Friday, September 22, 2017

Tips Merawat Laptop yang Baik dan Benar

Laptop HP - Sumber : www.store.hp.com
Bagi operator sekolah yang sehari-harinya disibukkan dengan kegiatan pendataan data pokok pendidikan, laptop menjadi senjata dan mesin tempur utama dalam menyelesaikan segala tagihan kedinasan. Rasa-rasanya laptop sudah menjadi seperti pacar bahkan istri kedua, karena setiap hari, pagi, siang dan malam selalu bersama.

Sukses tidaknya setiap tagihan kedinasan yang berkaitan dengan data pokok pendidikan bergantung kepada kesehatan operator pendataan dan kesehatan laptop atau komputer. Oleh karena itu kesehatan laptop atau komputer sangat perlu diperhatikan agar tugas-tugas operator sekolah dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Kesehatan laptop atau komputer sangat penting karena hampir semua aktivitas operator pendataan di sekolah sehari-harinya bekerja dengan laptop  atau komputer. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang terinstal di laptop atau komputer yang berkaitan dengan tugas pendataan. Belum lagi aplikasi-apliaksi yang berbasis web dan online sehingga sangat membutuhkan kinerja laptop atau komputer yang baik.

Ada beberapa tips merawat laptop yang baik dan benar agar laptop atau komputer yang dipakai untuk bekerja lebih awet dan sehat dan memiliki kinerja yang prima. Sehingga segala tugas dan tagihan kedinasan dapat terselesaikan dengan tepat waktu.

1. Hindari Menggunakan Laptop di Atas Kasur
Semua setuju bahwa bekerja menggunakan laptop di atas kasur lebih nyaman dan terkesan lebih santai. Beberapa dari kita terkadang menyelesaikan tugas-tugas menggunakan laptop di atas kasur, sambil duduk atau tiduran hingga tugas selesai dan tak terasa kita sudah mengabaikan kesehatan laptop kita. Padahal menggunakan laptop di atas kasur mengakibatkan panas dari laptop tidak dapat dikeluarkan secara sempurna. Meskipun sudah ada fan di perangkat laptop kita, tetap saja panas akibat pemakaian laptop tidak dapat keluar secara sempurna karena tertutup oleh kasur. Jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan overheat yang berdampak buruk bagi kesehatan perangkat laptop kita. Kalau memang terpaksa ingin bekerja menggunakan komputer di atas kasur, sebaiknya memakai meja portable untuk laptop.

2. Hindari Menaruh Makanan dan Minuman di Dekat Laptop
Makanan dan minuman adalah salah satu musuh utama laptop selain panas dan debu. Sebaiknya kita lebih bijak dan berhati-hati dalam meletakkan makanan dan minuman ketika kita sedang bekerja di depan laptop. Terkadang kita tidak sadar saat bekerja menggunakan laptop, sambil makan dan minum dan meletakkannya sembarangan di dekat laptop kita. Sisa-sisa makanan yang tertinggal di celah-celah yang ada pada keyboard misalnya, dapat mengganggu kinerja keyboard saat kita sedang mengetik. Begitu juga dengan minuman yang bisa saja tumpah ke perangkat laptop kita, tentu akan menyebabkan kerusakan pada laptop kita. Untuk mengantisipasi hal tersebut, alangkah baiknya jika keyboard laptop diberi pelindung semacam plastik.

3. Hindari Mendownload Aplikasi atau Software Sembarangan dari Internet.
Sering sekali kita sebagai operator membutuhkan berbagai aplikasi tambahan untuk mendukung kerja kita dalam menyelesaikan setiap tagihan offline maupun online. Sehingga kita tanpa sadar mengunduh aplikasi-aplikasi atau software secara asal tanpa memperhatikan tingkat keamanan software tersebut. Terkadang software atau aplikasi yang diunduh malah membawa virus, malware bahkan ransomware yang tentu saja sangat membahayakan perangkat laptop kita. Diperlukan kehati-hatian dan kewaspadaan tingkat tinggi setiap kali kita akan mengunduh aplikasi atau software tertentu dari internet. Sebaiknya mengunduh software atau aplikasi dari web resminya. Dan tentu saja tidak ketinggalan pula, untuk mengantisipasi virus atau malware bisa memasang antivirus pada laptop kita.

4. Hindari Menggunakan Laptop Terlalu Lama
Terkadang tanpa sadar kita terlalu lama di depan laptop karena asyiknya menyelesaikan tugas-tugas dan tagihan yang harus diselesaikan secepatnya. Apalagi ketika seorang operator dikejar deadline pengiriman data online yang harus segera diselesaikan, bisa-bisa selama 24 jam laptop menyala terus-terusan. Sehingga justru mengabaikan kesehatan laptop itu sendiri. Penggunaan laptop yang terlalu dapat menyebabkan panas yang berlebih pada laptop (overheat). Penggunaan laptop yang terlalu lama juga menyebabkan beberapa komponen pada laptop tidak diberi waktu istirahat yang cukup. Layaknya manusia, laptop juga butuh istirahat. Lebih baik gunakan laptop seperlunya dan kerjakan tugas sesuai prioritas serta tidak menunda pekerjaan sehingga tidak mengajak laptop begadang 24 jam non stop.

5. Bersihkan Laptop dari Debu Secara Berkala
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, salah satu musuh utama laptop adalah debu. Debu yang terlalu banyak menempel pada perangkat laptop kita dapat mengganggu kinerja laptop kita. Sebaiknya kita secara rutin dan berkala membersihkan laptop dari debu-debu yang menempel. Mulailah dengan membersikan layar monitor secara rutin menggunakan lap dan cairan pembersih khusus yang bisa kita dapat di toko aksesoris komputer. Selain monitor, bersihkan juga debu-debu yang menempel pada keyboard menggunakan kuas khusus agar kinerja keyboard tidak terganggu. Tidak ketinggalan juga, optical drive juga harus di cek dan dibersikan secara rutin karena perangkat tersebut juga berpotensi terhadap debu-debu yang menempel.

Bagimana, cukup simple dan mudah kan tips yang saya sampaikan? Jika laptop sudah menjadi salah satu bagian hidup kita, apalagi laptop tersebut menjadi senjata utama kita dalam bekerja, maka dari itu sayangi laptop kita. Rawatlah kesehatan laptop kita agar lebih awet dan memiliki kinerja maksimal.

Punya tips merawat laptop lainnya? Silahkan sampaikan melalui kolom komentar.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.