Wednesday, September 13, 2017

Cara Login Sim Kehadiran Guru (Data Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan) 2017

Login Sim Kehadiran Guru
Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI senantiasa berupaya mengembangkan inovasi-inovasi di bidang sistem data kependidikan melalui berbagai aplikasi-aplikasi berbasis web atau online. Sistem data kependidikan yang pada awalnya dimulai dengan aplikasi dapodik ini sekarang telah dikembangkan melalui berbagai aplikasi pendukung lainnya seperti aplikasi PMP, Verval PD, Verval PTK, Verval SP dan aplikasi lainnya yang mendukung Single Sign On menggunakan username dan password aplikasi dapodik.

Baru-baru ini di awal tahun pelajaran 2017/2018, Dirjen Dikdasmen telah meluncurkan aplikasi online berupa Sim Kehadiran Guru yang berfungsi untuk absensi data kehadiran guru di setiap satuan pendidikan secara online. Untuk mengakses Sim Kehadiran Guru ini diperlukan koneksi internet karena aplikasi Sim Kehadiran Guru berbasis online. Cara mengakses aplikasi Sim Kehadiran Guru dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Ketikkan pada address bar http://223.27.144.195:2017/index.php 
  2. Isikan NPSN Sekolah (Nomer Pokok Sekolah Nasional : 8 digit angka)
  3. Isikan UserID (menggunakan username dapodik jika login operator, email akun KS jika login KS)
  4. Isikan password (menggunakan password dapodik jika login operator, padword akun KS jika login KS)
  5. Isikan Kode Capthta yang disediakan
  6. Klik Login

Perlu diketahui bahwa untuk mengakses aplikasi Sim Kehadiran Guru, Dirjen Dikdasmen memberikan dua jalur akses, yaitu akses login aplikasi menggunakan akun operator dan akun kepala sekolah.  Fungsi aplikasi Sim Kehadiran Guru adalah untuk mengarsipak data kehadiran guru dan tenaga kependidikan. Aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi dapodik, karena semua data berasal dari server dapodik. Jadi ada saling keterkaitan data. Jika di aplikasi dapodik centang keaktifan guru dan tenaga kependidikan tidak diaktifkan maka di Sim Kehadiran Guru juga tidak bisa diaktifkan.

2 comments:

  1. klu gagal login nama username dan paswod tidak ditemukan gimana caranya Bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kembali username dan pasword. Apakah sudah sama dengan username dan pasword login dapodik? Cek huruf besar dan kecil pada pasword.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.