Thursday, October 19, 2017

Tanya Jawab Seputar Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
Istilah NISN sudah tidak asing lagi di kalangan operator dapodik. NISN mulai dikenal sejak kemunculan aplikasi dapodik tahun 2009 yang lalu. NISN merupakan akronim dari Nomer Induk Siswa Nasional. NISN bersifat nasional karena diberikan oleh seluruh siswa yang aktif mengikuti pendidikan sejak di TK sampai dengan Perguruan Tinggi.

Bagaimana Sejarah Kemunculan NISN?
Sebagaimana diketahui bahwa (Nomor Induk Siswa Nasioal) NISN muncul pertama kali bersamaan dengan kemunculan aplikasi dapodik yang diterbitkan oleh Kemendikbud RI. Aplikasi dapodik merupakan satu-satunya aplikasi resmi yang digunakan untuk pendataan data pokok pendidikan. Pada awalnya NISN diberikan kepada siswa baru kelas 1 SD. Namun sejak tahun pelajaran 2016/2017, NISN mulai diberikan mulai dari Taman Kanak-Kanak.

Apa Pengertian NISN?
(Nomor Induk Siswa Nasional) NISN merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, nasional dan berlaku sepanjang masa yang dapat menjadi pembeda antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. NISN terdiri dari 10 digit angka yang bersifat unik yang dihasilkan oleh sistem secara otomatis. NISN merupakan pengkodean referensi peserta didik.

Siapa yang Berwenang Menerbitkan dan Mengelola NISN?
(Nomor Induk Siswa Nasional) NISN diterbitkan oleh PDSP-K Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. NISN juga dikelola oleh PDSPK Kemendikbud (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Oleh karenya, NISN juga merupakan bagian tak terpisahkan dari Dapodik (Data Pokok Pendidikan)

Kepada Siapa NISN Diberikan?
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) merupakan pengkodean referensi satuan pendidikan. NISN diberikan kepada siswa sejak masuk di Taman Kanak-Kanak.

Bagaimana Cara Mendapatkan NISN?
Untuk dapat mendapatkan NISN caranya cukup mudah, yaitu sekolah menguculkan calon siswa penerima NISN melalui aplikasi dapodikpaudi dan aplikasi dapodikdasmen. Jika berada di bawah naungan Kemenag, maka melalui Simpatika untuk mendapatkan NISN. Data usulan tersebut nantinya harus di verifikasi dan validasi melalui portal vervalpd.data.kemendikbud.go.id

Apa Tujuan dan Manfaat NISN?
Tujuan diterbitkannya NISN adalah untuk mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan. Di samping itu, adanya NISN juga diharapkan sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini. Selanjutnya, NISN diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN

Bagaimana jika Terjadi NISN Ganda?
NISN ganda biasanya terjadi kepada siswa mutasi. NISN ganda terjadi karena lemahnya koordinasi antar operator sekolah lama dan sekolah baru. Jika terjadi NISN ganda maka harus dipilih salah satu NISN yang akan digunakan, caranya yaitu melalui halaman vervalpd.

3 comments:

  1. Selamat malam, sy ingin tanya untuk tgl lahir di kartu NISN anak sy sdh sesuai. Namun saat masukke web nisn tgl lahir berbeda. Bgm caea mempeebaikinya. Saat ini anak sy sdh kls 12 MAN. Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Mau tanya nisn tk ama sd ,apakah sama

    ReplyDelete
  3. Klw mau merubah jenis kelamin gimana ya karna di nisn keponakan saya perempuan di nisn yg muncul laki laki

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.