  dan dilengkapi dengan Surat Tugas Pengawas Ujian Nasional yang dikeluarkan oleh Sekolah dan atau SKPD terkait.
Baca :
- Download Tata Tertib Pengawas Ujian Nasional
- Download Tata Tertib Peserta Ujian Nasional
Surat Tugas merupakan surat yang menerangkan bahwa orang yang diberi surat itu diperintahkan atau diberi tugas untuk menjalankan sesuatu atau terkadang juga disebut surat perintah atau surat perintah tugas. Surat Tugas Pengawas Ujian Nasional berarti surat yang diberikan kepada guru agar menjalankan tugas mengawasi jalannya Ujian Nasional.

Surat Tugas Pengawas Ujian Nasional memuat kop sekolah tempat guru bertugas sebagai pendidik. Selanjutnya surat tersebut memuat identitas jenis surat dan nomor agenda surat keluar masuk. Surat Tugas Pengawas UN juga harus memuat dasar pembuatan surat tugas, biasanya surat dari dinas pendidikan kabupaten/kota.

Yang menjadi inti dari surat tugas adalah identitas guru yang mendapat tugas sebagai seorang pengawas ujian nasional. Dan yang tak kalah penting adalah sekolah tujuan yang menjadi tempat tugas dan waktu (hari, tanggal dan waktu) mengawasi ujian nasional (ujian sekolah/madrasah).
Surat tugas pengawas ujian diakhiri dengan himbauan untuk melaksanakan tugas dengan baik dan melaporkan segera setelah tugas selesai.

Untuk legalitas surat tugas pengawas ujian nasional harus diberi tanda tangan dan nama terang pejabat yang memberi tugas atau yang mengeluarkan surat tugas dalam hal ini adalah kepala sekolah. Begitu juga dengan tempat dan tanggal dikeluarkannya surat juga harus disertakan dalam surat tersebut. Untuk contoh Surat Tugas Pengawas Ujian Nasional (Ujian Sekolah/Madrasah) dapat didownload pada link di bawah ini.

Download Surat Tugas Pengawas Ujian Nasional (Ujian Sekolah/Madrasah)

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.